Nutriflakes® Official Website

+62 821-3573-2036
Perut Membesar karena Asam Lambung? Begini Mekanismenya
 
Perut Membesar karena Asam Lambung? Begini Mekanismenya

Perut Membesar karena Asam Lambung? Begini Mekanismenya

Pada beberapa kasus, perut membesar karena asam lambung dialami oleh beberapa penderita ketika gangguan ini kambuh. Bagaimana kondisi perut membesar ini bisa terjadi?

Perut yang membesar tentu saja bisa memberikan orang-orang peringatan yang tidak diinginkan, terutama kaum perempuan. Perut membesar biasanya dianggap menandakan bahwa berat badan naik.

Padahal perut yang membesar ini belum tentu memberi sinyal bahwa berat badan kita naik. Perut membesar ini bisa juga menandakan keadaan tubuh yang tidak baik-baik saja.

Salah satunya adalah perut membesar ini bisa saja menandakan asam lambung yang sedang kambuh.

Gangguan asam lambung naik adalah suatu situasi di mana cairan asam lambung naik menuju saluran esofagus. Hal ini disebabkan karena menurunnya fungsi otot cincin yang membatasi kerongkongan dengan lambung.

Kinerja dari otot katup esofagus menurun bisa dikarenakan beberapa makanan atau minuman yang masuk ke dalam perut. Selain itu, stres yang dialami oleh seseorang juga akan mendorong melemahnya fungsi dari katup esofagus.

Akibatnya, asam lambung akan dengan mudah untuk keluar dari organ lambung dan mengalir ke saluran kerongkongan.


Perut besar pada perempuan (sumber: canva)

Melalui penjelasan di atas dapat dilihat bahwa penyebab utama dari refluks asam adalah pola makan dan gaya hidup yang tidak sehat. Selain kedua hal tersebut, terdapat pula jenis makanan tertentu yang mendorong produksi asam berlebih dan melemahkan katup esofagus.

Melalui penjelasan singkat mengenai refluks asam di atas, bagaimana sih caranya perut membesar karena asam lambung terjadi?

Perut Membesar karena Asam Lambung

Saat terjadi refluks asam, seseorang akan merasakan beberapa gejala sebagai berikut:

  • Nyeri dan rasa panas seperti terbakar pada area perut hingga dada.
  • Perut merasa mual dan ingin muntah.
  • Walaupun porsi makan hanya sedikit tetapi perut merasakan perut kenyang yang berlebihan.
  • Mulut terasa lebih asam dan pahit.
  • Perut terasa kembung atau begah.
  • Pada beberapa kasus asam lambung naik ini akan disertai dengan batuk dan sendawa.

Gejala refluks asam yang dirasakan setiap orang ini tidak selalu sama. Artinya, setiap satu penderita bisa merasakan gejala yang berbeda dengan penderita lainnya.

Perut yang membesar bisa disebabkan karena lambung yang membesar. Hal ini terjadi karena gas yang terakumulasi dalam lambung.

Akibatnya, perut terasa kembung dan disertai dengan mual, muntah, mulut pahit, tidak nafsu makan, dan pusing. Akumulasi gas ini pun akan merambat hingga organ usus.

Hal ini lah yang membuat perut terasa semakin membesar dan begah. Kondisi ini dikarenakan asam lambung naik dan makanan atau minuman yang masuk ke dalam lambung.

Artikel Lainnya: Pertolongan Pertama Asam Lambung Naik


perut membesar pada laki-laki (sumber: canva)

Cara Mengatasi Perut Membesar

Sumber utama dari permasalahan ini adalah gangguan asam lambung yang dialami oleh seseorang. Sehingga penagangannya harus bermula pada meredakan asam lambung naik. Berikut ini adalah beberapa anjuran untuk penderita asam lambung:

  1. Hindari makananpedas, asam, dan berlemak tinggi (termasuk santan dan gorengan).
  2. Jauhi minuman seperti kopi, alkohol, dan soda.
  3. Makan dengan porsi yang kecil dengan cara perlahan, jangan terlalu kenyang
  4. Konsumsi makanan yang mudah untuk dicerna oleh organ-organ pencernaan.
  5. Hindari aktivitas berbaring, berat, atau olahraga setelah makan
  6. Jaga keadaan mental agar tidak cemas dan stres.
  7. Olahraga ringan seperti berenang, jalan santai, yoga, dsb. WHO menyarankan waktu olahraga ini minimal selama 150 menit dalam seminggu.
  8. Konsumsi Nutriflakes agar perut selalu tenang dan nyaman. Nutriflakes ini menggunakan bahan-bahan alami yang aktif untuk menjaga kesehatan pencernaan. Selain itu, sereal umbi garut ini memang didesain secara khusus untuk mengatasi gangguan asam lambung naik.

Demikian uraian mengapa perut membesar karena asam lambung dan cara mengatasinya. Semoga bermanfaat dan dapat memberi solusi untuk permasalahan Anda sehari-hari.

Nutriflakes, solusi terbaik mengatasi asam lambung!