Susu kambing mungkin memang masih kalah popularitas dengan susu sapi yang banyak dikonsumsi masyarakat. Namun, manfaat susu kambing etawa ini tentu tidak kalah dengan susu sapi.

Salah satu contohnya adalah terdapat minuman yang dapat memicu refluks asam lambung, yaitu susu sapi. Jenis minuman yang salah dapat memperburuk asam lambung dan menyebabkan ketidaknyamanan di bagian dada hingga perut.

Mungkin kita tidak menyangka bahwa salah satu minuman pemicu asam lambung adalah susu sapi. Susu yang berasal dari hewan sapi justru bisa meningkatkan asam lambung.

Namun, ada jenis susu yang baik untuk meredakan asam lambung, yaitu susu kambing etawa. Susu ini termasuk minuman sehat yang kaya akan nutrisi dan tubuh membutuhkannya.

Dengan kandungan antasida alami dan mineral alkaloid, susu kambing etawa bisa menjadi solusi masalah pencernaan. Selain itu, juga dapat menguatkan otot kerongkongan sehingga risiko asam lambung naik ini semakin berkurang.

Susu kambing etawa mengandung antasida alami dan mineral alkaline sehingga baik untuk penderita asam lambung. Kedua zat ini sangat baik dalam mengurangi limbah asam yang menumpuk pada lambung.

Oleh karena itu, asupan harian susu kambing etawa diperlukan untuk menjaga kadar asam lambung yang tepat.

Susu kambing etawa (sumber: canva)

Apa itu Susu Kambing Etawa?

Sebelum kita menuju manfaat susu kambing etawa lainnya, lebih baik kita mengenal apa sih susu kambing etawa.

Susu kambing etawa adalah air susu yang berasal dari perahan kambing jenis etawa. Sedangkan kambing jenis etawa ini adalah kambing hasil dari perkawinan silang antara kambing Indonesia dengan kambing India.

Kambing dari Indonesia yang berjenis kambing “Kacang” dan kambing asal India yang berjenis “Jamnapari”. Hasil ternak dari kambing etawa ini biasanya berupa susu dan daging. Produk-produk dari kambing etawa ini menjadi hasil ternak unggulan di Indonesia.

Segelas susu (sumber: canva)

Kandungan Nutrisi Susu Kambing Etawa

Menurut beberapa penelitian mengatakan bahwa kandungan gizi susu kambing ini lebih tinggi daripada susu sapi pada umumnya. Contohnya adalah susu kambing etawa memiliki kandungan beberapa vitamin, seperti: vitamin A, vitamin B, dan vitamin C.

Gizi lainnya yang ada pada susu ini adalah protein, karbohidrat, kalsium, fosfor, sodium, natrium, kalium, magnesium, dan air. Selain itu, susu kambing etawa juga memiliki asam lemak rantai pendek.

Hal ini memudahkan untuk alat-alat pencernaan mengolah susu ketika masuk ke dalam perut. Sehingga organ pencernaan tidak akan kewalahan untuk memproses susu etawa ketika masuk ke dalam sistem pencernaan.

Ragam Manfaat Mengonsumsi Susu Kambing Etawa

Kandungan yang ada pada susu kambing etawa ini pastinya akan memberikan kebaikan untuk tubuh kita. Apa saja manfaat-manfaat ini? Berikut ini adalah beberapa kegunaan susu etawa ketika kita mengonsumsinya:

1. Manfaat Susu untuk Sistem Pencernaan

Terdapat bakteri baik di lambung yang mendukung sistem pencernaan. Jumlah dari bakteri baik ini juga tergantung pada jenis makanan dan minuman yang masuk ke dalam perut.

Susu kambing etawa mengandung prebiotik yang memberi makan bakteri baik. Prebiotik ini, sering disebut dengan oligosakarida, adalah jenis prebiotik yang ternyata ada dalam air susu ibu (ASI).

Ketika jumlah bakteri baik dalam tubuh normal, maka kesehatan sistem pencernaan membaik dan proses metabolisme tubuh juga meningkat.

lebih parah maag atau asam lambung
Sistem pencernaan (sumber: canva)

2. Manfaat Susu Kambing Etawa untuk Asam Lambung

Kegunaan susu kambing selanjutnya adalah baik untuk penderita gangguan pencernaan, khususnya asam lambung. Penderita asam lambung harus selalu memperhatikan kondisi fisiknya saat memilih susu untuk bahan konsumsi.

Pilih jenis susu rendah lemak dan pastikan ukuran porsi tidak terlalu besar untuk mengurungi risiko asam lambung. Susu kambing etawa bisa jadi solusi kita untuk menjaga kesehatan pencernaan lambung.

Cara susu kambing etawa meredakan asam lambung sendiri sudah dijelaskan pada awal artikel.

