Nutriflakes® Official Website

+62 821-3573-2036
 

Cegah Wasir dengan Berbagai Makanan Tinggi Serat Ini

Makanan tinggi serat untuk wasir mungkin saja benar adanya mengingat fungsi utama dari serat. Di mana serat sangat terkenal akan fungsinya yang berguna untuk melancarkan pencernaan.

Ketika kita kekurangan asupan serat, maka gangguan pencernaan mungkin saja terjadi. Sebab, serat adalah kandungan gizi yang memiliki peran penting untuk menjalankan roda dalam sistem pencernaan.

Salah satu gangguan pencernaan ketika kekurangan serat adalah wasir. Gangguan wasir merupakan gangguan yang terjadi pada saluran cerna bawah.

Wasir ini berupa pembengkakkan pada pembuluh darah di sekitar anus atau rektum. Pembuluh darah yang bengkak ini cenderung rapuh serta sensitif.

Sehingga ketika bergesekan dengan feses, pembuluh darah menjadi iritasi dan pecah. Oleh karena itu, biasanya penderita wasir akan melakukan BAB dengan kondisi yang tidak nyaman. Bahkan, pada beberapa kasus, darah bisa saja menyertai proses BAB.

Penyebab utama dari wasir adalah kurangnya asupan air dan serat sehingga pola BAB menjadi tidak teratur. Selain itu, feses yang dihasilkan menjadi lebih keras.


Makanan tinggi serat(sumber: canva)

Oleh karenanya penderita wasir harus mengosumsi makanan-makanan yang tinggi serat. Sebab, serat bisa mengikat air dan membuat feses menjadi lebih lembut serta tidak keras.

Alhasil, sistem pencernaan akan lancar dan kita terhindar dari gangguan-gangguan pencernaan.

Makanan Tinggi Serat untuk Wasir

Sebenarnya gangguan wasir ini bisa hilang dengan sendirinya. Namun, dengan mengonsumsi makanan yang mengandung serat tinggi bisa mengurangi rasa sakit ketika BAB.

Berikut ini adalah makanan tinggi serat yang baik bagi orang-orang yang sedang menderita wasir:

  • Yogurt


Semangkok yogurt (sumber: canva)

Berdasarkan penelitian dari University of Maryland Medical Center, yogurt adalah makanan yang dapat mencegah dan mengobati wasir. Sebab, probiotik di dalamnya sangat baik untuk menjaga kesehatan usus.

  • Seledri

Sayur hijau dengan harum yang khas ini memiliki kandungan serat dan air yang tinggi. Kedua kandungan ini sangat baik untuk mengoptimalkan pergerakan dan kinerja dari usus. Sehingga BAB menjadi lebih lancar dan wasir pun terhindari.

  • Pisang

Buah lembut ini memiliki kandungan serat pektin dan pati yang sangat baik untuk kesehatan pencernaan. Sebab, kedua nutrisi ini memiliki peran aktif dalam mencegah dan mengurangi keparahan dari gejala wasir.

Pisang juga memiliki tekstur yang lembut sehingga organ-organ pencernaan akan lebih mudah dalam memrosesnya.

  • Gandum

Selain kaya akan karbohidrat, bahan pangan gandum ternyata juga memiliki komposisi serat yang tinggi. Artinya, dengan mengonsumsi makanan yang berbahan gandum, sistem pencernaan akan lebih sehat dan lancar.

Proses pembuangan feses pun menjadi lebih mudah bagi penderita wasir.

  • Buah Pir

Pir merupakan buah yang megandung air dan serat tinggi sehingga rasanya lebih segar daripada buah-buahan lainnya. Buah pir bisa membantu dalam melancarkan pencernaan dan membuat feses lebih lembut.

  • Legum

Makanan tinggi serat untuk wasir selanjutnya adakah legum, jenis kacang-kacangan seperti kedelai, lentil, buncis, kacang panjang, dan kacang polong.


Legum (sumber: canva)

Jenis makanan ini memiliki kandungan serat yang tinggi sehingga bisa membantu dalam mencegah serta mengatasi gangguan wasir. Selain itu, legum juga mengandung protein yang tinggi sehingga baik untuk kesehatan.

Kesimpulan

Berdasarkan penjelasan di atas, kandungan serat dan air sangat penting dalam mengatasi dan mencegah berbagai gangguan pencernaan. Wasir salah satunya, sebuah gangguan di bagian rektum.

Oleh karena itu, kita bisa memenuhi kebutuhan air dan serat menggunakan jenis makanan-makanan di atas. Mulai dari buah pir, pisang, seledri, yogurt, gandum, hingga jenis kacang-kacangan.

Demikian macam-macam makanan tinggi serat yang baik untuk penderita wasir, semoga dapat membantu mengatasi masalah pencernaan kita semua.


Kategori:

Info Serat