Hari Raya Idul Fitri atau yang sering kita sebut dengan lebaran tinggal menghitung hari. Saat-saat yang dinantikan oleh banyak orang yang telah menjalankan puasa selama 1 bulan. Sebab, menu makanan lebaran ini telah menanti.

Lebaran merupakan salah satu momen di mana sebagian besar masyarakat Indonesia menantikannya. Sebab, mayoritas masyarakatnya yang memeluk agama Islam sebagai pedoman hidupnya.

Selain itu, lebaran juga sangat dekat dengan berbagai tradisi dan budaya yang unik di masyarakat. Contohnya adalah budaya bermaaf-maafan dan juga kuliner atau makanan khas lebaran yang ada di Indonesia.

Makanan untuk lebaran ini menjadi sangat khas karena banyak masyarakat yang menyajikan jenis masakan-masakan khusus saat lebaran. Bahkan, hal ini seperti menjadi sebuah kewajiban tersendiri di kalangan masyarakat.

Saking khasnya, lebaran tidak akan lengkap jika dalam satu keluarga belum ada beberapa makanan untuk lebaran ini. Apa saja menu-menu yang menjadi ciri khas masyarakat saat merayakan lebaran ini?


Ketupat (sumber: canva)

Menu Makanan Lebaran Khas untuk Idul Fitri

Terdapat beberapa masakan-masakan khas lebaran yang selalu setia dalam menemani masyarakat dalam merayakan Idul Fitri. Makanan-makanan ini memiliki rasa yang lezat dan mudah sekali untuk kita buat.

Selain itu, bahan-bahan dasarnya pun juga mudah untuk kita temukan di pasaran. Namun, bagi penderita gangguan asam lambung naik atau GERD memang harus berhati-hati dalam mengonsumsi makanan untuk lebaran ini.

Sebab, beberapa masakan menggunakan bahan pangan yang dapat memicu asam lambung naik. Berikut ini adalah beberapa makanan khas lebaran di Indonesia:

Ketupat

Nasi yang berupa ketupat ini merupakan ikon utama pada Idul Fitri atau lebaran ini. Bahkan, suasana lebaran banyak digambarkan dengan gambar-gambar berbentuk ketupat. Sebab, ketupat merupakan hidangan yang wajib ada ketika lebaran datang.

Tanpa menu makanan lebaran ini lebaran belum terasa maksimal dan penuh. Ketupat adalah makanan berbahan dasar beras yang kemudian dibungkus dengan anyaman daun kelapa atau sering kita sebut dengan janur.

Setelah beras masuk ke dalam anyaman janur, ketupat ini lalu kita masak dengan cara direbus dalam panci besar. Proses memasak ketupan sendiri sebenarnya membutuhkan waktu yang cukup lama.

Hal ini agar mendapatkan tekstur ketupat yang padat dan lembut sehingga mudah untuk kita makan. Ketupat juga dapat menjadi menu pelengkap dari opor, sate, soto, dan lain sebagainya.

Opor Ayam

Menu makanan khas lebaran di Indonesia selanjutnya adalah opor ayam. Masakan ini juga menjadi makanan wajib untuk menemani ketupan di atas. Perpaduan antara opor ayam dan ketupat ini sudah menjadi menu wajib saat lebaran.


Ketupat dan opor (sumber: canva)

Opor ayam sendiri berupa masakan daging ayam yang kemudian direbus dengan air santan. Rempah-rempah untuk opor ayam juga sangat khas sehingga akan menghasilkan rasa yang gurih dan nikmat.

Opor ayam ini biasanya memiliki kuah santan yang kental dengan warna antara kuning kehijauan. Masakan ini merupakan salah satu jenis makanan yang populer di kalangan masyarakat Indonesia.

Kendati demikian, penderita asam lambung tidak boleh berlebihan dalam mengonsumsi masakan ini karena mengandung santan, lemak, dan minyak yang lumayan tinggi.

