Lengan kiri yang terasa pegal atau kesemutan bisa menjadi gejala yang membingungkan dan terkadang mengejutkan. Namun, perlu diingat bahwa kebanyakan kasus pegal atau kesemutan pada lengan kiri tidak langsung terkait dengan masalah lambung atau asam lambung.

Gejala ini lebih sering dikaitkan dengan faktor-faktor lain seperti gangguan sirkulasi, masalah saraf, atau kondisi otot.

Meskipun demikian, beberapa orang melaporkan adanya hubungan antara gejala asam lambung yang parah dengan manifestasi fisik seperti rasa nyeri atau ketidaknyamanan pada area lengan atau dada.

Hal ini dapat terjadi karena saraf yang terkait dengan organ perut dan dada saling terhubung, sehingga ketidaknyamanan di satu area bisa memicu respons di area lain.

Kondisi pegal pada lengan kiri akibat asam lambung seringkali dialami oleh penderita asam lambung, yang merupakan gejala tambahan selain tanda umum seperti heartburn dan sesak nafas.

Asam lambung, juga dikenal sebagai gastroesophageal reflux disease (GERD), terjadi karena pelemahan katup bagian bawah kerongkongan, yang memungkinkan asam lambung naik kembali. Rasa pegal yang menjalar ke lengan dapat menciptakan ketidaknyamanan dan menghambat gerakan.

Mengapa hal ini terjadi dan bagaimana cara menangani pegal pada lengan kiri akibat asam lambung? Simak penjelasannya di sini. Penting untuk dicatat bahwa rasa pegal pada lengan kiri tidak hanya disebabkan oleh asam lambung, melainkan dapat disebabkan oleh beberapa faktor lainnya.

Baca:

Titik Refleksi Asam Lambung pada Tubuh

Cara Mengatasi Pegal pada Lengan Kiri Akibat Asam Lambung

·         Atasi Gangguan Asam Lambung

Gangguan asam lambung yang tidak ditangani dengan baik dapat membuat sensasi pegal pada lengan kiri tetap berlanjut, menghambat aktivitas sehari-hari. Penting untuk mengikuti pengobatan yang diresepkan oleh dokter dan melakukan perubahan gaya hidup yang dianjurkan.

·         Atur Pola Makan

Konsumsi makanan secara teratur dengan gizi seimbang dapat membantu mencegah naiknya asam lambung. Hindari makanan pedas, berlemak, dan asam yang dapat memicu peningkatan asam lambung. Gantilah dengan buah-buahan, sayuran, dan kurangi penggunaan minyak saat memasak. Selain itu, perhatikan kebiasaan makan, hindari makan berlebihan, dan jangan tidur langsung setelah makan.

·         Berhenti Merokok

Rokok dapat menyebabkan iritasi pada lambung, tenggorokan, dan kerongkongan. Oleh karena itu, untuk meminimalkan risiko asam lambung naik dan pegal pada lengan kiri, sebaiknya berhenti merokok.

·         Olahraga Teratur

Melakukan olahraga secara teratur dapat membantu mengurangi risiko asam lambung dan pegal pada lengan kiri. Pilihlah jenis olahraga yang sesuai, seperti jalan santai, berenang, atau peregangan ringan, dan hindari olahraga berintensitas tinggi.

·         Kompres Lengan

Untuk mengurangi nyeri pada lengan kiri bisa dilakukan pengompresan dengan air hangat pada area lengan yang pegal.

·         Istirahat Cukup

Beristirahat dengan cukup dan berkualitas dapat menurunkan risiko asam lambung. Pastikan untuk tidak makan makanan berat sebelum tidur.

·         Hindari Stres

Stres dapat memicu peningkatan asam lambung, sehingga penting untuk mengelola stres dengan baik melalui teknik relaksasi dan manajemen stres.

·         Konsumsi Obat Sesuai Anjuran

Jika dokter meresepkan obat untuk mengatasi asam lambung, pastikan untuk mengikuti anjuran penggunaan obat tersebut.

Penting untuk berkonsultasi dengan dokter untuk diagnosis dan penanganan yang tepat terkait kondisi asam lambung dan gejala pegal pada lengan kiri.

Namun, bila Anda mengalami lengan kiri yang terasa pegal atau kesemutan secara terus-menerus, sangat penting untuk mencari pertolongan medis. Ada beberapa kondisi serius yang dapat menyebabkan gejala ini, termasuk masalah jantung atau sirkulasi.

Jika Anda merasa cemas atau memiliki gejala yang tidak biasa, disarankan untuk berkonsultasi dengan profesional kesehatan. Mereka dapat melakukan pemeriksaan menyeluruh dan memberikan diagnosis yang tepat untuk kondisi Anda. Jangan ragu untuk berbicara secara terbuka dengan dokter Anda tentang gejala yang Anda alami agar mereka dapat memberikan bantuan yang sesuai.

pemesanan_nutri

About the Author

Rizkiawan Candra

Highly interested in content writing and passionate in digital contents. Currently learning about Search Engine Optimization.

View All Articles