Mungkin “daun binahong” terdengar asing di telinga Anda, tapi siapa sangka bahwa daun binahong ini dapat memberikan sejumlah manfaat untuk kesehatan, termasuk untuk asam lambung. Maka dari itu, cara mengolah daun binahong untuk asam lambung perlu diperhatikan.

Daun binahong ini telah sejak lama digunakan sebagai obat tradisional di China, Korea, dan Taiwan. Di Indonesia, binahong disebut dengan gendola. Ciri khasnya memiliki daun berbentuk hati, berwarna hijau tua, dan dapat tumbuh di dataran rendah ataupun dataran tinggi.

Manfaat daun binahong berkat kandungan vitamin E, zat besi, asam folat, protein, kalsium, flavonoid, beta karoten, dan riboflavin di dalamnya.

Sebelum membahas cara mengolah daun binahong untuk asam lambung, mari simak terlebih dahulu manfaat daun binahong untuk asam lambung.

Cara Mengolah Daun Binahong untuk Asam Lambung

Agar mendapatkan khasiat dari daun binahong seperti di atas secara optimal, daun binahong dapat diolah dengan berbagai macam cara.

1. Direbus

Cara membuat air rebusan daun binahong cukup mudah, yaitu:

  • Cuci bersih daun binahong menggunakan air mengalir.
  • Panaskan air secukupnya.
  • Masukkan 5 hingga 6 lembar daun binahong ke dalam air panas.
  • Rebus daun binahong selama 10 menit atau hingga air mendidih.
  • Setelah matang, saring air rebusan tersebut, dan tunggu hingga dingin.
  • Setelah agak dingin, air rebusan daun binahong siap diminum.
  • Air rebusan daun binahong dapat diminum dua kali sehari.

2. Dijadikan Jus

Cara mudah untuk konsumsi daun binahong, yaitu bisa dengan cara dijus. Caranya cukup mudah, yaitu:

  • Ambil daun binahong secukupnya.
  • Masukkan buah yang aman untuk penderita asam lambung, seperti apel atau alpukat.
  • Tambahkan susu tanpa lemak atau susu yang terbuat dari bahan nabati.
  • Blender hingga halus, kemudian jus daun binahong siap dinikmati.

Manfaat Daun Binahong yang Berkaitan dengan Asam Lambung

1. Membantu Mengatasi Diare

Gangguan pencernaan seperti diare dapat memperburuk gejala dari penyakit asam lambung. Daun binahong memiliki sifat sebagai antibakteri yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri penyebab diare tersebut.

Manfaat daun binahong dalam membantu mengatasi diare dapat Anda peroleh dengan cara konsumsi ekstrak daun binahong.

2. Membantu Mengatasi Maag

Manfaat daun binahong, yaitu dapat membantu mengatasi maag akibat asam lambung berlebih. Manfaat ini berasal dari rebusan air daun binahong yang memiliki kemampuan menormalkan asam lambung.

Selain itu, senyawa yang terdapat di dalam daun binahong dapat membuat lambung Anda menjadi tenang.

3. Membantu Mengatasi Kolesterol

Kolesterol cenderung mengandung lemak tidak sehat untuk tubuh yang dapat menjadi penyebab naiknya asam lambung. Maka dari itu, kadar kolesterol harus distabilkan agar tidak menyebabkan asam lambung kambuh.

Anda bisa konsumsi air rebusan daun binahong karena kandungan antioksidan di dalamnya dapat membantu menstabilkan kolesterol dan menjaga tubuh agar tetap sehat.

4. Membantu Mengatasi Diabetes

Diabetes dapat merusak saluran cerna, termasuk otot pembatas antara lambung dan kerongkongan. Apabila otot ini tidak berfungsi secara optimal, cairan asam lambung akan mudah kembali mengalir ke kerongkongan.

Untuk mengatasi diabetes, dapat dibantu dengan cara konsumsi daun binahong. Daun binahong dapat membantu menurunkan kadar gula darah berkat kandungan flavonoid di dalamnya.

5. Melawan Radikal Bebas Penyebab Asam Lambung

Radikal bebas adalah zat asing berbahaya yang dapat menyebabkan naiknya asam lambung. Maka dari itu, untuk membantu mengatasi hal ini, Anda dapat konsumsi daun binahong karena mengandung senyawa antioksidan kuat.

Itulah beberapa manfaat daun binahong yang berkaitan dengan asam lambung, baik berkaitan langsung ataupun tidak langsung.

Meskipun daun binahong dapat memberikan manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh, dan untuk kesehatan pencernaan khususnya, cara pengolahan daun binahong juga harus dilakukan dengan tepat.

Baca juga:

Pertolongan Pertama Asam Lambung Naik (6 Langkah Tepat)

Demikian beberapa manfaat dan cara tepat mengolah daun binahong untuk asam lambung. Meskipun dapat memberikan banyak khasiat untuk kesehatan, daun binahong juga dapat memberikan efek samping, seperti denyut jantung tidak teratur, pusing, gelisah, insomnia, dan sakit kepala.

Selain itu, daun binahong juga tidak diperbolehkan dikonsumsi bersamaan dengan obat dari dokter. Untuk menghindari efek samping daun binahong, sebaiknya konsultasikan ke dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumsinya, ya!

About the Author

Sapfa Rista Monika

I am part of a universe's storyteller who actualizes beauties through writing what I call art. As a person who has great interest in world of literacy, I love to share many things by writing in benefitness.

View All Articles