Operasi asam lambung menjadi salah satu cara dalam mengatasi asam lambung naik. Metode penanganan medis ini biasanya membantu untuk memperbaiki katup yang membatasi antara lambung dengan kerongkongan.

Salah satu artis Indonesia, Anang Hermansyah, pernah menjalani operasi pada organ pencernaan lambung.  Ia diharuskan untuk menjalankan metode operasi ini karena Anang ternyata mengidap penyakit lambung yang kronis.

Penanganan asam lambung naik dengan metode operasi biasanya dilakukan pada penyakit yang sudah kronis. Hal ini dikarenankan gangguan asam lambung naik yang tidak segera untuk diatasi.

Asam lambung naik adalah sebuah kondisi di mana cairan asam pada lambung kembali ke saluran makanan, kerongkongan. Oleh karena itu, dada dan perut akan terasa panas.

Namun, jika gangguan asam lambung naik ke kerongkongan ini terjadi lebih dari 2 kali, maka hal ini sudah berubah menjadi GERD (gastroesophageal reflux disease).

GERD merupakan penyakit pencernaan yang berupa refluks cairan asam lambung berulang kali dalam jangka panjang.

Gangguan asam lambung naik disebabkan karena melemahnya katup sfingter yang membatasi antara organ lambung dengan saluran kerongkongan.

Katup tersebut membatasi agar cairan atau makanan yang telah masuk ke lambung tidak kembali ke saluran makanan atas. Cairan asam ini bisa merusak organ-organ lainnya.

Prosedur operasi (sumber: canva)

Gejala Asam Lambung Kronis

Asam lambung naik akan menjadi kronis jika gangguan ini tidak segera ditangani. Berikut ini adalah beberapa gejala asam lambung naik yang masuk dalam fase parah dan harus segera ditangani:

  1. Nyeri pada area perut dan seperti terdapat sebuah benjolan.
  2. Penurunan berat badan secara drastis.
  3. Mual dan muntah secara berkali-kali.
  4. Sensasi terbakar di area perut dan dada.
  5. Mudah merasa lelah karena kekurangan darah (anemia).
  6. Muntah atau BAB yang disertai dengan darah.
  7. Sesak napas.
  8. Mudah merasa kenyang dan sering bersendawa.

Itulah gejala-gejala penyakit lambung yang sudah dikatakan parah dan membutuhkan penanganan segera. Hal ini yang dirasakan oleh Anang Hermansyah ketika Ia membutuhkan operasi kecil untuk mengatasi penyakit lambungnya.

Baca Juga: Pola Minum Susu yang Baik untuk Penderita Asam Lambung

Jenis Operasi Asam Lambung

Operasi untuk mengatasi asam lambung dalam dunia medis diberi nama fundoplikasi. Metode ini adalah sebuah teknik operasi yang dilakukan dengan membedah perut dan mengikat bagian atas lambung.

Proses operasi (sumber: canva)

Fundoplikasi bertujuan agar katup sfingter semakin kuat sehingga dapat mencegah asam lambung naik ke kerongkongan.

Tindakan medis ini dapat dilakukan dengan beberapa prosedur, antara lain:

  • Operasi yang dilakukan bertujuan untuk mengencangkan otot sekitar sfingter esofagus pada bagian bawah.
  • Pemasangan alat atau cincin magnetik di batas antara organ lambung dengan kerongkongan. Cincin ini bertujuan untuk membantu fungsi katup esofagus agar dapat bekerja secara optimal.
  • Operasi untuk mengencangkan katup dari sfingter esofagus sehingga dapat mengontrol laju asam lambung.

Secara medis, tindakan ini memang dapat dikatakan menangani masalah pada sumbernya langsung.

Artinya, tidak perlu menggunakan perantara seperti obat ataupun mengubah kebiasaan hidup. Namun, metode ini hanya diperuntukkan bagi penderita asam lambung yang sudah parah.

Risiko Metode Penanganan Medis dengan Operasi

Cara mengatasi penyakit asam lambung naik dengan operasi memang memberikan solusi dalam jangka panjang karena langsung membidik pada permasalahan utama.

Namun, operasi asam lambung juga tidak terlepas dari beberapa risiko yang mungkin muncul, antara lain:

  • Adanya rasa mual.
  • Risiko muncul infeksi pada luka operasi.
  • Terdapat robekan atau tusukan pada kerongkongan dan lambung.
  • Kegiatan menelan menjadi sulit, dan lain sebagainya.

Artinya, walaupun mengatasi masalah pada sumbernya langsung, teknik operasi juga membawa beberapa risiko.

Oleh karena itu, terdapat pepatah yang mengatakan “lebih baik mencegah daripada mengobati”. Sama halnya penyakit ini, akan lebih baik jika kita dapat mencegah penyakit asam lambung naik.

Salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi Nutriflakes, sereal umbi garut yang memberi efek terapi untuk mengatasi asam lambung naik.

Nutriflakes, solusi terbaik mengatasi asam lambung!

About the Author

Yunita Isna Fauziyyah

Penulis yang senang berbagi informasi mengenai kesehatan, masalah pencernaan, problem solving, keadaan saat ini, dsb yang bermanfaat bagi masyarakat.

View All Articles