Home » Artikel Nutriflakes » 5 Tips Makan Sehat saat Lebaran agar Perut Tidak Mengalami Gangguan Kesehatan

Momen lebaran memang banyak yang menantikannya karena inilah puncak di mana kita sudah tidak wajib untuk berpuasa. Oleh karena itu, banyak makanan khas lebaran yang menanti. Namun, kita juga harus mengetahui tips makan sehat saat lebaran.

Banyak orang setelah bulan puasa selesai akan memuaskan perasaan ingin makan saat lebaran datang. Alhasil orang-orang akan mengonsumsi makanan sampai kepuasannya tercukupi, mengingat pada saat lebaran sudah tidak ada lagi larangan-larangan.

Hal ini juga ditandai dengan tradisi memasak menu makanan khas lebaran untuk menyambut lebaran. Menyiapkan berbagai masakan untuk menyambut momen lebaran memang tidak dilarang.

Oleh karena itu, tidak ada batasan mengenai berapa makanan yang perlu untuk dipersiapkan ini. Walaupun demikian, kita harus memperhatikan cara makan saat lebaran datang. Mengapa?

Sebab, makan sembarangan saat lebaran ini bisa mengganggu keseimbangan tubuh yang sudah terbiasa menghadapi puasa. Sehingga saat lebaran datang jangan sampai kita mengonsumsi makanan dengan cara yang salah.

Bisa saja gangguan kesehatan pada sistem pencernaan justru menyerang tubuh sehingga kita tidak jadi merayakan momen lebaran ini. Maka dari itu, kita harus mengetahui bagaimana cara makan yang sehat dan baik ketika lebaran.


Makan keluarga (sumber: canva)

Pentingnya Makan Sehat saat Lebaran

Tips makan sehat saat lebaran ini menjadi penting mengingat bentuk dari makanan khas lebaran yang biasanya ada di meja makan. Mulai dari ketupat, opor ayam, sambal goreng, semur, rendang, sayur lodeh, dan lain sebagainya.

Sebagian besar masakan tersebut mengandung banyak lemak dan minyak yang tinggi. Hal ini bisa berbahaya bagi orang-orang yang sudah memiliki riwayat terkena penyakit pencernaan, khususnya lambung.

Makanan berlemak dan berminyak merupakan salah satu pantangan makanan untuk asam lambung naik (GERD), maag, dan tukak lambung. Oleh karena itu, penderita harus awas dan bijaksana dalam memilih menu makanan untuk merayakan lebaran ini.

Masakan yang salah justru dapat memicu asam lambung naik menjadi kambuh. Keadaan tersebut akhirnya malah mengganggu momen lebaran yang kita tunggu-tunggu. Oleh karena itu, perhatikan tips-tips sehat di bawah ini.

Tips Makan Sehat saat Lebaran Datang

Beberapa tips berikut ini bertujuan agar saat menikmati makanan lebaran, kita bisa terhindar dari berbagai gangguan pencernaan. Apa saja? Berikut ulasannya:

  • Awali dengan Makanan Berserat

Nafsu makan saat leabran datang harus kita kontrol dengan baik agar pencernaan tidak kaget dengan jumlah makanan yang masuk. Caranya adalah dengan mengawali makan menggunakan makanan berserat tinggi.


Buah pisang (sumber: canva)

Sebab, jenis makanan ini bisa memperlambat pencernaan sehingga rasa kenyang akan berlangsung lama. Contohnya adalah buah apel, pisang, pepaya, semangka, dan melon.

  • Kurangi Makanan Bersantan dan Berlemak

Tips makan sehat saat lebaran selanjutnya adalah mengurangi konsumsi makanan yang bersantan dan berlemak. Contohnya opor, semur, rendang, sambal goreng, dan lain sebagainya.

Masakan ini bisa memicu asam lambung naik. Sehingga kombinasikan menu dengan berbagai jenis buah yang mengandung vitamin C dan serat tinggi.

  • Makan secara Teratur

Walaupun saat lebaran sudah tidak ada larangan untuk mengonsumsi makanan, ada baiknya jika kita menjaga pola makan agar tetap teratur. Misalnya sarapan, makan siang, dan makan malam, jangan sampai makan di luar pilihan jam makan tersebut.

Selain itu, juga pilih camilan-camilan yang sehat seperti sop buah, salad buah, atau pudding buah.

  • Batasi Porsi Makan

Tips makan sehat saat lebaran selanjutnya adalah membatasi porsi makan yang akan masuk ke perut. Lebih baik jika kita mengambil makanan dengan porsi yang kecil, tetapi kita dapat mengulangi makan ini berulang kali.

Berdasarkan Nutrition in Clinical Practice, makan dengan porsi sedikit dapat memenuhi nafsu makan, mengontrol gula darah, dan menyeduakan energi yang cukup untuk tubuh.

  • Perbanyak Jalan Kaki

Tradisi lebaran adalah bersilaturahmi dengan keluarga dan tetangga dekat. Gunakan momen ini untuk memperbanyak aktivitas fisik seperti berjalan kaki. Hal ini berguna untuk membakar kalori dari makanan yang telah kita konsumsi.


Jalan kaki (sumber: canva)

Tips Sehat saat Lebaran Lainnya

Itulah tips-tips menarik untuk makan sehat saat lebaran yang sebaiknya kita ikuti. Sebab, cara-cara di atas dapat membuat kita terhindar dari berbagai gangguan kesehatan yang mungkin menyerang pencernaan.

Sehingga kita bisa menikmati momen lebaran dengan maksimal dan penuh, tanpa ada gangguan. Hal ini pastinya menjadi harapan kita semua karena momen lebaran adalah momen yang ditunggu-tunggu.

Selain beberapa tips di atas, masih ada tips lainnya yang bisa menemani perayaan momen lebaran ini. Cara yang menarik iini adalah mengonsumsi sereal sehat Nutriflakes, sebuah makanan yang cocok untuk merayakan lebaran.

Nutriflakes adalah sereal berbahan umbi garut yang kaya akan nutrisi dan manfaat untuk kesehatan. Salah satu manfaatnya adalah mengatasi berbagai masalah pencernaan dan menjaga kesehatan tubuh di saat lebaran.

Dengan mengonsumsi Nutriflakes saat lebaran ini, kesehatan kita tetap terjaga dan pencernaan menjadi lebih sehat.

Demikian ulasan mengenai tips-tips makan sehat saat lebaran, semoga dapat bermanfaat.

Nutriflakes, teman lebaran yang sehat dan bergizi.

Artikel terkait

About the Author

Yunita Isna Fauziyyah

Penulis yang senang berbagi informasi mengenai kesehatan, masalah pencernaan, problem solving, keadaan saat ini, dsb yang bermanfaat bagi masyarakat.

View All Articles