Banyak orang yang belum mengetahui manfaat umbi garut bagi kasehatan karena tanaman ini kurang populer di Indonesia. Padahal jenis umbi tidak kalah bermanfaat daripada jenis umbi-umbi lainnya.

Masyarakat Indonesia masih asing dengan tanaman umbi garut. Meski termasuk dalam varietas umbi-umbian, keberadaan umbi garut ini masih kalah dengan jenis umbi lainnya seperti singkong, kentang, talas, dan ubi jalar.

Walaupun kurang familiar di telinga masyarkat, umbi garut ternyata memiliki banyak manfaat yang baik untuk tubuh kita. Namun sebelum membahas berbagai manfaat umbi garut bagi kesehatan, mari kita berkenalan dengan tanaman umbi garut terlebih dahulu.

Apa itu Umbi Garut?

Umbi garut sebenarnya bukan tanaman asli Indonesia. Kendati memiliki nama garut, umbi garut ini bukanlah berasal dari Indonesia atau lebih tepatnya Kabupaten Garut. Tanaman umbi garut ini justru berasal dari negara Filipina dan banyak ditemukan di Kepulauan Kalia dan Amerika Selatan

Berbeda dengan jenis umbi-umbian lain yang banyak hidup dan berkembang di lahan pertanian. Umbi garut ini lebih banyak berkembang di pekarangan rumah pedesaan. Hal ini karena umbi garut lebih sering digunakan sebagai cadangan makanan saat musim paceklik.

Umbi garut juga mempunyai nama lokal lainnya, seperti patat sagu, jelarut, irut, labia walanta, huda sula, peda sula, dan arut. Penyebutan ini mengikuti bagaimana daerah masing-masing memanggil umbi garut ini.

Umbi garut (sumber: canva)

Kandungan di Dalam Umbi Garut

Manfaat umbi garut bagi kesehatan ini pastinya berasal dari berbagai senyawa yang ada di dalam umbi garut. Salah satu kandungan yang terkenal pada umbi garut ini adalah zat patinya. Sebab, Zat pati dalam umbi garut pun dapat dijadikan pengganti dari tepung terigu.

Kandungan utama yang terdapat pada umbi garut adalah senyawa karbohidrat, di mana hampir 25–30% dari keseluruhan umbi garut. Umbi garut juga memiliki kandungan gula yang sangat rendah, bahkan lebih rendah daripada beras, terigu, kentang, dan umbi-umbi launnya.

Selain itu, umbi garut masih mempunyai nutrisi lainnya, seoerti protein, kalori, lemak, kalsium, zat besi, fosfor, air, vitamin B1, dan zat besi. Sedangkan pati umbi garut ini kaya akan senyawa saponin dan flavonoid.

Dua senyawa tersebut bersama karbohidrat dapat membantu menenangkan lambung yang mungkin sedang mengalami masalah.

6 Manfaat Umbi Garut bagi Kesehatan

Umbi garut juga mengandung vitamin dan mineral seperti zat besi, magnesium, fosfor, vitamin B6, kalium, asam folat, riboflavin, dan tiamin. Kandungan nutrisi yang melimpah dari umbi ini, tidak heran jika umbi garut mempunyai banyak manfaat, yaitu:

1. Manfaat Umbi Garut untuk Asam Lambung

Kegunaan pertama umbi garut adalah dapat mengatasi berbagai penyakit lambung. Kandungan pati umbi garut dapat meningkatkan kadar pH lambung, sehingga bisa mengurangi kadar asam dan rasa sakit pada lambung.

Organ lambung (sumber: canva)

Hal ini telah terbukti oleh sebuah penelitian. Kajian ini mengungkapkan bahwa umbi garut dapat berguna sebagai bahan makanan probiotik dan mengandung pati resisten.

Pati resisten yang masuk ke usus besar ini nantinya akan difermentasi menjadi probiotik yang sangat baik dan dapat melawan bakteri jahat. Dengan cara ini, usus terbebas dari bakteri jahat yang dapat menyebabkan berbagai gangguan pencernaan.

Umbi garut tidak hanya menetralkan asam lambung, tetapi juga mengurangi sakit maag kronis dan diare. Umbi garut dapat menghasilkan Lactobacillus sp.

2. Kegunaan Umbi Garut untuk Ibu Hamil

Manfaat umbi garut bagi kesehatan selanjutnya berkaitan dengan perempuan-perempuan dewasa yang tengah dalam masa kehamilan. Dibandingkan dengan umbi-umbian lainnya, umbi garut memiliki kandungan protein yang sangat tinggi.

