Saat Anda mengalami keluhan perut tiba-tiba mual setelah makan ini menandakan terdapat suatu kejanggalan organ pencernaan di dalam perut.

Apabila mual muncul saat Anda merasa kekenyangan itu merupakan hal yang wajar, tapi jika keluhan mual terjadi berkepanjangan bisa menandakan gejala suatu penyakit pencernaan yang harus dicari penyebabnya.

Dibeberapa kasus mual setelah makan indikasi bahwa Anda sedang mengalami flu perut, keracunan, tukak lambung bahkan GERD.

Berikut ini Beberapa Penyebab Mual setelah Makan

Kami sudah merangkum beberapa faktor penyebab mual setelah makan diantaranya:

1. Keracunan

Mungkin ini merupakan sebuah diagnosa dini. Makanan yang sudah terkontaminas kuman serta zat berbahaya akan mendapatkan penolakan oleh tubuh, respon berupa mual dan muntah akibat keracunan. Biasanya keluhan ini ditemani dengan mencret/diare, perut kembung, bahkan badan lemas selama beberapa jam.

2. Gangguan Lambung

Gangguan lambung yang dimaksud bisa asam lambung naik (GERD) dan juga tukak lambung. Asam lambung naik ke kerongkongan bisa mengakibatkan mual dan muntah. Sedangkan tukak lambung terjadi ketika lambung luka atau robek akibat infeksi bakteri, merokok, alkohol, dan hidup tak sehat.

Baca: Tips Ampuh Cara Menjaga Kesehatan Lambung

3. Flu Perut

Flu perut bisa terjadi karena mengonsumsi makanan yang diolah secara tidak higienis, tidak bersih hal tersebut menyebabkan infeksi pada area pencernaan. Flu perut atau gastroenteritis memiliki gejala yaitu mual setelah makan diikuti dengan sakit perut, muntah, diare bahkan sakit kepala.

4. Alergi Makanan Tertentu

Alergi merupakan suatu reaksi atau respon tubuh terhadap suatu zat tertentu. Alergi makanan terjadi karena tubuh salah mengartikan protein sebagai zat yang berbahaya. Umumnya reaksi alergi makanan seperti gatal-gatal, ruam, muntah bahkan susah tidur.

5. Mabuk Perjalanan

Mabuk perjalanan bisa terjadi karena otak tidak menerjemahkan informasi yang sama antara mata dan juga telinga. Mabuk perjalanan mengakibatkan muntah biasa muncul saat naik mobil, perahu, kapal. Mual karena perjalanan biasanya akan reda setelah sampai di tempat tujuan.

6. Gaya Hidup tak Sehat

Secara umum gaya hidup tidak sehat seperti minum alkohol, merokok, begadang bisa merusak kesehatan lambung yang akan menimbulkan rasa mual. Bahkan bisa lebih parah, gajala lain akan timbul seperti nyeri perut, nafsu makan menurun, dan sakit perut berkepanjangan.

Tips Ampuh Cara Mengatasi Mual

Beberapa langkah yang bisa diterapkan dalam mengatasi mual setelah makan:

  • Makanlah dengan porsi kecil, kunyah dan nikmati makanan secara perlahan, kurangi makanan yang bisa memicu mual seperti daging atau telur, coba untuk makan sayur dan buah dahulu
  • Selesai makan jangan langsung beraktivitas, biarkan makanan dicerna oleh lambung. Diperlukan waktu sekitar 15 sampai 25 menit posisi duduk, baru berkativitas kembali
  • Hindari makanan dan minuman pemicu GERD seperti asam, makanan pedas dan bersoda
  • Stop kebiasaan merokok dan konsumsi alkohol
  • Jahe bisa menjadi solusi alami mengatasi mual. Jahe bisa dikonsumsi dalam bentuk minuman

Segera konsumsi air putih yang cukup setelah mengalami mual dan muntah untuk mengganti cairan yang hilang agar tubuh tetap terhidrasi dengan baik.

Segera konsultasikan dengan ahli kesehatan apabila gejala tak kunjung reda. Penanganan dengan cepat dan tepat akan menentukan kesehatan Anda kedepannya.

Demikian ulasan mengenai kenapa mual bisa timbul setelah makan. Sangat penting bagi kita untuk selalu menjaga kesehatan demi kenyamanan menjalani kehidupan.

About the Author

Nutriflakes

Editor

Tim Nutriflakes merupakan sebuah divisi khusus dalam penerbitan konten pada official website nutriflakes.id

View All Articles