Home » Artikel Nutriflakes » Makanan untuk Tukak Lambung, yang Baik dan yang Buruk – Nutriflakes

Sebagian orang di Indonesia pasti memiliki organ lambung yang sensitif, atau lambung yang sudah memiliki luka di dalam. Hal ini membuat orang pasti memilih-milih makanan yang akan dikonsumsi. Lalu apa saja makanan untuk tukak lambung yang baik dan buruk?

Bagi orang yang memiliki lambung sehat, jenis makanan apa saja pasti bisa masuk ke perut dengan mudah. Hal ini sangat menyenangkan karena kita dapat memenuhi keinginan tanpa perlu takut perut akan sakit.

Berbeda bagi orang yang sudah mempunyai riwayat tukak lambung. Penyakit tukak lambung adalah gangguan pencernaan berupa luka lepuh yang muncul di dalam organ lambung. Keadaan inilah yang membuat orang dengan gejala maag akan merasakan sakit pada bagian perut.

Tukak lambung dapat digolongkan pada penyakit saluran gastrointestinal. Sebuah gangguan pencernaan yang berhubungan dengan sekresi asam lambung dengan gastritis dan erosi lambung.

Jika tukak lambung datang, seseorang yang mengidapnya pasti merasakan hal yang tidak nyaman. Bahkan, bisa saja mengganggu aktivitas rutin kita.

Selain itu, salah satu faktor yang mempengaruhi risiko terjadinya tukak lambung pada seseorang adalah berbagai jenis makanan dan minuman yang masuk ke dalam perut. Oleh karena itu, pemilihan makanan sangat penting bagi penderita tukakak lambung.

sumber_probiotik

Jenis-jenis Makanan yang Baik untuk Penderita Tukak Lambung

Makanan dan minuman yang masuk ke dalam perut dapat menjadi penentu keadaan lambung, baik sehat atau sakit. Berikut ini adalah beberapa makanan yang baik dikonsumsi bagi uklus lambung:

  • Makanan Tinggi Probiotik

Probiotik adalah salah satu jenis mikroorganisme yang baik untuk pencernaan di mana berperan untuk melawan bakteri jahat. Oleh karena itu, probiotik dipercaya dapat melawan infeksi bakteri dari H. pylori dan mencegah munculnya luka pada lambung.

Selain itu, probiotik juga dapat merangsang produksi lendir yang berguna untuk melindungi lambung dari iritasi asam lambung. Beberapa contoh makanan ini adalah yogurt, tempe, kimchi, miso, dan lain sebagainya.

  • Makanan Berserat

Serat yang ada pada makanan ternyata dapat membantu dalam proses penyembuhan tukak lambung. Makanan berserat juga memiliki peran dalam menurunkan kadar asam di dalam lambung.

Sehingga jenis makanan ini bisa menjadi jalan untuk meredakan nyeri perut. Contoh makanan berserat tinggi untuk tukak lambung adalah pepaya, sayuran hijau, legum, biji chia, markisa, dan lain sebagainya

  • Makanan dengan Kandungan Flafonoid

Berdasarkan penelitian, makanan sumber flavonoid ini baik untuk penderita tukak lambung. Sebab, flavonoid adalah antioksidan yang fungsi utamanya untuk melindungi lambung dari infeksi dan kerusakan.

Contoh makanan yang mengandung flavonoid adalah kacang kedelai, apel, brokoli, anggur merah, dan buah jenis beri. Namun, konsumsi makanan sumber flavonoid ini juga harus hati-hati, jangan sampai berlebihan karena bisa berbahaya.

  • Makanan Tinggi Vitamin

Nutrisi berupa vitamin A dan vitamin C juga dapat mengatasi nyeri akibat dari tukak lambung. Selain itu, kedua jenis vitamin ini juga dapat mencegah penyakit tukak lambung untuk kambuh di kemudian hari.

Contoh makanan yang mengandung vitamin A adalah kelor, ubi jalar, bendi, dan wortel. Sedangkan makanan bervitamin C yang cocok untuk tukak lambung yaitu brokoli, kale, kiwi, kesemek, dan stroberi.

