Selain adanya infeksi virus atau dehidrasi, meriang karena asam lambung naik juga dapat terjadi. Ternyata asam lambung naik ini tidak hanya menyebabkan sesak napas, tetapi juga menyebabkan kondisi demam pada tubuh.

Meriang adalah suatu keadaan di mana tubuh merasa tidak nyaman dan suhu meningkat. Umumnya meriang ini juga sering disebut dengan demam.

Gangguan meriang ini biasanya disertai dengan beberapa gejala, di antaranya badan merasa dingin sehingga menggigil, nyeri badan, kepala terasa sakit, badan lemas, dan lidah tidak bisa merasa.

Orang sedang mengalami meriang (sumber: canva)

Badan yang tidak fit dan sistem imun yang menurun dapat menjadi penyebab utama pada sakit meriang.

Dilansir dari Medical News Today, pada umumnya meriang dapat disebabkan karena beberapa hal:

  1. Infeksi virus seperti flu, cacar, COVID-19, atau radang tenggorokan.
  2. Efek samping dari penggunaan obat-obat keras.
  3. Aktivitas yang berlebihan sehingga badan menjadi lelah.
  4. Tubuh kekurangan air (dehidrasi).
  5. Penyakit autoimun.

Artinya, penyebab sakit meriang ini bisa dari internal atau eksternal dari tubuh atau badan seseorang. Lalu bagaimana meriang yang dikarenakan oleh asam lambung naik?

Hubungan Asam Lambung Naik dengan Meriang

Kaitan antara meriang dengan asam lambung naik ini sebenarnya dua arah, tidak hanya satu arah. Maksudnya adalah meriang terjadi bisa dikarenakan asam lambung yang naik.

Begitupula sebaliknya, asam lambung naik bisa disebabkan dari keadaan tubuh yang sedang dalam kondisi meriang.

Keluhan meriang dapat disebabkan karena badan kelelahan sehingga stamina badan menjadi menurun. Jika stamina kita menurun, maka sakit asam lambung naik atau GERD dapat terjadi.

Begitu pula sebaliknya, apabila GERD yang biasa dikeluhkan tidak segera ditangani dengan baik, maka dapat menyebabkan peradangan pada bagian kerongkongan dan tenggrokan.

Stamina yang kita miliki pun akan menurun sehingga kita merasa lelah. Badan pun akan mulai mengalami gejala-gejala meriang. Artinya, meriang menjadi salah satu komplikasi asam lambung naik yang tidak segera ditangani.

Hal inilah yang menjadi sumber dari meriang dikarenakan asam lambung naik. Tentu saja badan menjadi berkali-kali tidak nyaman. Ketika asam lambung naik saja membuat tubuh tidak nyaman, apalagi jika ditambah dengan badan yang meriang.

Lalu bagaiman kita mengatasi kedua penyakit yang menjadi satu ini?

Suhu tinggi saat meriang (sumber: canva)

Cara Mengatasi Asam Lambung Naik yang Disertai dengan Meriang

Kita dapat mengatasi meriang karena asam lambung naik dengan tips ampuh cara menjaga kesehatan lambung. Salah satunya dengan mengontrol penyakit asam lambung naik atau GERD yang sedang dialami.

Bagaimana caranya? Berikut beberapa poin yang harus diperhatikan dalam mengontrol GERD:

  1. Konsumsi makanan sehat dan kaya gizi.
  2. Hindari berbagai makanan dan minuman yang masuk dalam pantangan asam lambung naik.
  3. Makan dengan porsi yang kecil tetapi sering.
  4. Jangan suka menunda-nunda makan.
  5. Banyak minum air putih agar tidak dehidrasi.
  6. Istirahat yang cukup
  7. Olahraga dengan teratur. WHO menyarankan agar kita selalu berolahraga minimal 150 menit setiap minggunya.

Agar asam lambung naik ini dapat segera teratasi, lakukan kegiatan di atas dibarengi dengan mengonsumsi sereal sehat Nutriflakes. Nutriflakes dapat memverikan efek terapi penderita asam lambung dengan harapan gerd tidak kambuh lagi.

pesan nutriflakes sereal asam lambung
Sereal Asam Lambung Nutriflakes

Nutriflakes adalah sereal umbi garut yang mempunyai efek terapi pada tubuh. Di mana efek terapi ini digunakan untuk mengatasi penyakit asam lambung naik dan gangguan pencernaan lainnya.

Sereal umbi garut ini menggunakan bahan-bahan alami yang memang memiliki fungsi untuk mengatasi berbagai permasalahan pencernaan, asam lambung naik khususnya.

Nutriflakes juga tidak membawa efek samping seperti obat-obat asam lambung lainnya. artinya, minuman serbuk ini sangat baik dan aman untuk dikonsumsi oleh siapa saja dan dari kalangan mana saja.

Terjamin sehat, Nutriflakes bantu mengatasi asam lambung.

About the Author

Yunita Isna Fauziyyah

Penulis yang senang berbagi informasi mengenai kesehatan, masalah pencernaan, problem solving, keadaan saat ini, dsb yang bermanfaat bagi masyarakat.

View All Articles