Pada bagian akarnya, tanaman umbi garut ini mengandung folat atau vitamin B9 yang sangat baik untuk pembentukan DNA janin dalam kandungan. Oleh karena itu, umbi garut ini sangat baik untuk ibu hamil.

Kandungan glutennya yang rendah juga dapat membantu mencegah kembung yang dialami ibu hamil. Sebab, ketika janin tumbuh ini lama-kelamaan akan menekan perut.

Akibatnya, pencernaan lebih lambat dari biasanya, di mana penyebabnya adalah peningkatan hormon progesteron.

3. Manfaat Rimpang Garut untuk Diet

Selain berkhasiat untuk menyembuhkan penyakit lambung, umbi garut juga sangat baik bagi orang-orang yang sedang menjalani program diet. Umbi garut memiliki kandungan karbohidrat dan energi yang cukup tinggi.

Sedangkan kandungan proteinnya ternyata lebih rendah daripada bahan pangan beras, jagung, dan umbi-umbian lainnya. Walaupun demikian, kandungan serat umbi garut ini lebih pendek.

Hasil diet (sumber: canva)

Alhasil, umbi garut akan mudah dicerna dan bertahan lama di dalam tubuh, sehingga sangat baik untuk program diet. Selain itu, umbi garut juga bebas gluten, sehingga sangat aman untuk penderita diabetes.

Kandungan gluten yang rendah ini juga dapat bermanfaat bagi orang yang sensitif terhadap gluten karena kandungan gluten yang tinggi dapat menyebabkan sembelit, diare, dan gas penyebab kembung.

Kandungan gluten yang rendah pada bahan pangan juga dapat membantu menurunkan berat badan.

4. Manfaat Umbi Garut bagi Kesehatan dalam Mengurangi Risiko Anemia

Umbi garut mengandung karbohidrat alami murni dan memiliki kekentalan yang tinggi. Meskipun kandungan protein dan lemak dalam umbi garut rendah, namun kandungan fosfor dan zat besinya jauh lebih tinggi dibandingkan tepung lainnya.

Dengan kandungan fosfor dan zat besi yang tinggi akan membantu dalam mengurangi resiko anemia. Kita bisa mengonsumsi umbi garut dalam bentuk bubuk yang diolah menjadi berbagai makanan olahan hingga diparut dan diperas untuk diminum.

5. Manfaat Garut untuk Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Dalam umbi garut terdapat bakteri aerob lactobacillus sp. yang mengandung probiotik oligosakarida. Mikroorganisme ini mempunyai efek membunuh bakteri berbahaya di saluran usus. Organ usus yang sehat akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Sebab, setelahnya makanan yang masuk ke dalam perut akan diserap dengan baik oleh usus sehingga tubuh mendapatkan nutrisi yang maksimal. Jika tubuh memperoleh nutrisi yang cukup setiap harinya, tentunya hal ini akan membuat imunitas juga semakin tinggi.

6. Manfaat Umbi bagi Kesehatan Otak

Khasiat umbi garut berikutnya yaitu dapat menyehatkan otak. Hal ini dikarenakan umbi garut mengandung asam folat. Senyawa asam folat ini sangat baik untuk mendukung perkembangan otak manusia.

Oleh karenanya, tidak hanya janin yang membutuhkan asam folat, tetapi bayi, anak kecil, dan anak yang sedang proses pertumbuhan.

Kesehatan otak (sumber: canva)

Manfaat Umbi Garut dalam Nutriflakes

Itulah beberapa manfaat umbi garut bagi kesehatan, mulai dari pencernaan hingga kesehatan otak. Kita bisa mendapatkan berbagai manfaat di atas ini dengan mengonsumsi sereal umbi garut Nutriflakes.

Sebab, umbi garut merupakan salah satu bahan utama dalam Nutriflakes, yang memiliki khasiat meredakan asam lambung tinggi. Oleh karenan itu, dengan kita mengonsumsi Nutriflakes secara tidak langsung kita juga bisa mendapatkan manfaat yang baik ini.

Demikian uraian mengenai manfaat umbi garut bagi kesehatan yang banyak sekali ragamnya, semoga dapat bermanfaat.

Nutriflakes, solusi terbaik mengatasi asam lambung!

About the Author

Yunita Isna Fauziyyah

Penulis yang senang berbagi informasi mengenai kesehatan, masalah pencernaan, problem solving, keadaan saat ini, dsb yang bermanfaat bagi masyarakat.

View All Articles