Protein hewani adalah salah satu jenis protein yang berasal dari hewan dan diolah sehingga aman untuk dikonsumsi. Konsumsi antara protein nabati dan hewani harus lah seimbang agar kesehatan tetap terjamin.

Kekurangan nutrisi protein bisa sangat fatal bagi kita semua. Sebab, dapat menimbulkan permasalahan baru dalam hal kesehatan. Beberapa penyakit yang disebabkan karena kurangnya protein adalah hipoproteinemia, kwashiorkor, dan marasmus.


Kelompok protein hewani (sumber: canva)

Protein sangat dibuthkan oleh manusia karena bertugas untuk membangun jaringan serta menjaga jaringan yang telah ada. Berdasarkan buku Gizi Seimbang Dalam Daur Kehidupan, kebutuhan protein anak muda cenderung lebih besar daripada orang tua.

Namun, tentu saja semua orang tetap membutuhkan protein walaupun jumlahnya memang berbeda. Ada yang mengatakan bahwa sumber protein hewani ini dianggap lebih baik daripada protein yang berasal dari nabati.

Nutrisi protein dianggap sangat penting karena memiliki peran yang sangat penting di dalam tubuh. Tujuannya adalah agar fungsi-fungsi dalam tubuh bisa berjalan dengan lancar. Berikut ini adalah beberapa fungsi dari protein:

  • Meingkatkan kekebalan tubuh
  • Membangun dan memelihara jaringan manusia.
  • Sebagai pengangkut dan penyimpan zat-zat yang penting dalam tubuh.
  • Membangkitkan dan menghantarkan impuls saraf.

Memenuhi kebutuhan protein ini bisa dengan cara mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung nutrisi tersebut.


Salah satu jenis ikan (sumber: canva)

5 Contoh Bahan Pangan yang Mengandung Protein Hewani

Makanan dan minuman ini bisa saja masuk dalam kelompok bahan pangan protein hewani. Berikut ini adalah makanan atau minuman yang megandung protein hewani adalah:

  • Ikan

Protein yang berasal dari ikan ini sangat baik untuk kesehatan. Selain itu, ikan bisa memberikan rasa kenyang yang lama setelah makan. Jenis-jenis ikan yang mengandung protein ini banyak sekali jenis.

Contohnya adalah ikan salmon, tuna, lele, tenggiri, sarden, dan ikan kod. Bahan-bahan ini bisa menggantikan bahan lainnya jika kita bosan dengan makanan tertentu.

  • Daging

jenis makanan yang mengandung protein
Daging merah (sumber: canva)

Jenis daging yang mengandung protein ini bisa dibagi menjadi dua kelompok, yaitu daging ternak dan daging unggas. Daging ternak terdiri dari sapi, kambing, domba, dsb. Sedangkan daging unggas ini contohnya adalah ayam dan bebek.

Kedua jenis daging ini juga mengandung protein yang tinggi.

  • Telur

Contoh bahan pangan yang termasuk protein hewani selanjutnya adalah telur. Bahan pangan ini menjadi sumber protein yang baik dan sangat mudah untuk ditemui. Selain itu, telur juga bisa diolah menjadi bentuk makanan apapun.

Hal ini yang menjadikan telur sangat populer di kalangan masyarakat Indoenesia. Setiap keluarga pasti menyimpan telur sebagai bahan pangan sehari-hari.

  • Susu

Air susu adalah minuman yang sangat ideal untuk dikonsumsi setiap hari. Susu disebut ideal karena memiliki komposisi kandungan nutrisi dan gizi yang lengkap. Baik lengkap untuk pertumbuhan atau memenuhi kebutuhan nutrisi setiap harinya.

Contohnya adalah susu kambing etawa, memiliki kandungan protein yang sangat tinggi. Bahkan melebihi protein dari susu sapi.

  • Seafood

Protein hewani yang terakhir adalah seafood. Beberapa seafood ternyata memiliki kandungan protein yang tinggi. Contohnya adalah udang, kerang, cumi-cumi, dan teripang. Selain itu, bahan-bahan seafood ini juga sangat lezat ketika selesai dimasak.

jenis makanan yang mengandung protein
Seafood (sumber: canva)

Kesimpulan

Berdasarkan penjelasan di atas, makanan yang termasuk dalam kelompok protein hewani ini banyak sekali. Contohnya adalah ikan, susu, telur, daging, dan seafood. Artinya, kita memiliki banyak pilihan makanan dalam memenuhi kebutuhan protein sehari-hari.

Oleh karena itu, kita tidak perlu pusing memikirkan makanan apa yang bisa membantu memenuhi kebutuhan protein. Sebab, makanan-makanan di atas sangat berlimpah di sekitar kita.

Dengan terpenuhinya kebutuhan protein, kita juga bisa terhindar dari berbagai penyakit yang merugikan diri sendiri.

Demikian ulasan mengenai protein hewani, semoga dapat bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari.

About the Author

Yunita Isna Fauziyyah

Penulis yang senang berbagi informasi mengenai kesehatan, masalah pencernaan, problem solving, keadaan saat ini, dsb yang bermanfaat bagi masyarakat.

View All Articles