Pada umumnya vitamin A dapat kita temukan dalam semua jenis buah-buahan yang pernah kita temui. Lalu apa saja sih buah-buahan yang mengandung vitamin A?

Vitamin merupakan salah satu jenis nutrisi mikro karena tubuh hanya membutuhkannya dalam jumlah yang kecil. Walaupun kebutuhan ini hanya dalam kuantitas kecil, peran vitamin dalam tubuh ini sangatlah penting.


Buah bervitamin A (sumber: canva)

Salah satu jenis vitamin ini adalah vitamin A. Sebuah vitamin yang sangat populer di kalangan masyarakat untuk menjaga kesehatan mata atau indra penglihatan. Peran vitamin A ini sangat penting bagi tubuh karena terdapat fungsi vitamin A dalam tubuh, antara lain:

  • Menjaga kesehatan mata dan meningkatkan fungsi mata.
  • Menjadi faktor penentu gen dan mempengaruhi sintesis protein.
  • Meningkatkan imunitas dalam tubuh.
  • Menjadi elemen dalam pertumbuh dan perkembangan tubuh.
  • Mencegah beberapa penyakit seperti kanker dan jantung.

Selain itu, apabila tubuh kekurangan vitamin A bisa menyebabkan beberapa gangguan kesehatan yang merugikan. Misalnya adalah penyakit campak, gangguan penglihatan, ISPA, penyakit malaria, dan infeksi HIV.

Artinya, memenuhi kebutuhan vitamin A sehari-hari ini sangatlah penting. Sebab, kesehatan tubuh kita akan tetap terjaga dan dapat terhindar dari berbagai gangguan kesehatan yag tidak diinginkan.

7 Contoh Buah-buahan yang Banyak Mengandung Vitamin A

Memenuhi kebutuhan akan vitamin A ini haruslah mengonsumsi makanan. Sebab, tubuh kita ini tidak dapat membentuk vitamin A sendiri. Oleh karena itu, kita harus mengenal apa saja makanan yang mengandung vitamin A, terutama buah-buahan.

Berikut ini adalah daftar buah-buahan yang banyak mengandung vitamin A:

  1. Labu

Buah labu adalah salah satu buah yang tinggi akan vitamin A. Setiap 100 gram labu bisa memberikan vitamin A sebanyak 8513 IU. Labu juga memiliki kandungan beta karoten dan baik untuk menjaga kesehatan mata.


Buah labu (sumber: canva)

  1. Markisa

Buah berwarna kuning ini memiliki kandungan vitamin A yang tinggi. Dalam 100 gram markisa dapat menyumbang vitamin A sebesar 1272 IU. Markisa sangat bagus untuk kesehatan kulit, apalagi dalam melawan permasalahan kulit di wajah.

  1. Cabai

Bahan yang kadang disebut sayur atau buah ini ternyata juga memiliki vitamin A yang besar. Setiap 100 gram cabai dapat memiliki kandungan vitamin A sebanyak 952 IU.

Walaupun begitu, bagi penderita pencernaan, khususnya asam lambung, harus berhati-hati dalam mengonsumsinya.

  1. Semangka

Buah semangka merupakan buah yang mengandung banyak air sehingga dapat memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Selain segar akan air, semangka juga mempunyai kandungan vitamin A yang tinggi, mencapai angka 569 IU setiap 100 gramnya.

  1. Jeruk

Buah yang sangat mudah ditemui ini juga memiliki kandungan vitamin A. Dalam 100 gram jeruk dapat memberikan vitamin A sebanyak 225 IU. Walaupun pasaran, jeruk adalah buah yang memiliki banyak manfaat.

  1. Alpukat

Selain mengandung lemak dan karbohidrat, alpukat juga mengandung vitamin A. Dalam 100 gram alpukat memliki kandungan vitamin A sebesar 146 IU.

  1. Anggur

Buah-buahan yang mengandung vitamin A selanjutnya adalah anggur. Buah musiman ini mempunyai kandungan vitamin A sebanyak 100 IU setiap 100 gramnya.


Buah anggur (sumber: canva)

Anggur memiliki manfaat seperti memelihara mata, menjaga kesehatan kulit, memperlambat penuaan, dan lain sebagainya.

Kesimpulan Buah Bervitamin A

Melalui penjelasan di atas, banyak sekali buah-buahan yang mengandung vitamin A dan baik untuk kesehatan. Salah satunya adalah alpukat, anggur, semangka, jeruk, markisa, dan labu.

Artinya, kita bisa memanfaatkan buah-buahan di atas untuk memenuhi kebutuhan vitamin A. Namun, terdapat cara lainnya, yaitu dengan mengonsumsi sereal sehat Nutriflakes.

Nutriflakes adalah sereal umbi garut yang memiliki banyak manfaat kesehatan, seperti asam lambung naik dan menjaga kesehatan pencernaan. Kandungan vitamin A dalam Nutriflakes pun berasal dari salah satu bahan alaminya, seperti kandungan daun kelor.

Demikian ulasan mengenai buah-buahan yang bisa memenuhi kebutuhan vitamin A.

Nutriflakes, nutrisi terpenuhi kesehatan terjamin!

About the Author

Yunita Isna Fauziyyah

Penulis yang senang berbagi informasi mengenai kesehatan, masalah pencernaan, problem solving, keadaan saat ini, dsb yang bermanfaat bagi masyarakat.

View All Articles