Home » Artikel Nutriflakes » 5 Cara Penting dalam Menjaga Kesehatan Organ Pencernaan

Jenis-jenis gangguan kesehatan pada sistem pencernaan manusia ternyata banyak sekali bentuknya, dan beberapa ada yang berbahaya. Lalu bagaimana cara menjaga kesehatan organ pencernaan agar kita terhindar dari gangguan-gangguan tesebut?

Adanya gangguan pada sistem pencernaan teryata bisa mempengaruhi kesehatan tubuh kita secara keseluruhan. Sebab, sistem pencernaan sangat berperan penting bagi tubuh dalam menjalankan aktivtas sehari-hari.

Sedangkan penyebab dari gangguan-gangguan pencernaan ini sangatlah beragam. Hal ini tergantung dari penyakit apa dan letak dari penyakit itu sendiri. Mulai dari infeksi virus, bakteri, jamur, pola makan serta gaya hidup tidak sehat, hingga faktor keturunan.

Oleh karena itu, kita harus mengetahui bagaimana cara merawat organ pencernaan yang baik agar kesehatan tubuh kita senantiasa tetap terjaga.


Menyayangi perut (sumber: canva)

Cara Menjaga Kesehatan Organ Pencernaan

Menjaga kesehatan tubuh, khususnya sistem pencernaan memang sangat penting. Sebab, kita bisa terhindar dari berbagai penyakit yang berbahaya.

Banyak organ pencernaan yang perlu untuk dijaga mulai dari mulut, kerongkongan, lambung, hingga usus. Semua butuh perhatian dan kepedulian untuk merawatnya.

Berikut ini beberapa tips agar sistem pencernaan kita selalu sehat dan bagaimana cara merawat organ pencernaan:

  • Mengonsumsi Makanan Alami (Real food)

Apa saja yang masuk ke dalam perut menjadi penting untuk kesehatan tubuh, sampai ada istilah bahwa “kamu adalah apa yang kamu makan”. Jika kita terbiasa mengonsumsi makanan sehat, maka tubuh kita, khususnya pencernaan, juga akan masuk ke dalam kategori sehat.

Makanan sehat ini umumnya berasal dari jenis makanan yang kita olah atau masak sendiri. Beda dengan makanan yang kita dapatkan dari luar, biasanya sudah melalui pengolahan panjang dan mengandung pengawet.

  • Makanan Tinggi Serat

Cara merawat organ pencernaan selanjutnya adalah dengan mengonsumsi makanan yang tinggi akan serat. Sumber serat ini bisanya kita dapatkan dari berbagai sayuran dan buah-buahan segar.

Serat akan membuat kita merasa kenyang lebih lama dan terhindar dari perut kembung. Oleh karena itu, kita akan terhindar dari sakit perut sembelit dan lain sebagainya.

  • Penuhi Kebutuhan Air

Meminum air dengan cukup setiap hari menjadi salah satu cara menjaga kesehatan organ pencernaan. Selain melancarkan proses pencernaan, konsumsi air juga membantu dalam membuang racun serta efek samping obat yang bisa merusak hati.


Minum air putih (sumber: canva)

  • Mengonsumsi Makanan Sumber Probiotik

Probiotik adalah bakteri baik dalam sistem pencernaan yang membantu dalam melawan bakteri jahat, menjaga kesehatan usus, dan melancarkan kinjer organ pencernaan. Sumber probiotik yang baik ini seperti yogurt, tempe, dan kimchi.

  • Hindari Stres dan Merokok

Orang yang stres akan menghasilkan hormon kortisol yang banyak, di mana hal ini akan menyebabkan berbagai gangguan pencernaan. Kebiasaan merokok ternyata bisa menyababkan penyakit yang menyerang organ pankreas.

Oleh karena itu, cara menjaga kesehatan organ pencernaan ini adalah dengan menghindari keadaan stres dan kebiasaan merokok.

makanan untuk tukak lambung
Contoh makanan probiotik (sumber: canva)

Nutriflakes, Salah Satu Cara Merawat Organ Pencernaan

Melihat dari bagaimana cara merawat organ pencernaan di atas, kita bisa mengonsumsi sereal umbi garut Nutriflakes. Sebab, Nutriflakes menggunakan bahan-bahan alami yang memang sudah didesain khusus untuk mengatasi berbagai masalah pencernaan.

Dalam menjaga kesehatan pencernaan ini, Nutriflakes menjadi makanan sumber serat karena salah satu bahannya adalah psyllium husk. Sebuah serat larut yang sangat baik untuk kesehatan pencernaan.

Selain itu, Nutriflakes juga menggunakan bahan utama umbi garut, di mana jenis umbi ini sangat baik untuk organ-organ pencernaan. Salah satu manfaat umbi garut adalah untuk menjaga kesehatan organ pencernaan dan mengatasi berbagai permasalahannya, seperti maag dan asam lambung (GERD).

Selain itu, ada daun kelor, gula aren, dan susu kambing etawa yang menemani kedua bahan di atas. Bahan-bahan alami ini menjadikan Nutriflakes memiliki kandungan nutrisi yang lengkap dan dapat memenuhi kebutuhan setiap hari.

Oleh karena itu, mengonsumsi Nutriflakes dapat menjadi salah satu cara dalam menjaga kesehatan organ pencernaan manusia.

Nutriflakes, rahasia perut nyaman dan pencernaan sehat.

Artikel terkait

About the Author

Rizkiawan Candra

Karena nikmat sehat itu sangat penting, maka saya akan berbagi tips kesehatan dengan mencurahkannya berupa tulisan artikel yang diharapkan menjadi manfaat untuk semua.

View All Articles