Asam lambung dan rasa takut mati ternyata banyak dialami oleh penderita refluks asam atau GERD. Kemungkinan hal ini didorong oleh komplikasi-komplikasi dari asam lambung naik yang memang ada juga berbahaya untuk kesehatan.

Selain itu, terdapat beberapa kasus kematian yang sebelumnya mereka mengeluhkan gejala asam lambung naik. Salah satu contohnya adalah yang terjadi pada seorang selebgram, Laura Anna.

Pada tahun lalu tepatnya bulan Desember 2021, seorang selebgram bernama Laura Anna dikabarkan meninggal. Sebelum meninggal Laura Anna sempat mengeluhkan bahwa asam lambungnya kambuh yang disertai dengan sesak napas.

Selebgram ini pun langsung dilarikan ke IGD rumah sakit terdekat. Setelah mendapatkan penanganan dari ahli medis di rumah sakit, kondisi Laura Anna perlahan membaik. Saat dibawa pulang, Laura kembali merasakan sesak napas dan lagi-lagi dibawa ke rumah sakit.

Namun, pada kesempatan berikutnya, Laura Anna justru meninggal dunia pada Rabu, tanggal 15 Desember 2021.

Hal ini tentu saja membuat penderita asam lambung semakin was-was.


Ilustrasi asam lambung (sumber: canva)

Apakah Asam Lambung Bisa Sembuh?

Permasalahan apakah asam lambung bisa sembuh sebenarnya masih menjadi perdebatan di dunia medis. Sampai sekarang masih belum diketahui bagaimana cara menyembuhkan asam lambung atau GERD dengan sempurna.

Sama seperti diabetes, sekali kita terkena GERD, kita tidak bisa menyembuhkannnya dengan sempurna. Namun, hanya dapat mengontrol diri agar gejala refluks asam tidak muncul.

Meminum obat-obatan untuk mengatasi refluks asam pun sebenarnya bukan berfungsi untuk menyembuhkan asam lambung. Obat digunakan untuk meringankan atau menghilangkan gejala asam lambung.

Namun, di kemudian hari belum tentu refluks asam ini tidak akan kembali. Artinya, penggunaan obat pun bukan menyembuhkan asam lambung secara sempurna hanya meringankan gejala saja.

Ketika penderita asam lambung memilih untuk menghentikkan pemakaian obat asam lambung, gejala asam lambung bisa kembali lagi. Bahkan pada beberapa kasus, kondisi ini justru akan memperburuk asam lambung.

Kondisi ini menambah alasan dari penderita asam lambung dan rasa takut mati.

Baca juga: Tips Ampuh Cara Menjaga Kesehatan Lambung

Asam Lambung dan Rasa Takut Mati

Orang yang memiliki rasa takut mati yang berlebihan akan membuat kondisi mentalnya terganggu. Akibatnya, perasaan seperti cemas, panik, dan stres akan terus menghantui penderita asam lambung.

Padahal saat orang dalam keadaan stres ini justru akan membuat gejala refluks asam semakin memburuk. Asam lambung naik atau GERD yang memburuk juga akan menambah perasaan cemas atau stres pada seseorang.

Artinya, keadaan stres dan refluks asam ini selalu berputar-putar jika salah satunya tidak segera ditangani dengan baik. Hal ini bagai lingkaran setan, di mana kita sulit untuk keluar dari lingkaran tersebut.

Hal inilah yang menjadikan hubungan antara asam lambung dan rasa takut mati semakin erat.


Kata takut (sumber: canva)

Cara Mengatasi Rasa Takut Mati

Melansir dari Heathline, bahwa asam lambung naik atau GERD bukan sebuah gangguan yang bisa mengancam nyawa seseorang.

Walaupun tidak membahayakan nyawa, asam lambung naik ini menyebabkan beberapa komplikasi penyakit yang banyak jenisnya. Bahkan, beberapa dari komplikasi ini bisa saja membahayakan organ tubuh yang lainnya.

Berikut ini adalah beberapa tips untuk mengurangi perasaan cemas dan takut mati:

  • Hindari minuman kafein.
  • Banyak minum air putih.
  • Makan dengan teratur.
  • Konsultasi atau berbagi cerita dengan orang yang dipercaya.

Selain itu, kita juga bisa mengonsumsi Nutriflakes. Di mana dengan mengonsumsi Nutriflakes, lambung atau perut menjadi lebih nyaman dan tenang. Alhasil gejala asam lambung bisa mereda sehingga rasa panik dan takut mati juga akan berkurang secara perlahan.

Nutriflakes, rahasia hidup sehat dan tentram!

About the Author

Yunita Isna Fauziyyah

Penulis yang senang berbagi informasi mengenai kesehatan, masalah pencernaan, problem solving, keadaan saat ini, dsb yang bermanfaat bagi masyarakat.

View All Articles