Cuka apel merupakan cuka dari sari apel yang difermentasi. Selain digunakan sebagai bahan makanan, cuka apel juga dapat memberikan manfaat di bidang kesehatan karena kandungan berbagai macam nutrisi di dalamnya.

Manfaat minum cuka apel sebelum tidur juga dapat kita semua rasakan untuk kesehatan tubuh. Apa saja manfaat minum cuka apel sebelum tidur?

Cuka apel juga dikenal sebagai obat alami untuk membantu mengatasi berbagai macam masalah kesehatan. Kandungan probiotik di dalam cuka apel juga dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan tubuh secara menyeluruh.

Manfaat Minum Cuka Apel Sebelum Tidur

Manfaat minum cuka apel dapat kita semua rasakan apabila mengonsumsinya sebelum tidur di malam hari. Berikut manfaat minum cuka apel sebelum tidur yang dilansir dari Healthy Active:

1. Membantu Menjaga Berat Badan

Manfaat minum cuka apel sebelum tidur, salah satunya dapat membantu menjaga berat badan berkat kemampuannya dalam meningkatkan rasa kenyang.

Seseorang yang merasa kenyang setelah minum cuka apel lebih dapat mengontrol nafsu makan, sehingga tidak menyebabkan kenaikan berat badan.

2. Membantu Mengurangi Asam Lambung

Manfaat minum cuka apel sebelum tidur berikutnya, yaitu dapat membantu mengurangi gejala asam lambung, seperti nyeri ulu hati atau refluks asam.

Manfaat minum cuka apel ini dapat dirasakan apabila mengonsumsinya dengan cara diencerkan dengan segelas air. Tapi sebaiknya, konsultasikan ke dokter terlebih dahulu.

Baca:

Waktu yang Tepat Mengonsumsi Cuka Apel?

3. Membantu Mengontrol Kadar Gula Darah

Cuka apel dapat meningkatkan sensitivitas insulin dan membantu agar glukosa dapat digunakan secara lebih efektif. Maka dari itu, membantu mengontrol kadar gula darah dapat dikatakan sebagai manfaat minum cuka apel sebelun tidur.

4. Membantu Meningkatkan Kualitas Tidur

Minum cuka apel sebelum tidur dapat membantu meningkatkan kualitas tidur berkat kandungan asam amino di dalamnya. Kandungan asam amino ini sangat befungsi dalam siklus tidur.

5. Membantu Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Kesehatan pencernaan dapat meningkat apabila Anda konsumsi cuka apel sebelum tidur. Minum cuka apel sebelum tidur dapat membantu menghindari Anda dari masalah pencernaan. Konsumsi cuka apel sebelum tidur dapat membantu asam lambung untuk mencerna makanan secara lebih optimal.

6. Membantu Melawan Radikal Bebas

Radikal bebas dapat menyebabkan kerusakan sel tubuh seiring berjalannya waktu. Maka dari itu, Anda dapat konsumsi cuka apel sebelum tidur agar tubuh dapat memanfaatkan kandungan antioksidan cuka apel secara lebih optimal.

7. Membantu Menghambat Pertumbuhan Bakteri

Cuka apel mengandung asam asetat yang berperan sebagai antimikroba, sehingga dapat menghambat pertumbuhan bakteri di dalam pencernaan. Hal ini dapat membuat sistem pencernaan tubuh menyerap nutrisi secara lebih optimal.

8.  Membantu Mencegah Bau Mulut di Pagi Hari

Manfaat minum cuka apel sebelum tidur berikutnya, yaitu dapat membantu mencegah bau mulut di pagi hari. Hal ini berkat kemampuan dari cuka apel dalam membunuh bakteri dan meningkatkan kebersihan mulut.

Manfaat minum cuka apel sebelum tidur tersebut dapat Anda rasakan apabila mengonsumsi cuka apel dengan cara yang baik dan benar. Maka dari itu, diperlukannya pula pemahaman tentang cara konsumsi cuka apel sebelum tidur.

Baca:

Cara Menyimpan Cuka Apel yang Baik Setelah Dibuka

Cara Minum Cuka Apel Sebelum Tidur

Sebaiknya, hindari konsumsi cuka apel sebelum tidur tanpa melarutkannya terlebih dahulu.

Larutkan cuka apel ke dalam air putih dengan perbandingan 1:10. Sebagai contoh, 1 sendok makan cuka apel dapat dicampurkan dengan 10 sendok makan air putih. Sebaiknya, Anda tidak konsumsi lebih dari 2 sendok makan cuka apel dalam sehari.

Apabila Anda ingin minum cuka apel secara rutin, sebaiknya konsultasikan ke dokter terlebih dahulu untuk mendapatkan arahan yang tepat.

About the Author

Sapfa Rista Monika

I am part of a universe's storyteller who actualizes beauties through writing what I call art. As a person who has great interest in world of literacy, I love to share many things by writing in benefitness.

View All Articles