Siapa yang tidak ingin memiliki berat badan ideal? Selain dikaitkan dengan penampilan, menjaga berat badan ideal sangat penting dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan karena berat badan berlebihan seperti obesitas justru memicu penyakit berbahaya. Lantas, bagaimana cara menjaga berat badan ideal?

Cara menjaga berat badan ideal sebenarnya tidak sulit, yaitu cukup dengan menerapkan pola hidup sehat. Untuk mendapatkan informasi lebih lengkap seputar menjaga berat badan ideal, yuk simak pembahasan artikel kali ini hingga selesai.

Menurunkan berat badan bukan semata-mata mengurangi porsi makan, atau bahkan dilakukan dengan cara tidak makan sama sekali. Tidak makan sama sekali justru bisa berbahaya bagi kesehatan tubuh karena tubuh kekurangan energi dan kebutuhan nutrisi juga menjadi tidak terpenuhi.

Itu sebabnya kita perlu mamahami cara menjaga berat badan ideal yang sehat dan aman. Menjaga berat badan ideal, bisa dilakukan dengan cara berikut ini:

1. Banyak Minum Air Putih

Salah satu cara menjaga berat badan ideal yang sering sekali diabaikan, yaitu banyak minum air putih. Banyak minum air putih bisa membantu melancarkan metabolisme tubuh. Metabolisme tubuh yang lancar akan mendukung proses pembakaran lemak di dalam tubuh, sehingga lemak di dalam tubuh tidak menumpuk dan berat badan ideal tetap terjaga.

2. Mengatur Porsi Makan

Dalam mengatur porsi makan untuk mendapatkan berat badan ideal, bisa dilakukan dengan tidak makan berlebihan, dan rutin melakukan aktivitas fisik. Hal ini karena salah satu kunci penurunan berat adalah jumlah kalori yang masuk harus sama dengan kalori yang dikeluarkan. Sehingga, tidak ada kalori yang menumpuk di tubuh dalam bentuk lemak.

3. Perhatikan Jenis Makanan yang Dikonsumsi

Walaupun sedang menjalani diet, tubuh membutuhkan asupan makanan sebagai bahan bakar agar tubuh bisa menjalankan fungsinya. Itu sebabnya Anda perlu konsumsi makanan yang memiliki nutrisi lengkap, seperti karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral. Walaupun seseorang yang diet cenderung membatasi konsumsi kalori, tapi nutrisi tubuh tetap harus terpenuhi.

4. Rutin Berolahraga

Olahraga atau aktivitas fisik lainnya juga diperlukan untuk menjaga berat badan ideal. Olahraga bisa membakar kalori karena melancarkan sistem metabolisme tubuh. Selain itu, olahraga juga bisa membantu melancarkan pencernaan.

5. Tidak Begadang dan Istirahat yang Cukup

Tidak Begadang dan istirahat yang cukup juga merupakan cara menjaga berat badan ideal. Hal ini karena kurang tidur bisa meningkatkan hormon ghrelin yang akan merangsang rasa lapar. Sementara itu, saat kurang tidur, hormon yang memberi sinyal kenyang justru menurun. Itu sebabnya, saat Anda kurang tidur, Anda cenderung ingin ngemil dan sulit mengendalikan nafsu makan. Untuk menjaga berat badan ideal, hindari begadang dan istirahat yang cukup perlu dilakukan.

Hindari Kebiasaan Buruk

Agar berat badan ideal tetap terjaga, sebaiknya Anda juga harus menghindari makanan berikut ini:

  • Keripik Kentang dan Kentang Goreng
  • Biskuit dan Kue
  • Es Krim
  • Makanan Cepat Saji
  • Minuman Kemasan

Anda bisa mengganti makanan di atas dengan makanan yang lebih sehat, seperti sayur, buah-buahan, dan makanan rendah kalori. Saat pengolahannya, sebaiknya Anda mengolah makanan yang meminimalisir penggunaan minyak seperti makanan kukusan.

Baca: Kamu Wajib Coba Menu Diet Kukusan ini di Rumah!

Demikian ulasan mengenai cara menjaga berat badan ideal. Untuk mendapatkan hasil yang optimal, menjaga berat badan ideal harus dilakukan dengan konsisten, dan mempertahankan berat badan ideal tidak hanya fokus pada hasil yang ingin dicapai, melainkan juga fokus pada prosesnya.


About the Author

Sapfa Rista Monika

I am part of a universe's storyteller who actualizes beauties through writing what I call art. As a person who has great interest in world of literacy, I love to share many things by writing in benefitness.

View All Articles