Sambal Goreng, Menu Makan Khas Lebaran

Menu makanan untuk lebaran selanjutnya adalah sambal goreng. Hidangan yang harus ada dan wajib untuk masyarakat Indonesia adalah masakan dengan cita rasa pedas. Oleh karena itu, sambal goreng ini hadir untuk menemani makanan-makanan khas lebaran.

Pada umumnya, masakan ini berbahan dasar kentang dan tahu yang dimasak menggunakan bumbu merah dan cabai. Namun, kita bisa menggantinya dengan bahan-bahan sesuai selera kita, seperti daging giling, kerecek, ati ampela, dan lain sebagainya.

Hidangan sambal goreng ini sangat nikmat ketika kita kombinasikan dengan opor ayam di atas. Namun, lagi-lagi penderita asam lambung harus menghindari masakan ini karena mempunyai rasa yang pedas.

Semur, Makanan dengan Cita Rasa Manis

Bagi penderita asam lambung mungkin akan aman jika memasak dan mengonsumsi menu makanan lebaran berupa semur. Masakan ini memiliki kuah encer yang berwarna cokelat dan cita rasa yang manis.


Semur ayam (sumber: canva)

Bahan utama dari semur ini bisa menggunakan berbagai bahan pangan, seperti daging ayam, telur rebus, tahu, atau tempe. Kecap juga merupakan salah satu bahan penting untuk memberikan cita rasa pada semur.

Rasanya yang manis dan bahan-bahan utamanya yang aman membuat masakan ini dapat dikonsumsi oleh penderita asam lambung.

Menu Makanan Lebaran: Sayur Lodeh

Setelah banyak makanan yang menggunakan bahan tinggi protein dan dari hewani, kini kita beralih pada masakan khusus sayur. Lodeh merupakan menu makanan lebaran yang menggunakan bahan utamanya dari berbagai jenis sayur.

Bahan dari lodeh ini bermacam-macam, mulai dari terong, labu siam, petai, tempe, cabai, kacang panjang, tahu, dan lain sebagainya. Kita dapat memilih beberapa bahan tersebut untuk menjadi kombinasi.

Lodeh memiliki rasa yang gurih karena menggunakan kuah yang berasal dari santan khas Jawa Tengah. Oleh karena itu, selain lezat lodeh juga baik untuk kesehatan karena nutrisi yang berasal dari sayur-sayuran.

Rendang

Menu makanan khas lebaran di Indonesia yang terakhir adalah rending. Masakan satu ini sudah mendunia dan banyak orang-orang luar Indonesia yang juga menyukai cita rasanya. Rendang adalah makanan tradisional dari daerah Minangkabau.


Daging rendang (sumber: canva)

Masakan rendang sendiri menggunakan bahan pangan seperti daging sapi, santan kelapa, cabai, dan rempah-rempah yang khas. Rendang berasal dari kata “merandang” yang berarti memasak untuk menghilangkan air.

Makanan rendang ini memang sangat lezat tetapi penderita asam lambung harus hati-hati dalam mengonsumsinya. Sebab, banyak bahan di dalamnya yang bisa memicu asam lambung naik.

Kesimpulan Menu Makanan untuk Lebaran

Melalui penjelasan di atas, masakan khas lebaran ini bermacam-macam dan wajib untuk kita nikmati. Mulai dari ketupat, opor ayam, semur ayam, rendang, sayur lodeh, dan sambal goreng.

Walaupun makanan-makanan untuk lebaran ini lezat, penderita asam lambung harus berhati-hati dalam mengonsumsinya. Penderita asam lambung naik (GERD) bisa mengonsumsi Nutriflakes untuk mendampingi dalam menikmati masakan lebaran.

Sebab, Nutriflakes ini sangat berguna untuk mengatasi dan mencegah gangguan asam lambung naik.

Demikian ulasan mengenai menu makanan khas lebaran di Indonesia, semoga dapat menginspirasi.

Nutriflakes, solusi terbaik mengatasi asam lambung!

About the Author

Yunita Isna Fauziyyah

Penulis yang senang berbagi informasi mengenai kesehatan, masalah pencernaan, problem solving, keadaan saat ini, dsb yang bermanfaat bagi masyarakat.

View All Articles