Nutriflakes® Official Website

+62 821-3573-2036
 

6 Jenis Makanan yang Banyak Mengandung Viamin A, Catat!

Fungsi vitamin A dalam tubuh sangatlah banyak dan penting untuk kehidupan sehari-hari dan di masa depan. Oleh karena itu, makanan yang banyak mengandung vitamin A wajib untuk kita ketahui.

Sebelum membahas makanan-makanan ini, akan lebih baik jika kita mengenal apa itu vitamin A?

Vitamin A adalah salah satu jenis vitamin yang bisa larut di dalam lemak atau cairan minyak. Selain itu, jenis vitamin ini sangat stabil saat bertemu dengan hawa panas, asam, dan alkali.


Sumber makanan vitamin A (sumber: canva)

Namun, vitamin A juga mudah rusak terhadap panas ketika vitamin ini teroksidasi dengan udara. Perannya yang penting membuat tubuh selalu membutuhkan vitamin A. Sehingga terdapat angka kecukupan gizi yang memberikan jumlah kebutuhan tubuh akan vitamin.

Kebutuhan akan vitamin A sendiri tergantung dengan usia. Semakin tua usia, semakin banyak pula kebutuhan vitamin A. Kecukupan akan vitamin A ini akan membuat kita terhindar dari berbagai penyakit akibat kekurangan vitamin A, seperti:

  • Penyakit Campak.
  • Gangguan Penglihatan.
  • Infeksi Saluran Pernapasan Atas (ISPA).
  • Penyakit Malaria.
  • Infeksi HIV.

Artinya, jangan sampai vitamin A ini tidak terpenuhi. Lalu bagaimana sih cara memenuhi kebutuhan ini?

Contoh Makanan yang Banyak Mengandung Vitamin A

Memenuhi kebutuhan vitamin A harus menggunakan makanan karena tubuh tidak menyintesis atau membuat vitamin sendiri. Berikut ini adalah beberapa sumber makanan vitamin A yang dapat kita manfaatkan:

  1. Wortel

Sayur oranye yang sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia ini ternyata kaya akan vitamin A beta karoten. Bahkan ada anggapan di masyarakat bahwa, “Kalau ingin mata sehat, makan wortel.”


Wortel (sumber: canva)

Setiap 100 gram wortel bisa mengandung vitamin A sebanyak 16.706 IU. Artinya, kebutuhan vitamin A ini bisa terpenuhi hanya dengan mengonsumsi wortel.

  1. Ubi Jalar

Ketela rambat ini merupakan salah satu jenis ubi yang dapat melawan banyak penyakit. Salah satunya adalah kanker prostat dan kanker usus besar. Sebab, kandungan vitamin A beta karoten pada ubi jalar sebanyak 14.187 IU setiap 100 gram.

  1. Hati Sapi

Makanan yang banyak mengandung vitamin A selanjutnya adalah hati sapi. Setiap 100 gram hati sapi dapat menawarkan vitamin A sebanyak 17.997 IU. Selain mengandung vitamin A, hati sapi juga mengandung protein dan jenis-jenis vitamin lainnya.

  1. Ikan Haring

Sumber makanan vitamin A pada kelompok hewani lainnya adalah ikan haring. Satu porsi ikan haring dapat memberikan vitamin A sebesar 219 mkg (mikrogram). Selain itu, ikan haring juga memiliki kandungan lemak omega-3 yang bagus untuk kerja otak serta jantung.

  1. Mangga

Dari kelompok buah, mangga merupakan salah satu buah yang menjadi sumber vitamin A. Buah segar yang banyak digemari masyarakat Indonesia ini memiliki kandungan vitamin A sebesar 112 mikrogram.

  1. Melon

Buah selanjutnya yang ada pada daftar ini adalah melon.Di mana setiap 100 gram melon bisa mengandung 112 mikrogram vitamin A. Selain itu, melon juga menjadi sumber antioksidan vitamin C, yang berfungsi dalam meningkatkan imunitas tubuh.


Buah melon (sumber: canva)

Kesimpulan Sumber Makanan Vitamin A

Kebutuhan vitamin A sehari-hari ini bisa kita penuhi dengan mengonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin A. Misalnya adalah wortel, ubi jalar, mangga, melon, hati sapi, dan ikan haring.

Sebenarnya masih banyak jenis makanan lainnya, tetapi beberapa makanan di atas merupakan bahan pangan yang mudah untuk ditemukan. Kita juga dapat mengonsumsi Nutriflakes dalam memenuhi kebutuhan vitamin A.

Sebab, salah satu komposisi Nutriflakes di dalamnya adalah kandungan daun kelor. Tumbuhan kelor merupakan salah satu jenis sayur yang kaya akan nutrisi, vitamin A salah satunya.

Artinya, dengan mengonsumsi Nutriflakes kita dapat merasakan banyak manfaat karena menggunakan bahan-bahan alami.

Demikian ulasan mengenai makanan yang banyak mengandung vitamin A, semoga dapat bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari.

Nutriflakes, penuhi nutrisi kesehatan terjamin.


Kategori:

Info Vitamin