Nutriflakes® Official Website

+62 821-3573-2036
Asam Lambung Sembuh dengan Puasa? Bagaimana Bisa?
 
Asam Lambung Sembuh dengan Puasa? Bagaimana Bisa?

Asam Lambung Sembuh dengan Puasa? Bagaimana Bisa?

Salah satu manfaat puasa bagi kesehatan adalah untuk mengurangi gangguan pencernaan. Jika demikian, lalu apakah asam lambung sembuh dengan puasa ini?

Puasa pada bulan Ramadan merupakan sebuah kewajiban bagi masyarakat yang memeluk agama Islam. Apalagi sebagian besar masyarakat Indonesia ini memiliki agama Islam sebagai identitasnya.

Bulan puasa ini menandakan bahwa kita harus menahan lapar dari pagi sampai sore selama kurang lebih 30 hari. Bagi orang dengan keadaan sehat, ibadah puasa selama 1 bulan meungkin menjadi hal yang biasa.

Mereka tidak perlu khawatir dengan gangguan-gangguan kesehatan yang mungkin dapat mengganggu. Namun, orang yang mempunyai gangguan asam lambung biasanya akan merasa khawatir apabila tidak kuat menjalankan puasa.

Selain itu, penderita asam lambung sangat bergantung dengan pola makan yang teratur dengan menu-menu yang sehat. Bisa saja ketika menahan lapar saat puasa, gangguan asam lambung yang kita idap menjadi lebih parah dan kronis.

Kecemasan tersebut sangat wajar untuk dirasakan oleh penderita asam lambung naik. Sebab, selama berjam-jam perut akan mengalami keadaan yang kosong, di mana hal ini bisa saja berbahaya bagi penderita maag ataupun asam lambung naik.

Namun, ada juga yang menyebutkan bahwa puasa dapat meringankan asam lambung naik. Lalu apakah benar puasa bisa menyembuhkan asam lambung naik?


Ilustrasi puasa (sumber: canva)

Asam Lambung dapat Sembuh dengan Puasa?

Berdasarkan The Indonesian Journal of Internal Medicine, terdapat manfaat puasa untuk mengurangi gangguan pencernaan, khususnya asam lambung naik atau GERD. Hal ini dibuktikan dengan mengikutsertakan 130 orang yang memiliki gangguan asam lambung atau GERD.

130 orang terbagi menjadi dua bagian, 66 orang memilih untuk menjalankan puasa selama bulan puasa. Sedangkan sisanya memilih untuk tidak berpuasa selama satu bulan puasa penuh.

Hasilnya adalah penderita asam lambung yang menjalankan puasa penuh merasakan gejala yang lebih ringan daripada orang yang tidak berpuasa. Artinya, asam lambung dapat sembuh atau gejala asam lambung naik menjadi ringan dengan puasa, mengapa bisa?

Ketika menjalankan puasa, beberapa kebiasaan pada penderita asam lambung pasti ada yang berubah. Pertama, orang menjadi lebih teratur dalam mengonsumsi makanan. Kedua, dengan berpuasa secara tidak langsung membuat kita lupa untuk mengonsumsi camilan tidak sehat.

Ketiga, saat puasa kebiasaan merokok juga akan berkurang. Keempat, pembatasan makanan juga mengurangi kalori, lemak, dan radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh.

Selain itu, dengan berpuasa sendiri kadar gula serta kolesterol dalam darah kita akan menjadi lebih terkontrol. Artinya, kandungan-kandungan buruk yang biasanya memicu asam lambung menjadi kurang jumlahnya di dalam tubuh.

Manfaat puasa ternyata tidak hanya terbatas pada kesehatan fisik, kesehatan mental pun juga meningkat. Hormon endorfin di dalam tubuh akan lebih terangsang saat puasa ini. Sehingga orang tidak akan cepat stres dan jiwa pun mejadi lebih tenang.

Keadaan stres yang berkurang ini juga akan menurunkan risiko asam lambung untuk kambuh. Sebab, penyebab utama lainnya dari gangguan asam lambung atau GERD adalah stres yang berlebih.

Inilah beberapa alasan mengapa asam lambung dapat sembuh dengan puasa.


Gangguan asam lambung naik / GERD (sumber: canva)

Jawaban Apakah Puasa bisa Menyembuhkan Asam Lambung

Melalui penjelasan di atas, jawaban dari apakah puasa bisa menyembuhkan asam lambung adalah bisa. Setidaknya dengan berpuasa, asam lambung yang dirasakan oleh penderitanya menjadi lebih ringan.

Sebab, ketika berpuasa kebiasaan buruk seperti merokok menjadi berkurang. Selain itu, pembatasan makanan juga mengurangi asupan yang dapat memicu asam lambung seperti kalori, lemak, dan radikal bebas.

Puasa akan lebih sehat lagi jika ditemani dengan Nutriflakes, sebuah sereal yang memiliki segudang manfaat. Salah satunya adalah mengatasi asam lambung, memenuhi kebutuhan nutrisi, dan menjaga kesehatan tubuh.

Nutriflakes ini bisa kita konsumsi selama puasa saat sahur juga berbuka puasa, sehingga gangguan asam lambung akan semakin berkurang.

Demikian ulasan mengenai apakah asam lambung dapat sembuh dengan puasa, semoga dapat bermanfaat.

Bersama Nutriflakes, Asam Lambung Lewat, Puasa Semangat!