Banyak yang tidak mengetahui manfaat dari konsumsi nasi merah untuk asam lambung. Pasalnya, selama ini nasi merah hanya dikenal sebagai sumber karbohidrat yang sehat pengganti nasi putih dan sangat cocok dijadikan menu untuk diet.

Nasi merah berasal dari beras atau biji-bijian utuh yang dinilai lebih banyak mengandung nutrisi dan serat dibandingkan dengan nasi putih. Nasi merah merupakan sumber karbohidrat yang rendah kalori, tinggi serat, gluten free, dan tidak mengandung lemak trans.

Fakta Nutrisi Beras Merah

Di dalam 100 gram beras merah, mengandung nutrisi sebagai berikut:

  • Air: 64 gram
  • Energi: 149 kalori
  • Protein: 2,8 gram
  • Lemak: 0,4 gram
  • Karbohidrat: 32,5 gram
  • Serat: 0,3 gram
  • Kalsium: 6 miligram
  • Fosfor: 63 miligram
  • Zat besi: 0,8 miligram
  • Natrium: 5 miligram
  • Kalium: 91,4 miligram
  • Magnesium: 43 miligram
  • Seng: 0,9 miligram
  • Tembaga: 0,20 mikrogram
  • Vitamin B3: 1,6 miligram
  • Vitamin B1: 0,06 miligram

Selain nutrisi tersebut, nasi merah juga mengandung antioksidan yang berasal dari flavonoid, seperti antosianin apigenin, myricetin, dan quercetin.

Antosianin pada nasi merah merupakan kelompok dari senyawa fenolik, pembuat warna merah dan ungu seperti kol, bawang merah, dan jenis makanan alami lainnya.

Berkat kandungan nutrisi dan antioksidan dari nasi merah tersebut, nasi merah mengandung sejumlah manfaat, termasuk manfaat nasi merah untuk asam lambung.

Baca:

Lauk Pauk untuk Pengidap Asam Lamung yang Aman dan Bergizi

Manfaat Nasi Merah untuk Asam Lambung

1. Mengontrol Berat Badan

Seseorang yang memiliki kelebihan berat badan rentan terkena masalah asam lambung naik. Hal ini terjadi karena lemak yang menumpuk di perut akan meningkatkan tekanan pada lambung, sehingga mendorong terjadinya refluks asam lambung.

Manfaat nasi merah untuk asam lambung berkaitan dengan penurunan berat badan. Hal ini berkat kandungan protein, serat, dan kerbohidrat kompleks di dalam nasi merah, sehingga bisa membuat seseorang merasa kenyang lebih lama saat mengonsumsinya.

2. Melancarkan Pencernaan

Penyakit asam lambung terjadi karena adanya gangguan pencernaan. Sementara itu, manfaat nasi merah untuk asam lambung berkaitan dengan hal ini.

Konsumsi nasi merah bisa membantu melancarkan pencernaan karena nasi merah tinggi serat dan karbohidrat kompleks. Konsumsi nasi merah juga bisa menjaga keseimbangan bakteri baik di dalam usus. Apabila dikonsumsi secara rutin, nasi merah bisa mencegah sembelit dan perut kembung, merupakan gejala yang memperburuk penyakit asam lambung.

3. Membantu Mencegah Diabetes

Diabetes bisa merusak sistem cerna, salah satunya adalah otot pembatas antara lambung dan kerongkongan (sfingter esofagus). Apabila otot tersebut tidak berfungsi secara optimal, bisa menyebabkan asam lambung naik.

Maka dari itu, manfaat nasi merah untuk asam lambung berkaitan dengan pencegahan diabetes karena konsumsi nasi merah bisa membantu mengontrol kadar gula darah dibandingkan beras putih. Hal ini karena nasi merah rendah indeks glikemik.

4. Melawan Radikal Bebas

Radikal bebas bisa menyebabkan stres oksidatif penyebab naiknya asam lambung yang sewaktu-waktu bisa mengiritasi lambung dan menyebabkan peradangan. Maka dari itu, manfaat nasi merah untuk asam lambung berkaitan dengan hal ini.

Nasi merah mengandung antioksidan yang tinggi, berasal dari antosianin kuat. Antioksidan memiliki peran utama dalam melawan radikal bebas, salah satu penyebab asam lambung naik.

5. Menstabilkan Kolesterol

Makanan tinggi kolesterol cenderung mengandung lemak jenuh yang bisa memicu pengosongan lambung, penyebab naiknya asam lambung.

Manfaat nasi merah untuk asam lambung berkaitan dengan penurunan kolesterol berkat kandungan serat di dalamnya. Konsumsi serat bisa membantu mengurangi penyerapan kolesterol di dalam aliran darah.

Itulah beberapa manfaat nasi merah untuk asam lambung yang bisa kamu dapatkan apabila konsumsi nasi merah. Agar manfaat nasi merah untuk asam lambung bisa diperoleh secara optimal, harus diimbangi dengan penerapan pola makan sehat, dan menghindari kebiasaan buruk penyebab asam lambung naik.

Cara Mengonsumsi Nasi Merah untuk Pengidap Asam Lambung

Anda bisa memasak nasi merah layaknya nasi putih, kemudian kombinasikan nasi merah dengan lauk yang aman untuk pencernaan terutama lambung.

Lauk yang aman untuk lambung seperti aneka sayur rendah gas, serta daging tanpa lemak, atau protein alami seperti tahu dan tempe.

Dengan memasukan menu diet sehat tersebut maka risiko asam lambung kambuh dapat diminimalisir.

About the Author

Sapfa Rista Monika

I am part of a universe's storyteller who actualizes beauties through writing what I call art. As a person who has great interest in world of literacy, I love to share many things by writing in benefitness.

View All Articles