Menangis adalah respons fisik dari bentuk emosi yang dirasakan oleh setiap individu. Semua orang pasti pernah menangis, dari usia bayi, hingga lansia. menangis bisa jadi respons fisik terhadap rasa sedih, kecewa, cemas, marah, ataupun bahagia. Hanya saja, menangis indentik dengan emosi yang bersifat negatif.

Lantas, apakah menangis membuat asam lambung naik?

Penyakit asam lambung adalah kondisi di mana cairan asam lambung yang seharusnya berada di lambung, kembali mengalir ke kerongkongan. Hal ini terjadi karena otot pembatas antara lambung dan kerongkongan tidak menutup dengan sempurna.

Dada seperti terbakar, nyeri ulu hati, mual, kepala pusing, ataupun perut kembung adalah gejalanya. Penyebab dari penyakit asam lambung kambuh, yaitu bisa karena pola makan ataupun kebiasaan buruk.

Selain penyebab tersebut, apakah menangis juga dapat membuat asam lambung naik?

Penyebab seseorang menangis sangat bermacam-macam, baik karena emosi positif ataupun emosi negatif.

Alasan Seseorang Menangis

1. Stres

Rasa stres, terutama stres berat dapat memicu seseorang untuk menangis. Menangis adalah respons fisik yang dialami oleh seseorang atas tekanan stres.

2. Trauma

Kecelakaan, percintaan, ataupun kematian tidak jarang membuat seseorang merasakan trauma mendalam. Seseorang yang merasakan trauma ini sering kali menangis sebagai bentuk respons terhadap kenangan atau hal-hal yang menimbulkan kembali ingatan penyebab trauma.

3. Emosi

Seseorang cenderung menangis saat mengalami rasa sedih, kecewa, marah, takut, atau merasa bersalah. Apabila mengalami emosi tersebut, respons alami yang timbul bisa saja menangis.

4. Kehilangan

Kehilangan identik dengan orang yang dicintai. Saat kehilangan, seseorang akan merasakan duka yang mendalam. Duka yang mendalam ini akan menyebabkan tangisan.

5. Fisik

Tangisan juga bisa timbul karena masalah fisik yang dialami seseorang, seperti cidera, sakit, patah tulang, ataupun tersiram air panas.

6. Kebahagiaan

Tidak hanya hal-hal negatif saja yang menyebabkan seseorang menangis. Ada kalanya momen bahagia, seperti pernikahan, kelahiran, dan pencapaian besar menimbulkan rasa haru yang menjadi faktor seseorang menangis.

Itulah beberapa faktor yang menyebabkan seseorang menangis. Menangis umumnya respons normal terhadap sesuatu, hanya saja sering menangis bisa menimbulkan beberapa efek samping:

  • Mata bengkak dan iritasi.
  • Depresi
  • Denyut jantung menurun.
  • Stres.
  • Sakit kepala.
  • Tidak selera makan.

Pada dasarnya, menangis dan asam lambung naik tidak berkaitan secara langsung. Hanya saja, ada beberapa faktor yang berkaitan dengan menangis dan faktor ini berpengaruh terhadap asam lambung.

Baca:

Pertolongan Pertama pada Asam Lambung Kambuh

Faktor yang Memengaruhi Tingkat Asam Lambung

1. Stres Emosional

Seseorang yang menangis terus menerus dapat memicu lepasnya hormon stres, sehingga memengaruhi pencernaan dan meningkatkan produksi asam lambung.

Saat stres, individu cenderung berusaha untuk mencari peralihan, baik dari makanan atau aktivitas lain yang dianggap bisa menghilangkan stres, seperti minum kopi, merokok, dan konsumsi cokelat. Jenis makanan atau minuman ini bisa memicu naiknya asam lambung.

2. Kabiasaan Makan

Seseorang yang sedang stres atau menangis, berkemungkinan menggunakan makanan sebagai solusi untuk menghilangkan stres (emotional eating). Emotional eating akan memicu seseorang untuk makan dalam porsi besar yang dapat menyebabkan naiknya asam lambung.

3. Nafsu Makan Berkurang

Menangis bisa menimbulkan efek nafsu makan yang berkurang. Seseorang yang sering menangis bisa jadi kerap meninggalkan jam makan, sehingga memicu naiknya asam lambung ke kerongkongan.

Itulah jawaban seputar, apakah menangis membuat asam lambung naik atau tidak. Bisa kita simpulkan bersama bahwa secara langsung, menangis memang tidak menyebabkan naiknya asam lambung. Hanya saja, terdapat dampak dari menangis yang dapat menimbulkan penyakit asam lambung.

Kesimpulan

Seseorang yang sedang menangis atau mengalami kesedihan tidak mempengaruhi kenaikan asam lambung secara langsung.

Namun kelola stres dan emosi penyebab menangis dapat memicu penyakit yang sedangg diderita tak terkecuali asam lambung.

Pentingnya kelola stres dengan dan menstabilkan emosi dengan olah jiwa raga seperti meditasi maupun berolahraga yang aman untuk asam lambung.

Baca juga: Pola Hidup Sehat untuk Pengidap Asam Lambung (Panduan Terkini)


About the Author

Sapfa Rista Monika

I am part of a universe's storyteller who actualizes beauties through writing what I call art. As a person who has great interest in world of literacy, I love to share many things by writing in benefitness.

View All Articles