Pantangan makanan bagi penderita asam lambung memang banyak jenisnya, apalagi dalam bentuk buah-buahan. Namun, tenang saja masih banyak makanan lainnya yang baik untuk dikonsumsi, salah satunya adalah pisang untuk asam lambung.

Pemilihan makanan memang sangat penting bagi penderita asam lambung. Hal ini dikarenakan terdapat makanan atau minuman tertentu yang dapat memicu refluks asam, sehingga harus dihindari.

Asam lambung naik adalah sebuah keadaan naiknya cairan asam dalam lambung ke saluran kerongkongan. Di mana kondisi ini disebabkan karena katup esofagus tidak dapat menjalankan kerja dengan optimal.

Contohnya adalah ketika makanan atau minuman sudah masuk ke dalam perut, otot cincin dari katup tersebut tidak dapat menutup sepenuhnya. Hal ini didorong oleh jenis-jenis makanan dan minuman yang masuk ke lambung.

Bahan pangan ini biasanya masuk dalam daftar pantangan makanan bagi penderita asam lambung. Selain itu, beberapa makanan tertentu juga bisa mendorong untuk lambung memproduksi asam yang berlebih.

Terdapat buah-buahan yang masuk ke dalam daftar pantangan makanan bagi penderita asam lambung. Misalnya adalah buah jeruk, nanas, dan tomat.

Lalu buah apa yang aman untuk dikonsumsi penderita asam lambung?

Baca Juga: Pertolongan Pertama bagi Penderita Asam Lambung Kambuh


Semangkuk pisang (sumber: canva)

Alasan Mengapa Pisang Baik untuk Asam Lambung

Buah pisang merupakan jenis buah yang paling umum di kalangan masyarakat Indonesia. Bahkan, pohon dari buah ini dapat ditemui di mana saja. Baik di sebuah perkebenunan, halaman rumah, atau di pinggir-pinggir jalan.

Oleh karenanya, pisang termasuk buah yang sangat populer di masyarakat Indonesia, tidak memandang kalangan. Buah berwarna kuning ini ternyata memiliki kandungan yang bisa menetralkan suasana asam dalam organ lambung.

Berikut adalah beberapa alasan mengapa buah pisang sangat baik untuk penderita asam lambung:

  • Rendah Asam

Pisang dapat dikategorikan sebagai buah yang memiliki kandungan asam sangat rendah. Oleh karena itu, penderita asam lambung aman untuk mengonsumsinya karena makanan asam memang harus dihindari.

Menurut sebuah kajian, pisang mengandung pH yang tinggi, sehingga masuk dalam kategori buah bersifat basa. Artinya, buah pisang mampu atau bisa dikonsumsi untuk meredakan asam lambung naik.

  • Sumber Serat yang Dibutuhkan

Selain bersifat basa, buah pisang ternyata juga menjadi sumber gizi yang bernama serat. Misalnya saja 100 gram buah pisang ambon biasanya mengandung kurang lebih 1,9 gram serat.

Berdasarkan World Journal of Gastroenterology, zat serat sangan baik untuk penderita asam lambung naik. Hal ini dikarenakan zat serat bisa mendorong peningkatan dari tekanan otot cincin esofagus.

Namun, konsumsi makanan kaya serat yang berlebihan juga tidak baik untuk penderita asam lambung naik atau GERD. Hal ini justru bisa memperparah gejala dari asam lambung naik.

  • Mudah untuk Dicerna

Pisang sendiri memiliki tekstur yang lembut dan lunak sehingga mudah untuk diproses oleh sistem pencernaan. Makanan yang mudah dicerna sangat disarankan bagi penderita asam lambung.

Hal ini disebabkan makanan tidak akan tinggal lama dalam organ pencernaan, khususnya lambung. Semakin lama makanan berada di pencernaan semakin riskan pula asam lambung untuk kambuh.


Buah pisang (sumber: canva)

Baca juga: Tips Ampuh Cara Menjaga Kesehatan Lambung

Kesimpulan

Pisang mengandung berbagai senyawa serta nutrisi yang baik untuk penderita asam lambung. Selain tidak dapat memicu asam lambung naik, pisang juga mengandung berbagai gizi yang baik untuk kesehatan.

Salah satunya adalah karbohidrat, vitamin B6, vitamin C, mineral, dan lain sebagainya. Artinya, buah ini tidak kalah dengan buah-buahan yang masuk dalam pantangan asam lambung.

Buah pisang sendiri juga dapat dinikmati dengan berbagai cara. Salah satunya adalah dicampur dengan sereal umbi garut Nutriflakes, sehingga rasanya akan menjadi lebih nikmat.

Selain itu, manfaat untuk kesehatan tubuh pun juga bertambah. Nutriflakes merupakan sereal sehat yang memiliki efek terapi yang berguna untuk mengatasi asam lambung naik dan menjaga kesehatan tubuh.

Nutriflakes, rahasia badan sehat dan tentram!

About the Author

Yunita Isna Fauziyyah

Penulis yang senang berbagi informasi mengenai kesehatan, masalah pencernaan, problem solving, keadaan saat ini, dsb yang bermanfaat bagi masyarakat.

View All Articles