Air nira aren berasal dari cairan yang disadap dari bunga jantan pohon aren. Air nira aren berwarna bening dan memiliki rasa yang manis. Selain digunakan sebagai bahan utama pembuatan gula aren, air nira aren juga banyak digunakan untuk membuat minuman yang menyegarkan.

Lalu, bagaimana manfaat minum air nira aren?

Sebelum mengetahui manfaat minum air nira aren untuk kesehatan, mari kita cari tahu terlebih dahulu fakta nutrisi air nira aren.

Di dalam air nira aren, mengandung:
– Sukrosa: 13,9% – 14,9%
– Protein: 0,2%
– Kadar Lemak: 0,02%

Rasa manis di dalam air nira aren berasal dari kandungan sukrosa di dalamnya. Protein yang terkandung di dalam air nira aren bisa membantu memperkuat sel dan otot tubuh. Selain itu, di dalam 100 ml air nira aren, terdapat kandungan vitamin C sebanyak 16-30 gram. Air nira aren juga mengandung serat yang baik untuk melancarkan pencernaan.

Air nira aren mengandung karbohidrat, vitamin, dan mineral. Di dalam air nira aren juga terkandung fitokimia dan antioksidan yang tinggi.

Bagaimana Manfaat Minum Air Nira Aren?

Manfaat Minum Air Nira Aren

1. Membantu Mencegah Sembelit

Salah satu manfaat minum air nira aren, yaitu bisa membantu mencegah sembelit. Sembelit biasanya terjadi karena seseorang kekurangan asupan serat di dalam tubuh. Padahal, serat memiliki peranan penting untuk melancarkan pencernaan. Itu sebabnya bagi seseorang yang kurang konsumsi serat, cenderung mengalami masalah pencernaan seperti sembelit.

Serat banyak terdapat di dalam buah-buahan dan sayuran. Tapi ternyata selain di dalam buah-buahan dan sayuran, Anda bisa mendapatkan asupan serat dari air nira aren. Untuk membantu mencegah dan mengatasi masalah pencernaan seperti sembelit, Anda bisa minum air nira aren secukupnya agar pencernaan menjadi lebih lancar dan terhindar dari sembelit.

2. Membantu Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Membantu meningkatkan kekebalan tubuh termasuk salah satu manfaat minum air nira aren. Hal ini karena air nira aren tinggi akan kandungan vitamin dan mineral. Selain itu, air nira aren juga bisa berperan sebagai antioksidan yang akan membantu mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas, termasuk mencegah kerusakan sel kekebalan tubuh.

3. Membantu Mencegah Penyakit Kanker

Manfaat minum air nira aren yang tidak kalah penting adalah bisa membantu mencegah penyakit kanker. Manfaat ini bisa dirasakan karena air nira aren mengandung antioksidan dan fitokimia yang tinggi. Sehingga, kandungan ini sangat membantu tubuh dalam melawan radikal bebas penyebab kanker.

4. Membantu Menjaga Kesehatan Kulit

Manfaat minum air nira aren yang juga bisa dirasakan, yaitu membantu menjaga kesehatan kulit. Hal ini karena air nira aren mengandung vitamin C yang bisa meningkatkan produksi kolagen sehingga kulit menjadi lebih elastis dan mudah sembuh dari luka. Selain itu, air nira aren juga mengandung antioksidan yang bisa membantu melindungi kulit dari paparan radikal bebas.

Itu beberapa fakta mengenai manfaat minum air nira aren. Untuk mendapatkan manfaat yang optimal, Anda bisa menjadikan air nira aren sebagai minuman. Dinikmati saat siang hari yang terik ditambahkan dengan es batu akan semakin terasa kesegarannya.

Selain itu, air nira aren juga bisa diminum dengan cara diolah menjadi es lahang yang merupakan minuman manis dan dingin tradisional, khas Jawa Barat. Cara pembuatannya sebagai berikut:

Bahan:
– 200 ml air nira aren
– 5 cm jahe

Langkah-langlah Pengolahan:
1. Rebus air nira aren
2. Saring air nira aren alami yang sudah direbus untuk memisahkan antara air nira aren dan endapannnya
3. Bersihkan jahe dan geprek
4. Kembali masukkan air nira aren yang sudah disaring ke dalam panci, kemudian masukkan jahe
5. Panaskan air nira aren dan jahe di dalam panci dengan api kecil
6. Tunggu hingga mendidih dan sari jahenya menyebar (mulai ada aroma jahe)
7. Angkat panci dan diamkan hingga minuman lahang tidak panas lagi
8. Setelah minuman lahang tidak panas lagi, masukkan minuman lahang ke kulkas atau tambahkan es batu
9. Es lahang siap dinikmati

Anda bisa menikmat minuman lahang dengan air dingin maupun hangat.

Baca juga:
Perhatikan Agar Tidak Keliru! Berikut Ciri-ciri Gula Aren Asli

Referensi:
//www.nibble.id/air-nira/
//www.newsandalas.com/lifestyle/1493007178/inilah-resep-minuman-lahang

About the Author

Sapfa Rista Monika

Kesehatan merupakan hal yang paling berharga. Sebagai seseorang yang memiliki minat besar di dunia literasi, saya senang berbagi informasi kesehatan melalui tulisan yang bermanfaat.

View All Articles