Setiap orang pasti membutuhkan vitamin C karena manfaatnya yang sangat berarti bagi kesehaan tubuh. Namun, vitamin C untuk asam lambung ini sebenarnya masih menjadi perdebatan.

Apakah vitamin C ini bisa membahayakan bagi penderita refluks asam atau GERD?

Gangguan asam lambung atau GERD merukan sebuah kondisi di mana cairan asam dalam lambung keluar dan naik menuju ke saluran esofagus. Asam lambung bisa naik dengan mudah karena katup yang membatasi kerongkongan dan lambung tidak bekerja dengan optimal.

Katup esofagus dapat berkurang kinerjanya karena pola makan yang tidak teratur, gaya hidup tidak sehat, dan pilihan makanan yang tidak sehat. Oleh karena itu, pemilihan makanan menjadi sangat penting bangi penderita asam lambung.

Sebab, makanan atau minuman yang masuk ke dalam perut akan berpengaruh langsung dengan cairan asam. Selain itu, beberapa kandungan nutrisi juga dapat mempengaruhi asam lambung seperti lemak.

Apakah Vitamin C Berbahaya untuk Penderita Asam Lambung?

Orang-orang dalam keadaan sehat dan tidak memiliki masalah lambung mungkin tidak akan masalah ketika mengonsumsi vitamin C dalam jumlah besar. Sebab, tubuh kita sudah memiliki sistem yang megatur keseimbangan asam di dalamnya.


Keadaan asam lambung naik (sumber: canva)

Namun, berbeda dengan orang-orang yang memiliki lambung sensitif, seperti penderita asam lambung dan maag. Mungkin saja vitamin C yang masuk ke dalam perut dengan berlebihan justru dapat memicu refluks asam.

Misalnya sumber vitamin C seperti jeruk, lemon, dan tomat. Ketiga buah ini memang memiliki kandungan vitamin C yang tinggi tetapi juga mempunyai kandungan asam yang tinggi pula. Hal ini dapat berbahaya bagi penderita GERD asam lambung naik.

Begitupula dengan suplemen-suplemen yang beredar di pasaran luas, seperti vitamin C 1000 cc. Penderita asam lambung lebih baik menghindari dosis vitamin C yang tinggi ini. Sebab, dosis vitamin C yang berlebihan dapat menyebabkan perut menjadi panas.

Sebenarnya apa itu vitamin C?

Vitamin C adalah salah satu nutrisi mikro yang sangat dibutuhkan tubuh. Kegunaan utama dari vitamin C ini adalah membentuk kolagen di dalam tubuh. Kolagen sendiri merupakan bahan utama yang menjadi lapisan dari kulit, tulang, dan gigi.

Vitamin C memiliki cita rasa yang khas, yaitu asam.

Memenuhi Kebutuhan Vitamin C untuk Penderita GERD

Artinya, pemenuhan vitamin C memang sangat penting. Namun, penderita asam lambung memang harus lebih berhati-hati dalam memilih makanan yang mengandung banyak vitamin C.

Akan lebih baik jika penderita asam lambung ini memilih makanan dengan kandungan vitamin C tetapi tidak bersifat asam. Terdapat sumber vitamin C untuk penderita asam lambung yang baik, seperti melon, pepaya, pisang, brokoli, kelor, dan mangga.


Ilustrasi vitamin C (sumber: canva)

Artinya, masih banyak makanan lain yang dapat penderita asam lambung manfaatkan dalam memenuhi vitamin C setiap harinya. Sebab, kekurangan vitamin C sendiri akan sangat berbahaya bagi kesehatan.

Berikut ini adalah akibat dari kekurangan vitamin C:

  • Munculnya penyakit skorbut.
  • Gusi dan gigi berdarah.
  • Kulit menjadi kering dan kasar.
  • Sistem imun tubuh yang menurun.
  • Luka yang sulit sembuh.
  • Anemia
  • Pembengkakkan kelenjar tiroid.

Kesimpulan Vitamin C yang Aman

Berdasarkan penjelasan di atas, vitamin C untuk asam lambung memang sedikit berbahaya jika dosisi yang masuk berlebihan. Sebab, sifat utama dari vitamin C sendiri adalah asam. Hal ini bisa saja memicu refluks asam bagi penderita GERD.

Oleh karena itu, dalam memenuhi vitamin C lebih baik memilih makanan yang tidak berasa asam. Misalnya adalah Nutriflakes, sebuah sereal umbi garut yang mempunyai efek terapi untuk kesehatan.

Salah satunya adalah mengatasi asam lambung, menjaga kesehatan tubuh, dan memenuhi kebutuhan nutrisi harian. Artinya, makanan ini sangat aman untuk dikonsumsi bagi penderita asam lambung.

Demikian ulasan mengenai kandungan vitamin C bagi penderita GERD, semoga dapat bermanfaat.

Nutriflakes, nutrisi terpenuhi kesehatan terjamin!

Artikel terkait

About the Author

Yunita Isna Fauziyyah

Penulis yang senang berbagi informasi mengenai kesehatan, masalah pencernaan, problem solving, keadaan saat ini, dsb yang bermanfaat bagi masyarakat.

View All Articles