Home » Artikel Nutriflakes » Apakah Asam Lambung Bisa Sembuh? Yuk Temukan Jawabannya

Orang yang telah mengalami asam lambung naik akan merasakan ketidaknyamanan di sepanjang hidupnya. Sebenarnya pertanyaan apakah asam lambung bisa sembuh sendiri juga masih banyak didiskusikan oleh para ahli medis.

Asam lambung naik adalah keadaan di mana cairan asam naik ke saluran kerongkongan. Permasalahan utama dari asam lambung naik sendiri bersumber pada katup esofagus, otot yang membatasi lambung dengan kerongkongan, melemah.


Ilustrasi asam lambung naik (sumber: canva)

Akibatnya, cairan asam dalam organ lambung akan rentan untuk naik melewati katup tersebut. Hal ini juga didorong oleh suasana lambung yang terlalu asam. Kondisi ini juga disebabkan karena produksi cairan asam dalam lambung yang berlebih.

Produksi asam dalam lambung tergantung dengan makanan atau minuman yang masuk ke dalam mulut. Terkadang terdapat beberapa makanan atau minuman memiliki kandungan yang dapat meningkatkan keasaman lambung.

Misalnya adalah makanan berlemak tinggi seperti daging atau gorengan yang secara langsung akan meningkatkan produksi asam. Oleh karena itu, lambung akan sulit mencerna makanan-makan tersebut dan membutuhkan bantuan cairan asam ini.

Baca Juga: Apa itu Penyakit Asam Lambung?

Apakah Asam Lambung bisa Sembuh?

Permasalahan apakah asam lambung bisa sembuh sebenarnya masih menjadi perdebatan di kalangan medis. Sampai sekarang masih belum diketahui bagaimana asam lambung atau GERD dapat sembuh dengan sempurna.

Mengatasi asam lambung dengan meminum obat-obatan pun sebenarnya bukan berfungsi untuk menyembuhkan asam lambung. Obat digunakan hanya untuk meringankan atau menghilangkan gejala asam lambung.


Asam lambung naik (sumber: canva)

Namun, di kemudian hari belum tentu asam lambung ini tidak akan kambuh kembali. Artinya, penggunaan obat pun bukan menyembuhkan asam lambung secara sempurna hanya meringankan gejala saja.

Ketika penderita asam lambung memilih untuk menghentikkan pemakaian obat asam lambung, gejala asam lambung ini akan kembali lagi. Bahkan pada beberapa kasus, kondisi ini justru akan memperburuk asam lambung.

Sebagian besar orang yang sudah biasa mengonsumsi obat asam lambung, mereka akan menggunakan obat ini seumur hidup. Keadaan tersebut bisa masuk dalam kategori ketergantungan pada obat.

Permasalahan asam lambung bisa sembuh atau tidak pun sebenarnya masih mempertimbangkan beberapa hal, di antaranya:

  1. Produksi asam pada organ lambung akan menurun seiring bertambahnya usia, tetapi
  2. Gejala GERD atau asam lambung akan meningkat seiring bertambahnya waktu.

Gaya Hidup Sehat untuk Mempertahankan Kesehatan

Gangguan refluks asam akan tercegah jika kita senantiasa membiasakan gaya hidup yang sehat. Namun, hal ini juga tergantung pada tingkat keparahan GERD atau asam lambung.

Jika gejala GERD ini sudah parah dan melukai organ-organ lain, maka ahli medis biasanya akan menyarankan untuk melakukan operasi khusus lambung.

Gaya hidup sehat yang dibarengi dengan mengonsumsi Nutriflakes, sebuah sereal umbi garut, mungkin akan menurunkan risiko gejala-gejala asam lambung secara signifikan.

Dengan demikian Anda sudah berusaha menjaga kesehatan lambung karena Nutriflakes memiliki efek terapi untuk mengatasi asam lambung dan menjaga kesehatan.

Nutriflakes menggunakan bahan-bahan alami yang terjamin kualitasnya. Bahan-bahan yang dimaksud adalah umbi garut, kelor, gula aren, psyllium husk, dan susu kambing etawa. Komposisi utama ini sebagian besar memang baik untuk kesehatan tubuh, khususnya pencernaan.


Produk Nutriflakes

Manfaat yang didapatkan dari mengonsumsi Nutriflakes pun juga bermacam-macam. Misalnya, memperkuat sistem pencernaan, melancarkan pencernaan, mengontrol berat badan, menurunkan kadar kolesterol, dan lain-lain.

Melalui penjelasan di atas, dapat ditarik sebuah kesimpulan bahwa asam lambung naik adalah penyakit yang kompleks. Selama terdapat permasalahan kesehatan tetapi tidak ditangani pada sumbernya, maka gangguan ini tidak akan sembuh.

Memang memerlukan komitmen tinggi untuk mempertahankan pola makan serta gaya hidup yang sehat agar asam lambung tidak kambuh. Namun, hal ini dapat dimulai dengan hal-hal kecil seperti mengonsumsi Nutriflakes.

Demikian ulasan mengenai apakah asam lambung bisa sembuh atau tidak. Semoga dapat bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari.

Nutriflakes, solusi terbaik mengatasi asam lambung!

Artikel terkait

About the Author

Yunita Isna Fauziyyah

Penulis yang senang berbagi informasi mengenai kesehatan, masalah pencernaan, problem solving, keadaan saat ini, dsb yang bermanfaat bagi masyarakat.

View All Articles