Baca: Tips Ampuh Menjaga Kesehatan Lambung

pemesanan_nutri

Pantangan Makanan Luka Lambung (Tukak Lambung)

Selain makanan yang boleh dimakan oleh penderita tukak lambung, terdapat beberapa makanan yang membuat lambung luka. Apa saja makanan dan minuman yang dimaksud?

Berikut ini adalah beberapa makanan atau minuman yang tidak boleh untuk tukak lambung:

  • Makanan Pedas dan Berlemak TInggi

Jenis-jenis makanan yang bercita rasa pedas dan memiliki kandungan lemak tinggi dapat memicu asam lambung naik. Keadaan asam lambung yang naik pun bisa meningkatkan risiko dari penyakit tukak lambung.

Hal ini sangat berbahaya karena bisa membuat tukak lambung semakin parah dan susah untuk sembuh. Oleh karena itu, penderita tukak lambung sebaiknya menghindari jenis makanan ini, seperti sambal, daging berlemak, gorengan, fast food atau junk food, dan lain-lain.


Cabai pedas (sumber: canva)

  • Alkohol

Makanan atau minuman beralkohol dapat menyebabkan gejala tukak lambung muncul. Sebab, konsumsi alkohol yang berlebihan mengakibatkan kerusakan lebih lanjut pada lapisan lambung. Bahkan, justru bisa memperparah luka yang telah ada.

Alkohol yang masuk ke dalam pencernaan dapat mendorong iritasi dan mempercepat pengikisan lapisan mukosa lambung. Alhasil, peradangan dan pendarahan pada lambung pun bisa terjadi.

  • Makanan Bersifat Asam

Jenis-jenis buah citrus merupakan salah satu makanan yang memiliki sifat asam tinggi dan tidak baik untuk tukak lambung. Sebab, makanan yang bersifat asam ini dapat meningkatkan kadar asam dalam lambung.

Contoh buah-buah citrus ini adalah jeruk, lemon, jeruk nipis, dan tomat. Makanan ini dapat memicu asam lambung untuk naik dan bisa melukai organ lambung itu sendiri.

  • Minuman Mengandung Kafein

Kafein yang ada pada makanan atau minuman juga dapat memicul refluks asam pada seseorang. Oleh karena itu, akan lebih baik jika penderita tukak lambung ini menghindari kopi dan teh.

Sebab, kafein dan gula tambahan bisa mendorong proses iritasi pada lapisan mukosa lambung. Hal ini bisa memperparah luka yang ada pada dinding lambung.


Kafein (sumber: canva)

Kesimpulan Makanan untuk Tukak Lambung

Berdasarkan penjelasan di atas, pemilihan makanan memang sangat penting bagi penderita tukak lambung. Sebab, makanan dan minuman ini akan langsung berkontak dengan lambung begitu masuk melewati kerongkongan.

Selain itu, ada beberapa kandungan pada makanan yang baik dan buruk bagi lambung yang sudah dalam keadaan luka. Selain makanan di atas, penderita juga dapat mengonsumsi Nutriflakes, sebuah sereal sehat yang ramah untuk pencernaan.

Sebab, Nutriflakes menggunakan bahan seperti umbi garut dan psyllium husk yang sangat baik untuk kesehatan pencernaan. Nutriflakes mempunyai manfaat utama yaitu untuk mengatasi berbagai macam gangguan kesehatan pada pencernaan seperti asam lambung dan maag.

Sereal umbi garut ini juga berfungsi untuk menjaga kesehatan organ-organ pencernaan. Sehingga penderita tukak lambung sangat rekomendari untuk mengonsumsi Nutriflakes.

Demikian ulasan mengenai jenis-jenis makanan yang baik dan buruk untuk penderita tukak lambung, semoga dapat bermanfaat.

Nutriflakes, pencernaan sehat kesehatan terjamin!

pesan nutriflakes sereal asam lambung
Sereal Superfood Nutriflakes

Artikel terkait

About the Author

Yunita Isna Fauziyyah

Penulis yang senang berbagi informasi mengenai kesehatan, masalah pencernaan, problem solving, keadaan saat ini, dsb yang bermanfaat bagi masyarakat.

View All Articles