Home » Artikel Nutriflakes » Deretan Sayur yang Mengandung Vitamin B Tinggi

Melihat fungsi vitamin B yang sangat penting untuk kesehatan, menandakan kita harus selalu memenuhi kebutuhan tersebut. Salah satu cara untuk memenuhi kebutuhan ini bisa lewat berbagai macam sayur yang mengandung vitamin B.

Mengapa kita membutuhkan vitamin B?

Vitamin merupakan salah satu nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Namun, tubuh ternyata hanya membutuhkannya dalam jumlah yang kecil sehingga vitamin ini masuk dalam jenis nutrisi mikro.

Salah satu jenisnya adalah vitamin B, sebuah vitamin yang mudah larut di dalam air. Tubuh kita sangat membutuhkan vitamin B karena jika kita kekurangan akan vitamin B dapat menyebabkan beberapa gangguan kesehatan, misalnya:

  • Terkena penyakit beri-beri.
  • Muncul gangguan anemia (kekurangan darah merah).
  • Gangguan kulit, seperti kulit kering, bersisik, ruam-ruam merah, dan lain-lain.
  • Mulut atau bibir menjadi pecah-pecah.
  • Gangguan sistem saraf dan otot.
  • Badan menjadi mudah letih dan lesu.
  • Gangguan penglihatan.
  • Bahkan bisa sampai menimbulkan kecacatan pada janin yang dikandung.

Artinya, akan sangat berbaya ketika kita menyepelekan pemenuhan akan vitamin B ini. Sebab, beberapa gangguan kesehatan di atas bisa sangat fatal jika kita biarkan terus-menerus.


Kelompok sayuran (sumber: canva)

6 Sayur yang Mengandung Vitamin B

Memenuhi kebutuhan ini harus lewat berbagai makanan yang banyak mengandung vitamin B karena tubuh tidak dapat membentuk vitamin. Berikut ini adalah beberapa jenis sayuran yang tinggi akan vitamin B:

  • Bayam

Sayuran hijau yang mudah ditemukan di Indonesia ini ternyata dapat menjadi sumber vitamin B. Bayam sangat terkenal akan kandungan asam folat (vitamin B9) dan zat besinya. Dalam 100 gram bayam bisa memenuhi 41% dari kebutuhan vitamin B harian kita.

  • Selada

Sayur yang sering kita temui dalam sandwich atau salad ternyata memiliki kandungan vitamin B yang kita butuhkan. Selada dapat memberikan vitamin B 29% dari kebutuhan harian. Sayur hijau muda ini memiliki banyak manfaat, seperti menjaga kesehatan kulit, mata, jantung, dll.

  • Lobak

Sayur unik yang berwarna putih ini juga memiliki kandungan vitamin B. Lobak sendiri dapat memenuhi kebutuhan vitamin B9 (asam folat) sebanyak 25% dari kebutuhan harian kita. Selain itu, lobak sangat bagus untuk mencegah kanker, osteoporosis, dan lain sebagainya.

  • Mentimun

Sayur yang mengandung vitamin B selanjutnya adalah mentimun. Selain memenuhi kebutuhan cairan, timun memiliki kandungan vitamin B yang beragam. Manfaat timun sendiri sangat banyak seperti mencegah kanker, menguatkan tulang, dan lain-lain.

  • Sayur Asparagus

Asparagus memiliki beberapa jenis vitamin B, seperti vitamin B9, vitamin B2, dan vitamin B1. Sayur panjang berwarna hijau ini berguna untuk melindungi organ hati. Beberapa kandungan ini pun baik untuk kesehatan janin ketika hamil, mencegah kanker, dan mengontrol gula darah.


Sayur asparagus (sumber: canva)

  • Kelor

Daun kelor adalah salah satu sayuran yang sangat mudah untuk kita temui. Namun, masih banyak masyarakat yang kurang mengenal kelor sehingga sayur ini jarang untuk dimanfaatkan. Padahal kandungan kelor di dalamnya sangat baik untuk kesehatan.

Kelor sangat kaya akan vitamin B6, dalam 100 gramnya dapat memberi asupan vitamin B6 sebanyak 1200 mg. Selain itu, kelor juga masih mempunyai kandungan vitamin B1 dan vitamin B2.

Kesimpulan Sayuran Sumber Vitamin B

Berdasarkan penjelasan di atas, kita dapat memenuhi kebutuhan vitamin B melalui beberapa sayur yang banyak mengandung vitamin B. Mulai dari bayam, selada, kelor, mentimun, asparagus, dan lobak.

Cara lainnya juga dapat menggunakan Nutriflakes sebagai makanan sehari-hari. Sebab, salah satu bahan alami di dalam Nutriflakes ini menggunakan kandungan daun kelor di atas.

Nutriflakes adalah sereal umbi garut yang memiliki efek terapi untuk kesehatan. Efek tersebut dapat mengatasi asam lambung, menjaga kesehatan pencernaan, mengurangi kolesterol, dan memenuhi kebutuhan nutrisi harian kita.

Demikian ulasan mengenai jenis-jenis sayur yang mengandung vitamin B tinggi, semoga dapat bermanfaat.

Nutriflakes, nutrisi terpenuhi kesehatan terjamin!

About the Author

Yunita Isna Fauziyyah

Penulis yang senang berbagi informasi mengenai kesehatan, masalah pencernaan, problem solving, keadaan saat ini, dsb yang bermanfaat bagi masyarakat.

View All Articles