Gangguan asam lambung naik memang sebuah gangguan yang menyebabkan ketidaknyamanan bagi yang merasakan. Lalu apakah asam lambung mematikan?

Pada bulan Desember lalu, seorang selebgram bernama Laura Anna dikabarkan meninggal. Di mana sebelum meninggal, Laura Anna sempat mengeluhkan bahwa asam lambungnya kambuh dan disertai dengan sesak napas.

Selebgram ini pun juga langsung dilarikan ke IGD rumah sakit terdekat. Bahkan kondisinya sempat membaik setelah mendapatkan penanganan dari tenaga medis di rumah sakit. Namun, pada kesempatan berikutnya, Laura Anna meninggal dunia pada Rabu, tanggal 16 Desember 2022.

Asam lambung naik adalah sebuah keadaan di mana cairan asam dalam lambung naik ke saluran kerongkongan karena katup esofagus tidak dapat bekerja dengan baik. Hal ini juga didorong dengan produksi asam yang berlebih akibat mengonsumsi makanan tertentu.

apakah asam lambung bisa sembuh
Rasa terbakar pada perut (sumber: canva)

Jika seseorang mengalami gangguan ini terus-menerus dengan minimal terjadi 2 kali dalam seminggu, maka asam lambung sudah berubah menjadi GERD. Gangguan asam lambung naik ini sebenarnya sudah banyak orang yang menderitanya.

Lalu jika seperti pada kasus yang telah dijelaskan, di mana seorang selebgram meninggal dengan keluhan sebelumnya adalah asam lambung naik. Apakah gangguan asam lambung naik ini masuk dalam penyakit yang mematikan?

Apakah Asam Lambung Sebuah Gangguan yang Mematikan?

Salah satu gejala asam lambung adalah rasa panas seperti terbakar di area perut bagian atas hingga dada. Selain rasa panas, biasanya dibarengi dengan rasa nyeri karena cairan asam yang naik melewati saluran kerongkongan.

Gejala seperti di atas sering disalahartikan dengan penyakit jantung karena sama-sama merasakan nyeri di area dada. Namun, tidak seperti penyakit jantung, asam lambung ini ternyata bukan penyakit yang mematikan.

Dilansir dari Heathline, menyebutkan bahwa asam lambung naik atau GERD bukan sebuah gangguan yang bisa mengancam nyawa seseorang.

Walaupun tidak mematikan, asam lambung naik ini menyebabkan beberapa komplikasi penyakit yang banyak jenisnya. Bahkan, beberapa dari komplikasi ini bisa saja membahayakan organ tubuh yang lainnya.

Asam lambung naik memang bukan penyakit yang mematikan. Namun, penyakit lain yang disebakan asam lambung ini lah yang dianggap bahaya menurut para dokter.

Misalnya pada kasus selebgram Laura Anna di atas, Ia mengalami asam lambung naik yang disertai dengan sesak napas. Saat dibawa ke rumah sakit pun Laura sempat sembuh dari gejala asam lambung dan sesak napas.

Namun, Laura kemudian mengalami sesak napas lagi yang akhirnya menjadi penyebab utama Ia kehilangan nyawa. Artinya, asam lambung bukan yang menyebabkan Laura meninggal, tetapi sesak napasnya.

Baca Juga: Lakukan 6 langkah ini Ketika Asam Lambung Naik

Bahaya Gangguan Asam Lambung

Berdasarkan penjelasan di atas, pertanyaan mengenai apakah asam lambung mematikan sudah terjawab. Asam lambung bukan lah gangguan yang mematikan, tetapi komplikasinya lah yang berbahaya.


Ilustrasi asam lambung naik (sumber: canva)

Asam lambung naik yang tidak segera ditangani akan menimbulkan beberapa komplikasi penyakit lainnya. Berikut adalah beberapa komplikasi asam lambung:

  1. Penyempitan saluran kerongkongan. Peradangan pada kerongkongan akibat paparan cairan asam dapat menimbulkan jaringan parut. Jaringan ini bisa mempersempit jalur makanan, sehingga penderita akan mengalami kesulitan dalam menelan.
  2. Luka di kerongkongan. Selain menyempitkan kerongkongan, asam lambung juga menyebabkan luka terbuka di kerongkongan. Akibatnya, ulkus esofagus akan berdarah dan menimbulkan rasa nyeri, sehingga penderita akan kesulitan untuk menelan.
  3. Perubahan prakanker pada esofagus atau yang sering disebut barret esofagus. Kerusakan kerongkongan akibat refluks asam lambung dapat menyebabkan perubahan jaringan yang melapisi esofagus bagian bawah. Barret esofagus ini adalah cikal bakal kanker.

Demikian artikel untuk menjawab pertanyaan mengenai apakah asam lambung adalah sebuah gangguan yang mematikan.

Sebelum menderita keluhan dan efek dari asam lambung ada baiknya segera Anda memulai menjaga kesehatan lambung untuk ketentraman Anda.

About the Author

Yunita Isna Fauziyyah

Penulis yang senang berbagi informasi mengenai kesehatan, masalah pencernaan, problem solving, keadaan saat ini, dsb yang bermanfaat bagi masyarakat.

View All Articles