Home » Artikel Nutriflakes » Manfaat Kurma untuk Kesehatan, Buah Identik dengan Bulan Puasa

Kurma merupakan salah satu menu berbuka puasa yang menjadi andalan masyarakat Indonesia, penderita asam lambung pun juga boleh mengonsumsinya. Walau bentuknya yang kecil, manfaat kurma untuk kesehatan ini ternyata besar sekali.

Menjalankan aktivitas puasa ketika bulan Ramadan pasti akan identik dengan buah kurma untuk santapan sehari-hari. Jika bulan puasa datang, banyak sekali pasar modern atau tradisional yang akan menjual buah ini dengan jumlah yang besar.

Saking bersahabatnya kita dengan buah kurma ini, terkadang kita lupa sebenarnya kegunaan dari buah ini apa dalam kesehatan. Sebab, menyediakan atau mengonsumsi kurma saat bulan puasa ini seperti sudah menjadi budaya di Indonesia.

Kurma secara Umum

Sebelum membahas manfaat kurma untuk kesehatan lebih lanjut, lebih baik mengenal buah kurma secara singkat dahulu. Buah kurma sendiri berasal dari tumbuhan palem yang memiliki rasa manis.


Buah kurma (sumber: canva)

Tanaman kurma sendiri termasuk ke dalam salah satu tanaman yang tertua di dunia. Hingga saat ini pun tanaman kurma terus berkembang, dan belum memasuki masa-masa kepunahan.

Negara-negara timur tengah seperti Arab, Iran, Iraq, dan Uni Emirat Arab merupakan produsen utama dari buah kurma ini. Selain itu, buah kurma juga memiliki nilai ekonomis yang sangat tinggi, hampir mendekati 300 juta USD dollar.

Buah kurma ini ternyata dapat kita panen kapan saja di sepanjang tahun. Terdapat beberapa jenis kurma, seperti: Kurma Barhi, Deglet Noor, Halawy, Khadrawy, Medjool, Thoory, Zahidi. Artinya, banyak sekali jenis-jenis kurma yang dapat kita temui.

Ragam Manfaat Kurma untuk Kesehatan

Buah dengan rasa manis yang khas ini ternyata memiliki banyak sekali manfaat yang baik untuk kesehatan. Berikut ini adalah beberapa manfaat kurma yang perlu kita ketahui:

  1. Menjaga Kesehatan Organ Pencernaan

Kurma memiliki kandungan serat yang tinggi, berapa saja jumlahnya ini tergantung akan jenisnya. Makanan yang kaya akan serat akan membantu pemadatan feses juga melancarkan pencernaan.

Singkatnya, kurma akan secara langsung mencegah gangguan pencernaann seperti diare dan sembelit.

  1. Mengurangi Risiko Diabetes

Selain melancarkan pencernaan, serat juga dapat membantu dalam mengurangi risiko diabetes. Berdasarkan Nutrition Journal, buah kurma memiliki indeks glikemik yang rendah. Walaupun memiliki rasa yang manis, kurma tidak akan meningkatkan kadar gula secara drastis.

  1. Menjaga Kesehatan Otak

Sebuah studi pada tahun 2016 mengatakan bahwa kurma berpotensi untuk menghambat peradangan pada otak yang disebabkan karena produksi protein. Peradangan tersebut merupakan penyebab dari penyakit Alzheimer.

Selain itu, kurma juga mengurangi pertumbuhan plak pada otak sehingga tidak akan menghasilkan kematian sel otak. Oleh karena itu, kesehatan dalam otak pun tetap akan terjaga.

  1. Melancarkan Persalinan

Manfaat kurma untuk kesehatan yang lainnya adalah dapat melancarkan persalinan saat akan melahirkan. Mengonsumsi kurma ternyata dapat mempercepat kontraksi serta melancarkan proses persalinan yang dilakukan secara alami.


Dua piring kurma (sumber: canva)

Hal tersebut juga sudah terbukti dalam beberapa penelitian. Sehingga banyak yang menyarankan ibu hamil yang memasuki masa trimester terakhir untuk banyak mengonsumsi buah kurma.

Selain keempat manfaat di atas, kurma masih memiliki manfaat lainnya, yaitu:

  • Mencegah anemia.
  • Meningkatkan kesehatan tulang.
  • Menjaga kesehatan jantung.
  • Menangkal radikal bebas.
  • Membantu menurunkan berat badan.
  • Mencukupi kebutuhan akan cairan.

Kesimpulan Manfaat Kurma

Berdasarkan penjelasan di atas, kurma ternyata memberikan banyak manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Mulai dari menjaga kesehatan beberapa bagian tubuh sampai mengurangi risiko tumbuhnya penyakit.

Artinya, jika kita mengonsumsi buah kurma selama bulan puasa ini, maka manfaat puasa untuk kesehatan semakin lengkap. Banyak kebaikan-kebaikan yang akan kita dapatkan ketika menjalankan aktivitas puasa ini.

Demikian ulasan mengenai berbagai macam manfaat kurma untuk kesehatan kita, semoga dapat menginspirasi.

Artikel terkait

About the Author

Yunita Isna Fauziyyah

Penulis yang senang berbagi informasi mengenai kesehatan, masalah pencernaan, problem solving, keadaan saat ini, dsb yang bermanfaat bagi masyarakat.

View All Articles