Banyaknya produk obat asam lambung di apotek seringkali membuat kita lupa bahwa ada alternatif alami ketika obat tidak tersedia atau dalam situasi darurat.

Asam lambung, yang membantu mencerna makanan dalam sistem pencernaan, dapat menyebabkan ketidaknyamanan dan bahkan rasa sakit yang tak tertahankan jika produksinya berlebihan.

Penyebab umum peningkatan asam lambung melibatkan jenis makanan tertentu, seperti makanan berminyak dan tinggi kolesterol. Saat obat asam lambung dari apotek tidak tersedia, beberapa campuran herbal dapat dijadikan solusi alternatif.

Berikut adalah beberapa ramuan herbal untuk masalah asam lambung yang dapat dijadikan opsi, seperti yang dilaporkan oleh berbagai sumber:

1. Teh Herbal

Minuman teh herbal dapat membantu mengatasi masalah asam lambung dengan meredakan rasa mual dan meningkatkan kelancaran sistem pencernaan. Pilihlah teh herbal tanpa kafein, seperti teh chamomile dan licorice.

Licorice, atau akar manis, dapat meningkatkan lapisan lendir di esofagus untuk melindunginya dari iritasi akibat asam lambung. Sajikan dengan cara menyeduh satu sendok teh herbal dalam satu cangkir air panas, lalu diamkan selama lima hingga 10 menit. Untuk hasil maksimal, minumlah dua hingga empat cangkir teh herbal saat istirahat.

2. Jahe

Jahe dapat diolah menjadi minuman untuk menurunkan tingkat asam lambung yang tinggi. Air rebusan jahe atau penambahan jahe dalam hidangan lain dapat membantu mengatasi gejala asam lambung.

3. Pisang

Pisang, yang kaya kalium dan serat, dapat dijadikan obat herbal untuk masalah asam lambung. Selain itu, pisang juga efektif dalam menjaga kesehatan sistem pencernaan. Konsumsilah secara rutin untuk mendapatkan manfaatnya.

4. Semangka

Jus semangka tanpa gula dapat dijadikan obat asam lambung dengan mengurangi jumlah asam lambung, sehingga heartburn tidak lagi dirasakan.

5. Susu Dingin

Susu dingin, dengan kandungan kalsiumnya, dapat membantu menurunkan produksi asam lambung. Konsumsi rutin juga memberikan nutrisi penting untuk tubuh.

6. Air Kelapa

Minum air kelapa dapat membantu menjaga tingkat asam lambung tetap stabil dan memberikan manfaat lainnya, seperti menjaga kesehatan sistem pencernaan dan mencegah dehidrasi.

Baca juga:
Perhatikan! Tips Mengatasi Asam Lambung dengan Komitmen
Titik Pijat Sesak Nafas Akibat Asam Lambung Kumat!

Cara Menghilangkan Rasa Mual karena Asam Lambung

·         Minum Air Putih Cukup: Kekurangan cairan dapat memperburuk rasa mual akibat asam lambung. Minumlah air putih secukupnya untuk menetralkan kadar asam dalam lambung dan meredakan gejala maag.

·         Tidak Berbaring Setelah Makan: Hindari berbaring setelah makan, karena dapat menyebabkan naiknya asam lambung menuju kerongkongan.

·         Batasilah Konsumsi Susu: Batasi konsumsi susu, karena dapat meningkatkan kadar asam lambung dan memperparah gejala maag.

·         Hindari Minuman Beralkohol dan Berkafein: Minuman beralkohol dan berkafein dapat merangsang produksi asam lambung, sehingga sebaiknya dihindari.

·         Makan Secara Perlahan: Makan perlahan dapat mencegah produksi gas berlebih dalam saluran pencernaan yang memperburuk gejala maag.

·         Makan dengan Porsi Sedikit Namun Sering: Hindari makan berlebihan dan konsumsi makanan dalam porsi kecil namun sering.

·         Konsumsi Sari Jahe: Jahe mengandung zat antiemetik yang dapat meredakan rasa mual secara alami. Rebus jahe dalam air mendidih selama 5–8 menit dan tambahkan perasan lemon untuk kesegaran.

·         Meninggikan Posisi Kepala saat Tidur: Tidur dengan kepala lebih tinggi dapat mencegah naiknya asam lambung yang memperburuk rasa mual.

·         Minum Obat: Konsumsi obat antiemetik, seperti Bismuth subsalicylate, untuk melindungi lapisan lambung dan meredakan rasa mual akibat asam lambung naik.

Dengan menjadwalkan konsultasi dengan dokter jika gejala berlanjut, Anda dapat menentukan pilihan terbaik untuk mengatasi masalah asam lambung.

About the Author

Rizkiawan Candra

Highly interested in content writing and passionate in digital contents. Currently learning about Search Engine Optimization.

View All Articles