3. Manfaat Susu dalam Membantu Proses Penyerapan Nutrisi

Menurut sebuah penelitian, manfaat susu kambing etawa yang paling bisa kita rasakan adalah meningkatkan kemampuan tubuh dalam menyerap nutrisi dari makanan lain. Susu etawa mengandung beberapa mineral seperti: kalsium, zat besi, fosfor, dan magnesium.

Beberapa kandungan mineral dalam susu kambing ini sangat mudah untuk tubuh kita serap. Bahkan, proses penyerapan ini lebih mudah susu kambing daripada susu sapi.

Sehingga, susu kambing menjadi lebih rekomendasi untuk menjadi bahan pangan dalam memenuhi kebutuhan nutrisi. Apalagi bagi orang-orang yang memiliki gangguan kesehatan seperti anemia.

4.  Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat susu kambing etawa selanjutnya adalah berhubungan dengan sistem imun dalam tubuh. Hal ini berkaitan dengan susu kambing yang dapat mengontrol pH tubuh. Susu etawa ini membantu tubuh kembali normal kadar pHnya, sehingga sistem imun akan meningkat.

Keunggulan dari susu kambing etawa adalah kandungannya berupa asam linoleat. Senyawa ini tidak hanya memperkuat sistem imun, tetapi juga berkontribusi pada dan mencegah berbagai penyakit.

5.  Manfaat Susu Etawa untuk Kesehatan jantung

Sebagai sumber magnesium, susu kambing etawa baik untuk kesehatan jantung. Magnesium mempertahankan detak jantung normal dan mencegah akumulasi gumpalan darah yang meningkatkan kolesterol.

Organ jantung (sumber: canva)

Magnesium juga bekerja sama dengan Vitamin D untuk meningkatkan kesehatan jantung. Selain itu, kandungan magnesium pada susu kambing lebih tinggi daripada susu sapi.

6.  Kegunaan Susu dalam Melawan Peradangan

Manfaat kesehatan dari susu kambing etawa selanjutnya didukung oleh sebuah studi. Penelitian ini menunjukkan bahwa susu kambing dapat menjadi rekomendasi bagi orang dengan kondisi peradangan dan alergi.

Mikrobiota susu kambing dapat menormalkan mikrobiota di usus manusia dan memicu respon imun dalam tubuh untuk melawan peradangan.

Susu Kambing Etawa sebagai Alternatif?

Meski memiliki banyak manfaat, susu kambing etawa bukan berarti tanpa efek samping jika salah dalam mengonsumsinya.

Perli menjadi perhatian aturan minum susu etawa agar meminimalisir efek samping susu dan mendapat manfaat yang optimal.

Selain memiliki banyak manfaat, susu kambing etawa juga dapat menjadi alternatif dari susu sapi. Jika memiliki masalah mencerna susu sapi, susu kambing etawa bisa menjadi alternatif pemenuhan kebutuhan susu.

Beberapa orang secara bertahap akan kehilangan kemampuan mereka untuk mencerna laktosa seiring bertambahnya usia atau dalam kondisi kesehatan tertentu. Sedangkan Susu sapi mengandung laktosa, sebuah gula alami yang hanya ada dalam susu.

Susu kambing memiliki kandungan laktosa 12% lebih rendah daripada susu sapi. Bahkan bisa lebih rendah lagi ketika diolah menjadi yogurt. Orang dengan intoleransi laktosa ringan dapat mencoba produk susu kambing.

Segelas susu kambing (sumber: canva)

Kesimpulan Manfaat Susu Kambing Etawa untuk Kesehatan

pesan nutriflakes sereal asam lambung
Nutriflakes dengan Kandungan Bahan Alami

Itulah enam manfaat susu kambing etawa bagi kesehatan, terutama untuk pencernaan lambung. Bagi yang memiliki asam lambung, susu kambing bisa menjadi alternatif daripada susu sapi.

Jikalau memang kurang menyukai mengonsumsi susu kambing secara langsung, kita bisa menggantinya dengan sereal umbi garut Nutriflakes. Formulasi bahan Nutriflakes ini salah satunya menggunakan susu kambing etawa, susu yang kaya akan nutrisi dan manfaat.

Oleh karena itu, dengan mengonsumsi Nutriflakes ini secara tidak langsung kita akan mendapatkan beberapa manfaat dari susu etawa di atas.

Nutriflakes aman dikonsumsi untuk segala usia dari bayi usia 2 tahun, orang dewasa, hingga lansia. Sebab, bahan yang digunakan menggunakan bahan alami.

Nutriflakes, solusi terbaik mengatasi asam lambung!

About the Author

Yunita Isna Fauziyyah

Penulis yang senang berbagi informasi mengenai kesehatan, masalah pencernaan, problem solving, keadaan saat ini, dsb yang bermanfaat bagi masyarakat.

View All Articles