Tahukah Anda, menurut Badan Pusat Statistik, konsumsi nasional susu perkapita 2021 di Indonesia sebanyak  16,27 kilogram per kapita/ tahun.

Ternyata, berdasarkan standar dari Organisasi Pangan dan Pertanian (FAO), jumlah konsumsi tersebut masih tergolong rendah lho. Padahal, konsumsi susu sangat penting untuk seluruh kalangan terutama dalam menguatkan tulang, tumbuh kembang anak-anak, dan meningkatkan imun tubuh.

Nah, ketika membaca atau mendengar kata “susu”, kira-kira apa yang langsung timbul di benak Anda? Mungkin Anda refleks membayangkan susu sapi yang selalu menjadi top of mind.

Tapi pernahkah Anda berpikir bahwa susu kambing tidak kalah unggul dibandingkan susu sapi?

Apa itu susu etawa?

Susu etawa merupakan susu yang dihasilkan dari jenis kambing Jamunapari atau Jamnapari. Karena jenis kambing ini berasal dari Distrik Etawah di Uttar Pradesh yang merupakan bagian dari Negara di India, kambing ini disebut sebagai kambing etawa. Selain sebagai penghasil susu, daging kambing juga dapat diolah dan dikonsumsi. Oleh karena itu, kambing etawa banyak dipelihara.

Susu etawa kaya akan nutrisi dan konsumsi susu etawa dapat membantu memberikan berbagai manfaat untuk tubuh. Meskipun dari segi popularitas susu etawa kalah dengan susu sapi karena sebagian besar orang lebih senang konsumsi susu sapi, tapi ternyata manfaat susu etawa tidak kalah dengan susu sapi.

Secara manfaat, susu etawa juga sering disebut lebih unggul dibandingkan susu sapi. Bahkan, susu etawa dijuluki sebagai sumber protein dan kalsium yang baik. Dilihat dari segi tampilan, susu etawa berwarna lebih putih dibandingkan susu sapi. Susu etawa juga memiliki kandungan lemak lebih rendah dibandingkan susu sapi.

Perlu diperhatikan reaksi tubuh Anda setelah mengonsumsi susu etawa, tidak semua individu bisa menerima kandungan dan manfaat susu etawa.

Untuk meminimalisir risiko efek samping sebaiknya minum susu etawa sesuai anjuran.

Apa saja nutrisinya?

Susu etawa memiliki banyak manfaat untuk menunjang tubuh menjadi lebih sehat karena susu etawa mengandung karbohidrat, protein, lemak, kalsium, kalium, magnesium, sodium, fosfor, zat besi, natrium, vitamin A, vitamin B2, vitamin B3, dan laktoferin.

Kandungan vitamin A dan vitamin B pada susu etawa juga lebih banyak dibandingkan susu sapi. Selain bersifat anti-inflamasi, susu etawa mengandung prebiotik yang lebih tinggi dibandingkan susu sapi. Berdasarkan hal tersebut, susu etawa memiliki keunggulan yang cukup mencolok dibandingkan dengan susu lainnya.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh United State Department of Agriculture (USDA), gizi susu etawa hampir setara dengan ASI. Pada 100 gram susu kambing mengandung 3-4% protein, 4-7% lemak, 4.5% karbohidrat, 134 gram kalsium, dan 111 gram fosfor. Apabila dilihat dari segi rasa, susu etawa memiliki rasa lebih gurih dibandingkan dengan susu lainnya.

Berdasarkan berbagai macam nutrisi dan keunggulannya, susu etawa sangat baik dikonsumsi untuk tubuh karena susu etawa dapat membantu tumbuh kembang anak, pertumbuhan tulang, meningkatkan sistem kerja pencernaan, dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Namun, tidak dapat dipungkiri bahwa susu etawa jarang dikonsumsi karena kebanyakan orang memiliki mindset bahwa susu etawa memiliki rasa yang amis dan aneh. 

Namun, Anda jangan khawatir karena Nutriflakes hadir dan diformulasikan khusus untuk memudahkan Anda dalam mendapatkan berbagai macam nutrisi dari susu etawa.

pesan nutriflakes sereal asam lambung
Sereal Nutriflakes dengan Kebaikan Susu Etawa

Rasa susu etawa pada Nutriflakes telah dikombinasikan dengan bahan-bahan alami lainnya yang aman dikonsumi dalam jangka panjang karena tidak menimbulkan efek samping sehingga rasa susu etawa dalam Nutriflakes lebih lezat dan nutrisinya makin melimpah.

Kandungan utama Nutriflakes berupa susu etawa yang kaya nutrisi juga menjadikan Nutriflakes sebagai makanan sehat sehingga sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi dan membersamai Anda menjadi lebih sehat. Nutriflakes sendiri aman dikonsumsi oleh seluruh kalangan, dari anak-anak usia dua tahun hingga lanjut usia.

Sehat bukanlah kesembuhan atas segala sesuatu yang telah mengalami sakit. Sehat itu juga bukan hal yang sifatnya sessional karena sehat yang sebenarnya bersifat jangka panjang. Oleh karena itu, Nutriflakes siap membersamai Anda untuk menjadi lebih sehat.

Tunggu apalagi? Segera order Nutriflakes dengan cara klik link berikut ini!

About the Author

Sapfa Rista Monika

Kesehatan merupakan hal yang paling berharga. Sebagai seseorang yang memiliki minat besar di dunia literasi, saya senang berbagi informasi kesehatan melalui tulisan yang bermanfaat.

View All Articles