Nutriflakes® Official Website

+62 821-3573-2036
Hati-hati! Kekurangan Vitamin A dapat Menyebabkan Penyakit
 
Hati-hati! Kekurangan Vitamin A dapat Menyebabkan Penyakit

Hati-hati! Kekurangan Vitamin A dapat Menyebabkan Penyakit

Fungsi vitamin A bagi tubuh ini bermacam-macam, sehingga kita harus selalu memenuhi kebutuhan akan vitamin A. Sebab, kekurangan vitamin A dapat menyebabkan penyakit yang merugikan kesehatan.

Apa itu vitamin A?

Vitamin A adalah salah satu jenis vitamin yang dapat larut di dalam lemak atau berbagai cairan minyak. Selain itu, jenis vitamin ini tidak akan goyah saat bertemu dengan panas, asam, dan alkali.

Namun, vitamin A juga mudah rusak terhadap panas ketika vitamin ini teroksidasi dengan udara.

Vitamin A juga memiliki peran atau fungsi yang penting dalam kehidupan sehari-hari. Berikut ini adalah beberapa kegunaan dari vitamin A yang harus kita ketahui:

  • Menjaga kesehatan mata dan meningkatkan fungsi mata.
  • Menjadi faktor penentu gen dan mempengaruhi sintesis protein.
  • Meningkatkan imunitas dalam tubuh.
  • Menjadi elemen dalam pertumbuh dan perkembangan tubuh.
  • Mencegah beberapa penyakit seperti kanker dan jantung.

Perannya yang penting membuat tubuh selalu membutuhkan vitamin A. Oleh karena itu, kita harus selalu memastikan bahwa kebutuhan akan vitamin A sudah terpenuhi setiap harinya.

Sebab, akan terdapat konsekuensi atau akibat ketika tubuh kekurangan vitamin A.


Gangguan penglihatan (sumber: canva)

Kekurangan Vitamin A dapat Menyebabkan Penyakit

Menurut sebuah studi, defisiensi vitamin A merupakan salah satu masalah gizi yang utama dan sedang dihadapi oleh penduduk dunia. Keadaan tersebut bisa menyebabkan beberapa penyakit yang tidak diinginkan. Apa saja penyakit-penyakit ini?

  1. Penyakit Campak

Berdasarkan sebuah jurnal mengatakan bahwa defisiensi vitamin A dapat menurunkan imunitas tubuh terhadap virus campak. Keadaan ini biasanya terjadi pada bayi yang memperoleh imunitas dari ibunya tetapi tidak mempengaruhi serokonvesi campak.


Campak pada balita (sumber: canva)

Oleh karena itu, saat anak-anak pasti sering diberikan suplementasi vitamin A serta vaksin tertentu.

  1. Gangguan Pengelihatan

Secara signifikan, defisiensi vitamin A dapat menyebabkan beberapa gangguan penglihatan. Sebab, vitamin A menjalankan hampir semua komponen dan fungsi dalam retina atau indra penglihatan.

Orang yang kekurangan vitamin A akan merasakan rabun senja, perforasi kornea, jaringan perut dalam kornea, dan mata kering.

  1. Infeksi Saluran Peranapasan

ISPA adalah salah satu gangguan yang bisa menyebabkan kematian pada anak-anak di negara berkembang. Penyebab utama dari infeksi saluran pernapasan adalah beberapa virus, seperti syncytial, parainfluenza, dan lain-lain.

Uji rumah sakit di Amerika dan Chile menunjukkan bahwa penambahan vitamin A memberikan dampak terhadap infeksi pernapasan.

  1. Malaria

Kekurangan vitamin A dapat menyebabkan penyakit malaria. Sebuah penelitian di Papua membuktikan bahwa dengan suplementasi vitamin A dapat menurunkan kasus malaria sebanyak 20 sampai 50%.


Virus malaria (sumber: canva)

  1. Infeksi HIV

Rendahnya konsumsi vitamin A berhubungan dengan peningkatan penyakit infeksi dan tingginya transmisi HIV dari ibu ke anak. Menurut sebuah penelitian, pemberian vitamin A dengan dosis tinggi dapat menurunkan morbiditas anak yang lahir dari ibu yang terinfeksi HIV.

  1. Infeksi pada Ibu Hamil dan Menyusui

Menurut sebuah penelitian di Nepal, kekurangan vitamin A membuat ibu hamil mudah terserang infeksi. Selain itu, suplementasi vitamin setiap minggunya menurunkan risiko ibu hamil terserang infeksi.

Kesimpulan Kekurangan Vitamin A

Berdasarkan penjelasan di atas, kekurangan vitamin A dapat menyebabkan beberapa penyakit yang merugikan kesehatan. Mulai dari gangguan penglihatan, penyakit malaria dan campak, infeksi saluran pernapasan, infeksi HIV, dan infeksi pada ibu hamil.

Gangguan kesehatan di atas tidak akan terjadi jika kita senantiasa memenuhi kebutuhan tubuh akan vitamin A ini. Salah satu cara memenuhi kebutuhan vitamin A ini bisa dengan mengonsumsi Nutriflakes.

Sereal umbi garut Nutriflakes ini menggunakan berbagai bahan-bahan alami, salah satunya adalah kandungan daun kelor. Di mana tumbuhan kelor ini sangat kaya akan nutrisi, vitamin A pun terdapat di dalamnya.

Oleh karena itu, Nutriflakes menjadi rekomendasi dalam memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh setiap harinya.

Demikian ulasan mengenai berbagai akibat jika kekurangan vitamin A, yaitu dapat menyebabkan beberapa penyakit merugikan. Semoga dapat bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari.

Nutriflakes, penuhi nutrisi kesehatan terjamin!

Kategori:

Info Vitamin