Walaupun sama-sama memiliki nama lambung, ternyata terdapat perbedaan antara tukak lambung dan asam lambung naik. Mari pelajari perbedaan yang ada pada kedua gangguan ini agar kita bisa mengatasi dengan baik.

Organ lambung merupakan salah satu organ dalam sistem pencernaan yang memiliki berbagai macam-macam gangguan kesehatan. Hal ini mungkin disebabkan karena organ lambung memiliki kontak langsung dengan makanan yang masuk.

Gangguan pada lambung ini memberikan perasaan tidak nyaman bagi orang yang menderitanya. Bahkan, pada beberapa kasus, aktivitas rutin seseorang juga bisa terganggu karena rasa sakit yang dirasakan.

Oleh karena itu, menjaga kesehatan sistem pencernaan ini sangat penting karena dapat menentukan keadaan sistem lain yang ada pada tubuh. Sebab, pencernaan merupakan sistem yang sangat berperan penting dalam kehidupan sehari-hari.

Perbedaan Tukak Lambung dan Asam Lambung Naik (GERD)

Salah satu gangguan kesehatan yang menyerang sistem pencernaan adalah tukak lambung serta refluks asam (GERD). Kedua gangguan kesehatan ini mempunyai kesamaam, yaitu sama-sama gangguan yang berasal dari organ lambung.

Namun, walaupun memiliki kata lambung, tukak lambung dan refluks asam ini merupakan gangguan kesehatan yang berbeda esensinya. Apa saja perbedaan ini? Mari kita pelajari lebih lanjut.


Asam lambung naik (sumber: canva)

Gangguan Asam Lambung Naik (GERD)

Sebelum membahas perbedaan antara tukak lambung dan asam lambung naik ini lebih baik jika kita mengetahui gangguan ini secara terpisah.

Asam lambung naik adalah sebuah keadaan di mana cairan asam dalam organ lambung naik ke saluran karongkongan (esofagus). Hal ini akan membuat perasaan panas di sekitar perut hingga bagian dada.

Asam lambung naik yang terjadi terus-menerus dan lebih dari dua kali dalam seminggu ini biasa kita sebut dengan GERD. Penyebab utama dari gangguan kesehatan ini adalah kinerja katup esofagus yang sudah tidak optimal.

Katup esofagus adalah cincin otot yang membatasi antara lambung dengan kerongkongan. Apabila otot ini tidak dapat bekerja dengan baik, maka makanan dan cairan asam lambung ini dapat dengan mudah naik ke kerongkongan.

Penyakit Tukak Lambung

Sedangkan tukak lambung adalah kondisi di mana lapisan mukosa lambung mengalami luka yang menyebabkan rasa nyeri perut. Secara singkat, tukak lambung dapat terjadi ketika lapisan mukus dalam lambung sudah menipis.

penyakit tukak lambung
Penyakit tukak lambung (sumber: canva)

Di saat yang bersamaan asam lambung yang berada di dalamnya lalu mengenai jaringan lambung secara langsung. Akibatnya, lambung akan terluka mengingat asam lambung ini memiliki sifat yang merusak.

Penyebab utama pada penyakit tukak lambung ini adalah infeksi dari bakteri helicobacter pylori dan konsumsi obat antiinflamasi yang terus-menerus. Selain itu, juga terdapat beberapa faktor yang bisa meningkatkan risiko penyakit tukak lambung, yaitu:

  • Kebiasaan merokok.
  • Keadaan stres yang tidak terkelola dengan baik.
  • Banyak mengonsumsi makanan pedas dan asam serta lemak tinggi.
  • Kebiasaan meminum minuman kafein.

Jikalau berbicara mengenai gejala, tukak lambung dan asam lambung naik ini memiliki tanda-tanda yang menyerupai. Oleh karena itu, hal ini sulit untuk dibedakan. Berikut ini adalah beberapa gejala dari tukak lambung dan refluks asam:

  1. Perut merasakan rasa nyeri dalam beberapa menit atau jam.
  2. Nafsu makan menurun.
  3. Perut terasa kembung.
  4. Mual dan muntah.

Hanya saja pada asam lambung naik, penderita akan merasakan perasaan panas di area perut hingga dada. Sedangkan pada tukak lambung sendiri, nyeri pada perut ini akan terus terasa. Nyeri ini juga bisa memburuk kapan saja, apalagi ketika perut dalam keadaan kosong.

Kesimpulan Tukak Lambung dan Asam Lambung Naik (GERD)

Berdasarkan penjelasan di atas, jika tidak diperiksa secara langsung oleh dokter, kedua gangguan pencernaan ini memang hampir sama. Namun, secara esensi kedua gangguan pencernaan ini memiliki arti yang berbeda.

penyakit tukak lambung
Sakit perut (sumber: canva)

GERD dan tukak lambung merupakan salah satu dari jenis-jenis gangguan pencernaan yang sama-sama terjadi pada organ lambung. Walaupun sama, tapi keduanya memiliki perbedaan yang signifikan.

Asam lambung naik sendiri merupakan gangguan di mana cairan naik dan mengganggu saluran kerongkongan. Sedangkan tukak lambung lebih kepada luka yang muncul pada lapisan mukosa lambung.

Di mana salah satu hal yang mendorong dari luka lambung ini adalah asam lambung yang kambuh. Oleh karena itu, asam lambung naik ini bisa dikatakan sebagai salah satu bagian atau proses dari terjadinya luka pada lambung atau tukak lambung.

Di lain pihak, kedua gangguan pencernaan ini juga mempunyai kesamaan, yaitu dapat kita cegah atau tangani dengan mengonsumsi Nutriflakes. Sebuah sereal umbi garut yang sangat ramah bagi sistem pencernaan.

Salah satu manfaat utama dari Nutriflakes adalah mengatasi asam lambung naik (GERD) dan maag, serta menjaga kesehatan sistem pencernaan.

Demikian uraian mengenai perbedaan dari gangguan pencernaan tukak lambung dan asam lambung naik, semoga dapat bermanfaat.

Nutriflakes, rahasia pencernaan sehat dan aman!

Baca juga:

Pertolongan Pertama Asam Lambung Naik

About the Author

Yunita Isna Fauziyyah

Penulis yang senang berbagi informasi mengenai kesehatan, masalah pencernaan, problem solving, keadaan saat ini, dsb yang bermanfaat bagi masyarakat.

View All Articles