Waktu sahur merupakan salah satu saat yang sangat berarti bagi penderita asam lambung setelah waktu berbuka puasa. Lalu jam efektif sahur bagi penderita asam lambung ini pada pukul berapa?

Penderita asam lambung memang terkadang was-was atau khawatir ketika bulan puasa akan datang. Sebab, gangguan asam lambung yang mereka rasakan ini bisa saja kambuh pada waktu kapan saja.

Oleh karena itu, dalam mencegah asam lambung, penderita harus merencanakan setiap sahur dan berbuka puasa dengan matang. Alasannya adalah agar gangguan asam lambung tidak akan mengganggu ketika ibadah puasa berlangsung.

Sehingga manfaat puasa untuk kesehatan yang baik ini dapat kita dapatkan secara maksimal dan optimal. Gangguan asam lambung dapat muncul saat kita menjalankan puasa. Penyebab utamanya adalah keadaan perut yang kosong selama berjam-jam.

Kondisi perut yang kosong ini dapat menyebabkan cairan asam dalam lambung bergejolak. Sehingga beberapa gejala asam lambung pun bisa muncul sewaktu-waktu.

Di lain pihak, ternyata dengan berpuasa dapat menyembuhkan asam lambung naik. Bagaimana bisa?

Saat menjalankan puasa banyak sekali kebiasaan buruk yang menghilang. Contohnya adalah merokok, banyak meminum soda, dan kebiasaan lainnya. Namun, dengan catatan kita menjalankan puasa sesuai dengan tata cara bagi penderita asam lambung.


Jam dan sepiring makanan (sumber: canva)

Apa itu Sahur?

Salah satu hal yang terpenting bagi penderita asam lambung naik adalah waktu sahur. Namun, sebelum kita membahas jam berapakah yang efektif untuk sahur bagi penderita asam lambung, sebenarnya apa itu sahur?

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), sahur adalah makan pada dini hari, dari menjelang fajar sebelum subuh, bagi orang-orang yang akan menjalankan ibadah puasa.

Dilansir dari media online, sahur merupakan aktivitas makan dan minum yang dilakukan sebelum menjalankan puasa. Lebih tepatnya adalah sebelum datang waktu imsak. Umumnya waktu imsak ini sudah tertera pada jadwal-jadwal ibadah lainnya.

Menurut ajaran agama Islam sendiri, sahur merupakan aktivitas yang boleh dijalankan dan boleh juga ditinggalkan. Namun, akan lebih baik jika kita menjalankan aktivitas sahur, apalagi untuk penderita asam lambung yang sangat bergantung pada makanan.

Waktu untuk sahur ini pun disarankan untuk mendekati waktu fajar atau menjelang ibadah salat subuh. Namun, bagaimana untuk penderita asam lambung?

Jam yang Efektif untuk Sahur bagi Penderita Asam Lambung

Bagi penderita asam lambung atau GERD, mengonsumsi makanan tidak disarankan untuk sampai kekenyangan. Artinya, jangan sampai perut terasa penuh karena hal ini justru dapat memicu asam lambung naik.

Waktu sahur bagi penderita asam lambung ini sebenarnya bisa dibagi menjadi dua bagian. Hal ini sesuai kebiasaan masing-masing, setelah sahur ingin melanjutkan tidur atau tidak.

Jika penderita ingin melanjutkan tidur setelah sahur, maka jam efektif untuk sahur ini adalah satu jam sebelum habis waktu sahur (adzan subuh). Apabila waktu subuh ini pukul 04.30, maka lebih baik kita sahur pada pukul 03.30.

Dengan begitu terdapat jeda waktu yang panjang setelah makan dan waktu untuk tidur. Makan lebih awal ini untuk memastikan bahwa makanan sudah diproses oleh sistem pencernaan sebelum kita memasuki waktu tidur.

Jikalau setelah sahur tidak akan melanjutkan untuk tidur, maka aktivitas sahur boleh mendekati batas waktu untuk sahur.

faktor yang mempengaruhi kesehatan mental
Orang tidur (sumber: canva)

Kesimpulan Waktu Sahur untuk Asam Lambung

Melalui penjelasan di atas, jam efektif sahur bagi penderita asam lambung ini tergantung dengan kebiasaan masing-masing. Hanya saja berikan waktu jeda setelah makan dengan waktu tidur.

Akan lebih sehat lagi jika menu sahur agar kuat puasa ini ditemani dengan Nutriflakes, sereal umbi garut. Nutriflakes adalah sereal khusus untuk penderita asam lambung yang menggunakan umbi garut sebagai bahan utamanya.

Banyak sekali manfaat yang kita dapatkan ketika mengonsusi Nutriflakes. Contohnya adalah mengatasi asam lambung naik, menjaga kesehatan selama puasa, dan lain sebagainya.

Demikian ulasan mengenai jam efektif sahur bagi penderita asam lambung, semoga dapat bermanfaat.

Temani Sahur dan Buka Puasamu dengan Nutriflakes!

About the Author

Yunita Isna Fauziyyah

Penulis yang senang berbagi informasi mengenai kesehatan, masalah pencernaan, problem solving, keadaan saat ini, dsb yang bermanfaat bagi masyarakat.

View All Articles