Kram perut atau sakit perut bisa terjadi karena beberapa hal, salah satunya adalah gangguan asam lambung naik. Oleh karena itu, cara mengatasi kram perut karena asam lambung naik ini harus kita ketahui karena dapat terjadi kapan saja.

Perut yang terasa sakit (kram perut) memang menjadi suatu kondisi yang tidak nyaman atau mengenakkan bagi yang merasakannya. Apalagi jika sakit ini muncul ketika kita masih berada di tengah-tengah menjalankan aktivitas.


Ilustrasi kram perut (sumber: canva)

Nyeri pada perut dan terasa kaku karena terdapat ketegangan pada otot-otot di sekitar perut merupakan bentuk dari kram perut. Penyebab dari kram perut ini pun bisa berbeda-beda bentuknya.

Beberapa penyebab kram perut, antara lain:

  1. Pramenstruasi pada kaum perempuan.
  2. Kekurangan air (dehidrasi).
  3. Konstipasi atau susahnya buang air besar karena kurangnya air atau serat.
  4. Keracunan makanan.
  5. Kurangnya senyawa kalium dan potassium pada aliran darah.
  6. Kurangnya kalisium dalam darah sehingga sistem saraf otot pada perut bisa rusak.
  7. Perut kembung sebagai salah satu gejala asam lambung.

Artinya, kram perut ini bisa terjadi karena beberapa hal. Oleh karena itu, sakit ini harus segera ditangani agar tidak menimbulkan komplikasi penyakit yang lebih parah lagi.

Cara Mengatasi Kram Perut karena Asam Lambung


Kram perut yang mengganggu (sumber: canva)

Kabar baiknya adalah kram perut merupakan penyakit yang ringan dan dapat ditangani dengan cara-cara rumahan, tanpa perlu pergi ke rumah sakit. Berikut ini adalah berbagai cara mengatasi kram perut karena asam lambung secara alami:

  1. Minum air putih

Perbanyak minum air putih karena tubuh membutuhkan cairan untuk membantu pencernaan dan menyerap nutrisi. Kondisi dehidrasi menyebabkan beberapa gangguan pencernaan seperti asam lambung naik, kram perut, diare, dan lain-lain.

  1. Kompres air hangat

Sebuah benda yang panas dan hangat dapat meringankan tegangan pada otot perut. Oleh karena itu, mengompres perut dengan air hangat dapat meringankan kram yang terjadi pada area perut. Hal ini sangat mudah dan efektif untuk dilakukan.

  1. Hindari posisi tidur

Berdasarkan Medical News Today, asam dalam lambung akan lebih mudah untuk naik ke kerongkongan ketika kita dalam kondisi tidur atau berbaring. Oleh karena itu, ketika gejala asam lambung naik ini mulai terjadi hindari posisi tidur.

Jika memang hanya bisa berbaring, usahakan untuk mengganjal kepala atau punggung dengan bantal. Sehingga posisi atas tubuh lebih tinggi daripada badan bagian bawah.

  1. Mengonsumsi makanan yang mudah dicerna

Makanan yang kaya serat akan meringankan pekerjaan organ-organ pencernaan dan mengurangi risiko penyakit kram perut serta asam lambung naik. Makanan yang berminyak dan berlemak lebih menjadi salah satu jenis makanan yang harus dihindari.

Sebab, kedua makanan ini membuat proses pencernaan menjadi lama serta suasana lambung semakin asam. Hal ini sangat bahaya bagi penderita asam lambung.

Nutriflakes, Solusi Mengatasi Kram Perut

Sereal umbi garut Nutriflakes ini bisa dijadikan makanan untuk mengatasi dan mencegah terjadinya kram perut. Nutriflakes adalah minuman serbuk yang memiliki efek terapi untuk mengatasi asam lambung naik.

produk_nutriflakes
Produk Nutriflakes

Nutriflakes disusun menggunakan bahan-bahan alami yang sangat ramah dengan organ-organ pencernaan. 5 bahan utama dalam komposisi Nutriflakes adalah umbi garut, psyllium husk, kelor, gula aren, dan susu kambing etawa.

Sebagian besar bahan-bahan tersebut merupakan bahan pangan yang berfungsi untuk menjaga kesehatan dalam sistem pencernaan. Oleh karena itu, Nutriflakes bisa dijadikan sebuah cara untuk mengatasi kram perut yang dikarenakan asam lambung naik.

Baca Juga: Pertolongan Pertama yang Bisa Dilakukan Saat Asam Lambung Kumat

Selain itu, Nutriflakes juga sangat aman untuk dikonsumsi oleh kalangan manapun dan mulai dari usia 2 tahun sampai orang lanjut usia. Hal ini dikarenakan Nutriflakes sudah mendapatkan seritifikat dari BPOM. Jadi tidak perlu khawatir, minuman sehat ini tidak akan memberikan efek samping yang membahayakan kesehatan.

Nutriflakes, solusi terbaik mengatasi asam lambung.

About the Author

Yunita Isna Fauziyyah

Penulis yang senang berbagi informasi mengenai kesehatan, masalah pencernaan, problem solving, keadaan saat ini, dsb yang bermanfaat bagi masyarakat.

View All Articles