Nutriflakes® Official Website

+62 821-3573-2036
STOP! Sayuran berikut ini yang Tidak Boleh Dimakan Penderita Asam Lambung
 
STOP! Sayuran berikut ini yang Tidak Boleh Dimakan Penderita Asam Lambung

STOP! Sayuran berikut ini yang Tidak Boleh Dimakan Penderita Asam Lambung

Seseorang yang memiliki penyakit asam lambung, biasanya akan sangat berhati-hati dalam memilih makanan termasuk sayuran. Meskipun sayuran mengandung banyak sekali nutrisi, tapi ternyata ada beberapa sayuran yang tidak boleh dimakan penderita asam lambung, lho!

Sayuran yang tidak boleh dimakan oleh penderita asam lambung adalah sayuran yang menghasilkan gas di dalam usus karena sayuran ini dapat memperburuk gejala GERD.

Apa saja sayuran yang tidak boleh dimakan penderita asam lambung?

1. Kol 

daun kol

Mengandung berbagai macam nutrisi untuk tubuh, kol sering kali dijadikan sebagai masakan yang sangat digemari oleh semua kalangan seperti tumis sayur kol, kol goreng, ataupun topping pada soto.

Namun, bagi Anda yang menderita asam lambung harus hati-hati, ya! Hal ini dikarenakan kol termasuk ke dalam sayuran yang tidak boleh dimakan penderita asam lambung. Mengapa kol menjadi salah satu sayuran yang tidak boleh dimakan penderita asam lambung?

Kol dapat menyebabkan timbulnya gas dalam lambung sehingga asam pada lambung akan meningkat yang memicu naiknya asam lambung. Selain itu, kol termasuk ke jenis sayuran yang sulit dicerna oleh sistem pencernaan karena mengandung rafinosa.

Sehingga, ketika melewati usus besar, kol akan sulit dipecah oleh bakteri, dan hasil dari pemecahannya akan menciptakan karbon dioksida, hidrogen, dan metana. Oleh karena itu, produksi gas berlebihan ini akan menyebabkan kembung pada perut sehingga memperburuk penyakit asam lambung.

2. Bawang Putih

bawang putih

Bawang putih merupakan bumbu dapur yang wajib ada ketika mengolah bahan mentah menjadi makanan lezat. Tapi ternyata, bawang putih memiliki PH yang asam, lho. Sehingga, konsumsi bawang putih secara berlebihan sangat tidak dianjurkan.

Konsumsi bawang putih secara berlebihan, dapat meningkatkan keasaman pada lambung sehingga memicu asam lambung. Gejala yang ditimbulkan setelah konsumsi bawang putih secara berlebihan, yaitu naiknya asam lambung dan dada seperti terbakar.

Oleh karena itu, bawang putih termasuk sayuran yang tidak boleh dimakan penderita asam lambung.

3. Sawi Putih

sawi putih

Sawi putih sangat digemari oleh masyarakat, terutama bagi penyuka sayur. Selain itu, sawi putih juga dapat diolah menjadi berbagai macam makanan salah satunya kimchi. Namun, tahukah Anda bahwa sawi putih termasuk ke dalam jenis sayuran yang tidak boleh dimakan penderita asam lambung?

Sawi putih mengandung gula rafinosa yang dapat meningkatkan produksi gas di dalam pencernaan seperti karbon dioksida, hidrogen, dan metana sehingga konsumsi sawi putih berisiko menjadi penyebab perut kembung.

Jika diolah menjadi makanan seperti kimchi, PH sawi putih akan menurun sehingga lebih rendah yaitu sekitar 4,1. Oleh karena itu, mengonsumsi sawi putih bisa memicu penyakit asam lambung. 

4. Bawang Bombai

bawang bombai

Hidangan bawang bombai memang sangat digemari karena rasanya yang lezat. Namun, bagi penderita asam lambung, konsumsi bawang bombai harus dibatasi karena bawang bombai mengandung fruktosa.

Di dalam pencernaan, zat tersebut tidak dicerna di usus halus melainkan dicerna oleh bakteri yang ada di usus besar sehingga akan menghasilkan gas yang akan dikeluarkan melalui kentut. Selain itu, fruktosa juga menyebabkan perut kembung. Oleh karena itu, bawang bombai termasuk ke dalam sayuran yang tidak boleh dimakan penderita asam lambung.

5. Cabai

cabai merah

Cabai merupakan komponen penting dalam sebuah masakan dan pada umumnya cabai disukai karena dapat menambah rasa pedas serta nikmat makanan. Tapi ternyata, cabai menjadi salah satu sayuran yang tidak boleh dimakan penderita asam lambung, lho!

Rasa pedas dan panas dari cabai berasal dari zat capsaicin. Kandungan Capsaicin dalam cabai dapat mengiritasi lambung. Selain itu, zat capsaicin juga dapat memperlambat kerja sistem pencernaan. Oleh karena itu, jangan terlalu berlebihan mengonsumsi cabai, ya! Selain pedas, cabai juga termasuk ke dalam sayuran yang tidak boleh dimakan penderita asam lambung.

Sayuran memang sering kita jumpai dalam bentuk masakan. Tapi terdapat beberapa sayuran yang tidak boleh dikonsumsi penderita asam lambung. Jadi, jangan asal-asalan konsumsi sayur, ya!

Keep healthy because your happiness are what you eat!

Baca juga: Tips Ampuh Cara Menjaga Kesehatan Lambung