Begah di perut sering ditandai dengan perut yang terasa nyeri, penuh, dan kencang. Selain terasa nyeri, begah di perut juga membuat aktivitas sehari-hari menjadi tidak nyaman.

biasanya disebabkan karena menumpuk atau terperangkapnya udara pada saluran pencernaan akibat makanan tertentu, kebiasaan makan tertentu, atau gangguan kesehatan lainnya.

Cara Menghilangkan Begah di Perut

1. Hindari Makanan Pemicu Begah

Rasa begah di perut bisa dihilangkan dengan cara menghindari makanan yang memicu timbulnya rasa begah tersebut. Makanan pemicu begah di perut adalah makanan yang menghasilkan gas apabila dikonsumsi karena harus melalui proses fermentasi terlebih dahulu pada saluran pencernaan.

Lalu, apa saja makanan yang harus dihindari agar tidak memicu rasa begah di perut? Makanan yang harus dihindari, yaitu makanan yang tergolong FODMAP. Makanan yang tergolong FODMAP adalah bawang putih, kol, sawi, aprikot, dan masih banyak lagi. Selain makanan tersebut, minuman bersoda dan berkafein juga sebaiknya jangan dikonsumsi karena bisa memicu begah di perut.

minuman bersoda
minuman bersoda (sumber: canva)

Hal ini terjadi karena pada kondisi tertentu, ternyata usus halus tidak selalu menyerap karbohidrat dalam makanan, tapi malah meneruskannya ke usus besar. Maka di dalam usus besar ini akan terjadi fermentasi yang dibantu oleh mikroba usus, kemudian menghasilkan gas. Gas ini yang bisa memicu begah di perut. Oleh karena itu, menghindari makanan pemicu begah di perut merupakan salah satu cara menghilangkan begah di perut.

2. Konsumsilah Makanan Yang Mengandung Probiotik

Makanan mengandung probiotik sangat bermanfaat untuk memelihara kesehatan pencernaan tubuh. Probiotik juga disebut sebagai bakteri baik karena sangat bermanfaat untuk tubuh. Untuk mendapatkan asupan probiotik, caranya cukup mudah, lho! Anda bisa mendapatkan probiotik dengan cara konsumsi makanan yang difermentasi seperti yoghurt, tempe, kefir, atau kimchi.

yoghurt sumber probiotik
yoghurt (sumber: canva)

Ternyata, probiotik mengatasi begah di perut dengan cara membantu menjaga dan mengembalikan keseimbangan bakteri usus, melancarkan proses pencernaan makanan, dan membantu menyerap kelebihan gas yang sewaktu-waktu bisa membuat perut begah. Jadi, yuk, konsumsi probiotik yang bisa menjadi salah satu cara menghilangkan begah di perut Anda.

3. Olahraga Teratur

Olahraga sering kali menjadi aktivitas yang sangat malas dilakukan oleh kebanyakan orang. Selain karena harus menyisihkan waktu luang, tidak jarang olahraga juga membuat tubuh lelah. Tapi faktanya, olahraga ternyata bisa mengurangi kelebihan gas dalam saluran pencernaan, lho! Hal ini dikarenakan olahraga menuntut tubuh untuk selalu bergerak secara aktif.

perempauna sedang malakukan aktivitas lari pagi
lari pagi (sumber: canva)

Semua olahraga bisa dikatakan efektif untuk membantu mengatasi begah di perut. Namun, olahraga yang fokus pada bagian perut dipercaya lebih efektif dalam membantu mengatasi begah. Itu sebabnya rajin berolahraga bisa menjadi cara menghilangkan begah di perut.

4. Minum Wedang Jahe

Jahe memang biasa digunakan sebagai rempah-rempah dalam olahan masakan. Tapi pernahkah Anda mengira kalau jahe juga bisa digunakan untuk membantu menghilangkan begah di perut? Mungkin jika jahe dikonsumsi begitu saja akan menimbulkan rasa aneh di mulut. Nah, untuk mengatasi rasa aneh tersebut, Anda bisa mengolah jahe menjadi teh jahe.

jahe hangat manfaatnya untuk asam lambung
wedang jahe (sumber: canva)

Mengapa jahe baik untuk menghilangkan begah di perut? Hal ini dikarenakan jahe bisa mempercepat pengosongan lambung sehingga membantu meredakan gangguan pencernaan. Cara membuat teh jahe juga sangat mudah, yaitu Anda cukup merebus satu ruas jahe yang telah dimemarkan dengan satu cangkir air selama 10 menit, kemudian saring, dan teh jahe siap diminun. Yuk, minum teh jahe, sebagai salah satu cara menghilangkan begah di perut.

Jangan lupa simak terus ulasan kesehatan yang kami sajikan, agar semkain luas wawasan mengenai tubuh dan juga kebugaran. Konsultasikan ke ahli kesehatan apabila Anda mengalami perut begah berkepanjangan agar segara mendapatkakn solusi segera mungkin.

About the Author

Sapfa Rista Monika

I am part of a universe's storyteller who actualizes beauties through writing what I call art. As a person who has great interest in world of literacy, I love to share many things by writing in benefitness.

View All Articles