Daun kelor untuk asam lambung telah dipercaya sejak lama. Penyakit asam lambung (GERD) adalah kondisi di mana naiknya asam lambung ke kerongkongan atau yang sering disebut sebagai refluks asam lambung.

Refluks ini terjadi karena melemahnya otot sfingter esofagus penghubung antara lambung dan kerongkongan akibat dari konsumsi makanan atau minuman tertentu.

Di Indonesia, daun kelor sering digunakan untuk mengobati berbagai macam gangguan pencernaan. Daun kelor untuk asam lambung juga bermanfaat dalam mengatasi peradangan.

Daun kelor mengandung vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin C, vitamin E, karbohidrat, protein, zinc, kalsium, fosfor, magnesium, kalium, dan zat besi. Daun kelor tinggi antioksidan dan memiliki sifat sebagai antiradang serta antibakteri.

Berkat kandungan daun kelor yang kaya nutrisi, daun kelor untuk asam lambung dipercaya memiliki banyak manfaat.

Manfaat Daun Kelor untuk Asam Lambung

Beberapa manfaat daun kelor untuk asam lambung yang bisa diperoleh, antara lain:

1. Kaya Antioksidan dan Bersifat Anti-inflamasi
Daun kelor untuk asam lambung sangat bermanfaat karena kaya antioksidan dan anti-inflamasi. Daun kelor terkenal kaya akan kandungan antioksidan, berupa polifenol, flavonoid, dan asam askorbat. Antioksidan di dalam daun kelor bisa mencegah kerusakan yang diakibatkan oleh radikal bebas, penyebab masalah asam lambung.

Selain itu, daun kelor juga bersifat anti-inflamasi yang bisa membantu mengurangi peradangan akibat asam lambung serta mengurangi risiko terjadinya refluks.

2. Membantu Melawan Bakteri H. Pylori
Manfaat daun kelor untuk asam lambung, yaitu bisa membantu melawan bakteri. Daun kelor bersifat anti-inflamasi. Karena sifatnya ini, daun kelor bisa mengurangi peradangan yang disebabkan oleh menumpuknya bakteri helicobacter pylori. Sebuah studi juga mengungkapkan bahwa daun kelor diyakini efektif untuk meredakan gejala dan meningkatkan prognosis pada seseorang yang mengalami masalah asam lambung.

3. Daun Kelor Bisa Mengatasi Obesitas
Dalam membantu mengatasi obesitas, daun kelor bisa mengurangi pembentukan lemak. Seseorang yang mengalami obesitas memiliki risiko terjadinya refluks asam lambung lebih tinggi akibat menumpuknya lemak di perut. Lemak di perut ini akan memberi tekanan dan mendorong asam lambung kembali ke kerongkongan.

Oleh karena itu, menurunkan berat badan berkat khasiat daun kelor bisa membantu mengurangi risiko terjadinya asam lambung. Selain itu, daun kelor juga bisa menurunkan kadar glukosa dan kolesterol di dalam tubuh yang juga memicu terjadinya obesitas.

4. Membunuh Cacing Usus
Mengonsumsi daun kelor juga bermanfaat untuk membunuh cacing usus yang merugikan bagi tubuh. Oleh karena itu, risiko mengalami masalah pencernaan seperti penyakit asam lambung juga bisa dikurangi.

5. Melancarkan Pencernaan
Daun kelor mengandung serat, baik serat larut, ataupun serat tidak larut. Serat larut akan larut di dalam air, kemudian berubah menjadi gel. Gel ini bisa memperlambat proses pencernaan sehingga akan membuat rasa kenyang lebih lama. Rasa kenyang ini tidak membuat seseorang makan berlebihan, terutama makan makanan yang memicu terjadinya penyakit asam lambung.

Sementara itu, kandungan serat tidak larut air akan bekerja dengan cara menambah volume feses sehingga feses menjadi mudah dikeluarkan oleh tubuh. Feses yang mudah dikeluarkan tidak menyebabkan sembelit, perut kembung, hingga begah yang bisa memperburuk penyakit asam lambung.

Berdasarkan kandungan nutrisinya, manfaat daun kelor sudah tidak diragukan lagi. Oleh karena itu, untuk mendapatkan manfaat daun kelor yang lebih optimal untuk asam lambung, konsumsi Nutriflakes sangat direkomendasikan.

Nutriflakes mengandung bahan utama berupa daun kelor dan bahan premium lainnya. Sangat ampuh menjaga kesehatan lambung serta organ pencernaan secara menyeluruh. Tidak hanya membantu meredakan asam lambung, tapi juga membersamai Anda untuk menjadi lebih sehat.

About the Author

Sapfa Rista Monika

Kesehatan merupakan hal yang paling berharga. Sebagai seseorang yang memiliki minat besar di dunia literasi, saya senang berbagi informasi kesehatan melalui tulisan yang bermanfaat.

View All Articles