Home » Artikel Nutriflakes » Sendawa Asam Lambung, Tanda bahwa Tubuh Tidak Baik-baik Saja

Sama seperti kentut, sendawa sebenarnya hal yang normal dilakukan oleh tubuh. Namun, sendawa asam lambung belum tentu termasuk ke dalam suatu keadaan yang normal.

Sendawa adalah suatu respon alami yang dilakukan oleh tubuh untuk mengeluarkan angin dalam badan.

Sendawa yang normal biasanya terjadi saat seseorang selesai makan. Namun, ketika sendawa ini terjadi secara terus-menerus, hal ini bisa menandakan suatu gejala penyakit atau efek dari pemakaian obat.

Orang yang bersendawa merupakan kondisi tubuh yang umum terjadi. Sebab, jika gas dalam tubuh tidak segera dikeluarkan akan menyebabkan perut kembung dan nyeri perut.

Biasanya kita tidak menyadari akan gas atau udara yang masuk ke dalam tubuh. Hal ini dikarenakan udara masuk ketika kita sedang melakukan aktivitas sehari-hari, seperti makan, tidur, olahraga, dan lain-lain.


Reaksi saat sendawa (sumber: canva)

Beberapa penyebab dari sendawa adalah sebagai berikut:

  • Menelan udara secara tidak sengaja.
  • Mengonsumsi makanan dan minuman tertentu.
  • Dalam keadaan cemas, stres, atau panik (gangguan pada mental).
  • Mengonsusi obat-obatan tertentu.

Terdapat pula beberapa penyakit yang menyebabkan penderitanya harus mengalami sendawa terus-menerus, seperti:

  • Gangguan asam lambung naik atau GERD.
  • Luka pada lambung atau maag.
  • Gangguan pada organ pankreas.
  • Penyakit celiac.
  • Sindrom dumping, sebuah gejala ketika lambung mengalami pengosongan secara cepat, padahal isi dari lambung belum tercerna dengan sempurna.

Sendawa Asam Lambung

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, sendawa yang sering terjadi merupakan hal yang tidak normal. Khususnya sendawa yang memang menandakan gangguan dari asam lambung.

Asam lambung naik adalah sebuah keadaan di mana cairan asam dalam organ lambung naik dan mengalir ke salurang kerongkongan. Hal ini didorong dengan menurunnya kinerja katup esofagus dan produksi asam lambung yang berlebih.

Penyebab utama dari refluks asam adalah pola makan tidak teratur dan juga gaya hidup yang tidak sehat. Sedangkan produksi asam lambung yang berlebih ini disebabkan dari konsumsi makanan tertentu, seperti daging yang mengandung lemak tinggi.

Beberapa gejala dari asam lambung naik adalah sebagai berikut:

  1. Rasa panas seperti terbakar dan nyeri di area perut hingga dada.
  2. Sendawa terus-menerus akibat dari perut kembung atau begah.
  3. Sindrom dispepsia, sebuah keadaan seperti mual dan muntah.
  4. Sakit tenggorokan.
  5. Batuk kering.

Sendawa pada penderita asam lambung biasanya akan disertai dengan bau mulut yang tidak sedap. Cairan asam yang mengalir ke kerongkongan juga akan menyebabkan mulut yang terasa asam dan pahit.

Sehingga biasanya orang yang sedang mengalami asam lambung naik hanya bisa merasakan rasa asam dan pahit.

Kondisi-kondisi di atas akan memberikan rasa ketidaknyamanan pada tubuh penderita refluks asam. Apalagi perut kembung yang akan memaksa penderita untuk sering bersendawa.


Posisi ketika sendawa (sumber: canva)

Kesimpulan

Melalui penjelasan di atas, sendawa bisa masuk dalam sebuah respon tubuh yang normal hampir sama seperti kentut. Keduanya sama-sama berusaha untuk mengeluarkan gas yang berada dalam tubuh.

Namun, sendawa yang terus-menerus ini bisa memberi sinyal bahwa badan sedang dalam keadaan yang tidak baik-baik saja. Sering bersendawa bisa menunjukkan salah satu gangguan pencernaan, yaitu asam lambung naik.

Cara mengatasi keadaan ini pastinya harus menembak langsung pada sumber permasalahannya, yaitu refluks asam. Salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi sereal umbi garut, Nutriflakes.

Nutriflakes adalah makanan sehat yang mempunyai efek terapi untuk mengatasi asam lambung nai dan menjaga kesehatan tubuh. Salah satu fungsi dari Nutriflakes adalah memberikan rasa tenang dan nyaman dalam lambung.

Sehingga organ pencernaan pun akan sehat dan sendawa yang terjadi terus-menerus akan hilang. Ada baiknya sebelum gejala semakin parah ada baiknya bisa mencegahnya dengan cara menjaga kesehatan lambung dan peduli terhadap kesehatan pencernaan.

Nutriflakes, solusi terbaik mengatasi asam lambung!

Artikel terkait

About the Author

Yunita Isna Fauziyyah

Penulis yang senang berbagi informasi mengenai kesehatan, masalah pencernaan, problem solving, keadaan saat ini, dsb yang bermanfaat bagi masyarakat.

View All Articles