Tahukan Anda, Jepang adalah negara dengan jumlah centenarian (seseorang yang berusia lebih dari 100 tahun) paling banyak di dunia, lho? Centenarian tersebut berada di Pulau Okinawa. 

Lantas, apa sih rahasia panjang umur orang Okinawa?

Ternyata, rahasia panjang umur orang Okinawa adalah konsumsi umbi-umbian yang kaya antioksidan karena ubi jalar merupakan makanan pokok mereka.

Namun, selain ubi jalar, pernahkah Anda mendengar umbi garut atau yang biasa disebut irut? Meskipun umbi garut tidak sepopuler jenis umbi-umbian lainnya dan jarang sekali dibahas oleh orang-orang, ternyata umbi garut memiliki banyak sekali manfaat untuk menunjang kesehatan tubuh dan mengatasi berbagai macam masalah pencernaan, lho.

Apa itu umbi garut?

Umbi garut merupakan jenis tumbuhan penghasil umbi yang dapat dimakan dan berasal dari daerah Amerika Tengah serta Amerika Selatan bagian utara sebelum akhirnya menyebar ke daerah tropis termasuk Indonesia.

Umbi garut tidak menjadi sumber pangan pokok, tapi umbi garut sering ditanam sebagai cadangan pangan pada musim-musim tertentu seperti musim paceklik ataupun adanya kenaikan bahan pokok. Biasanya, umbi garut dapat digunakan sebagai bahan pokok pengganti nasi.

umbi garut
umbi garut

Tumbuhan umbi garut berbatang lunak, bercabang, dan tidak berkayu. Tanamannya berbentuk tegak dengan tinggi berkisar 40-100 cm. Batang umbi garut berbentuk tipis dan bercabang. Daun umbi garut bertekstur keras, bercabang, dan berseling. Helai daun umbi garut berbentuk lonjong atau bulat telur, berwarna hijau, dan bergaris putih atau ungu kemerahan. Umbi garut berbentuk rimpang berdaging, silinder, dan berwarna putih atau kemerahan.

Apa saja kandungan umbi garut?

Umbi garut kaya akan vitamin dan mineral karena umbi garut mengandung air, serat, lemak, protein, pati, magnesium, zat besi, abu, fosfor, kalium, vitamin B6, tiamin, riboflavin, flavonoid, dan folat. Umbi garut tergolong sebagai makanan rendah gula dan bebas gluten sehingga aman dikonsumsi oleh penderita diabetes. Kandungan protein pada umbi garut juga sangat tinggi dibandingkan umbi lainnya. Umbi garut bersifat anti-inflamai dengan kandungan antioksidan yang sangat tinggi sehingga umbi garut sangat baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Dalam jurnal Antibacterial Potential of Garut Tuber as a Prebiotic Food, umbi garut dapat dijadikan sebagai prebiotik untuk menunjang kesehatan pencernaan. Umbi garut juga memiliki sifat khas, yaitu dapat mendinginkan lambung. Selain mendinginkan lambung, kandungan pati pada umbi garut dapat meningkatkan PH lambung sehingga membantu meredakan asam lambung.

Khasiat Dahsyat Umbi Garut

Berdasarkan seluruh khasiat dari umbi garut, umbi garut terbukti memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh. Oleh karena itu, Nutriflakes hadir dan sangat direkomandasikan untuk dikonsumsi karena Nutriflakes memiliki bahan utama yang salah satunya berupa umbi garut. Nutriflakes merupakan sereal umbi garut yang diformulasikan khusus untuk membantu dan membersamai Anda menjadi lebih sehat. 

nutriflakes
sereal umbi garut nutriflakes

Nutriflakes terbuat dari 60% umbi garut sehingga Nutriflakes sangat kaya nutrisi. Selain terbuat dari 100% bahan alami yang melalui teknik pengolahan khusus, Nutriflakes dapat dikonsumsi terus menerus tanpa menimbulkan efek samping. Nutriflakes aman dikonsumsi oleh seluruh kalangan, dari anak-anak usia dua tahun hingga lanjut usia.

Anda adalah apa yang Anda makan karena semuanya berawal dari pencernaan. Pencernaan aman, anda pun sehat dan berpeluang berumur lebih panjang. 

Jika ingin panjang umur seperti orang Okinawa, sudah tahu ‘kan apa yang dilakukan? ☺
Tunggu apalagi? Segera order Nutriflakes dengan cara klik tombol di bawah ini, ya!

Referensi:

https://www.cnbcindonesia.com/lifestyle/20221205134437-33-393861/6-rahasia-panjang-umur-warga-okinawa-jepang-ternyata-simpel

https://www.walinusantara.com/lifestyle/4347948049/mengenal-manfaat-umbi-garut-untuk-kesehatan-tubuh-cek-siapa-tahu-kamu-membutuhkan

https://www.cnbcindonesia.com/lifestyle/20221205134437-33-393861/6-rahasia-panjang-umur-warga-okinawa-jepang-ternyata-simpel

About the Author

Sapfa Rista Monika

I am part of a universe's storyteller who actualizes beauties through writing what I call art. As a person who has great interest in world of literacy, I love to share many things by writing in benefitness.

View All Articles