Stres merupakan kondisi yang sering dialami oleh banyak orang. Apabila tidak dikelola dengan tepat, stres bisa menimbulkan dampak negatif. Maka dari itu, sangat penting untuk mengetahui cara mengelola stres yang baik dan benar.

Pada dasarnya, stres bisa memberikan dampak positif, seperti memberi semangat agar kita menyelesaikan pekerjaan lebih cepat. Tapi stres bisa berdampak negatif apabila terjadi terus menerus tanpa adanya penanganan yang tepat. Sehingga, cara mengelola stres juga harus benar-benar diperhatikan.

Mengenal Apa itu Stres

Stres adalah reaksi seseorang terhadap kesulitan tertentu, baik secara emosional maupun secara fisik. Stres juga bisa diartikan sebagai tekanan atau gangguan tidak menyenangkan dari luar.

Penyebab stres sangat bermacam-macam, seperti masalah keuangan, keluarga, pekerjaan, percintaan, penyakit kronis yang tidak kunjung sembuh, rasa tidak aman, hingga peristiwa penyebab timbul trauma.

Sebelum mengetahui cara mengelola stres, mari simak terlebih dahulu ulasan mengenai dampak stres bagi kesehatan!

Kebanyakan orang beranggapan kalau stres hanya berdampak pada kesehatan secara emosional saja, padahal stres juga bisa menimbulkan masalah fisik. Saat seseorang mengalami stres, tubuh akan melepas hormon stres, membuat kerja jantung menjadi lebih cepat.

Seseorang yang stres cenderung mengalami penurunan imun tubuh, sehingga mudah terserang penyakit karena tubuh kesulitan melawan virus dan bakteri.

Artikel terkait:

Ciri-Ciri Lambung Stres, Anda Wajib Tahu Ini

Cara Mengelola Stres

Untuk mencegah dan mengatasi stres yang sedang kamu alami, lakukan beberapa hal ini:

1. Istirahat Media Sosial

Cara mengelola stres, bisa dilakukan dengan istirahat dari menonton, membaca, mendengarkan berita, terutama hal-hal yang berkaitan dengan media sosial. Informasi yang didapat dari media sosial berkemungkinan menambah beban pikiran dan memperburuk emosional.

Apabila kamu tetap ingin menonton dan membaca, sebaiknya pilihlah film serta buku yang menghibur atau memuat kisah komedi.

2. Menjaga Kesehatan

Menjaga kesehatan perlu dilakukan untuk menghilangkan stres berlebihan, seperti makan makanan sehat, istirahat yang cukup, olahraga secara rutin, hindari minuman beralkohol serta lingkungan yang buruk.

3. Menenangkan Diri

Menenangkan diri bisa kamu lakukan dengan cara menarik napas dalam-dalam, lakukan peregangan, atau meditasi. Hal ini berkemungkinan membuat kamu menjadi lebih tenang.

4. Cintai Diri Sendiri

Selalu bersyukur dengan apa yang kamu miliki saat ini, merawat diri, dan memberikan waktu untuk melakukan hobi adalah bentuk dari mencintai diri sendiri. Kamu adalah seseorang yang hebat karena sudah sampai di titik ini.

5. Berbicaralah dengan Orang Lain

Kamu bisa sedikit terbuka dengan orang lain untuk mendapatkan macam-macam insight dari pikiran yang berbeda, pandangan positif, dan memungkinkan mereka memberikan pendapat serta saran terbaik.

6. Konsultasikan ke Ahli

Apabila dibiarkan berkepanjangan dan berkelanjutan, ada masanya stres sudah tidak bisa dikendalikan lagi. Stres parah adalah stres yang berkemungkinan berdampak sangat buruk dan menimbulkan pikiran berbahaya lainnya, seperti niat untuk bunuh diri. Maka dari itu, segera bicarakan dengan psikolog atau konselor yang lebih profesional untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut.

Demikian cara mengelola stres yang tepat agar tidak menimbulkan dampak negatif bagi kesehatan fisik dan mental..

Pada dasarnya, manusia juga memerlukan “stres” untuk memicu semangat dan gairah dalam meningkatkan kemampuan. Tapi stres yang berlebihan, justru bisa menimbulkan dampak negatif. 

About the Author

Sapfa Rista Monika

Kesehatan merupakan hal yang paling berharga. Sebagai seseorang yang memiliki minat besar di dunia literasi, saya senang berbagi informasi kesehatan melalui tulisan yang bermanfaat.

View All Articles