Home » Artikel Nutriflakes » Apakah Asam Lambung Memiliki Hubungan dengan Wasir?

Asam lambung naik dan wasir merupakan gangguan yang terjadi pada sistem pencernaan. Lalu apa terdapat hubungan asam lambung dengan wasir?

Gangguan asam lambung naik adalah suatu kondisi di mana asam dalam lambung merambat naik karena katup esofagus yang tidak dapat bekerja dengan baik. Hal ini disebabkan karena pola makan yang tidak teratur sehingga produksi asam pun menjadi berlebihan.

Tanda atau gejala dari penyakit lambung antara lain:

  • Panas dan nyeri di area perut hingga dada (heartburn).
  • Perut mual dan ingin muntah.
  • Cepat kenyang padahal porsi makan hanya sedikit.
  • Perut kembung.

Sedangkan pada beberapa kasus, gangguan asam lambung yang sudah kronis bisa berupa muntah darah dan BAB dengan warna hitam.

Di lain pihak, wasir atau dalam bahasa medis disebut dengan hemoroid merupakan gangguan yang terjadi pada saluran cerna bawah. Gangguan ini berupa pembengkakkan pada pembuluh darah di sekitar anus atau rektum.

Pembuluh darah yang bengkak ini cenderung rapuh dan sensitif. Sehingga ketika bergesekan dengan feses, pembuluh darah bisa menjadi iritasi atau pecah. Oleh karena itu, penderita wasir ketika BAB akan disertai dengan darah.

Wasir sendiri disebabkan karena kurangnya asupan air sehingga pola BAB tidak teratur dan feses menjadi keras.


Letak penyakit wasir (sumber: canva)

Hubungan Asam Lambung Naik dengan Wasir

Walaupun sama-sama terjadi pada sistem pencernaan, hubungan dari asam lambung dengan wasir ini tidak ada.

Asam lambung naik terjadi pada organ-organ pencernaan atas, seperti kerongkongan dan lambung. Sedangkan wasir atau hemoroid terjadi di sistem pencernaan bagian bawah seperti usus dan anus.

Letak dari sumber kedua gangguan ini sudah sangat berbeda, sehingga sangat tidak mungkin untuk asam lambung dan wasir memiliki hubungan yang signifikan.

Penyebab dari asam lambung naik sendiri adalah makan dengan posi besar dengan cepat, tiduran langsung setelah makan besar, makanan dengan kandungan lemak tinggi, dan mengonsumsi pantangan asam lambung.

Sedangkan penyebab dari wasir meliputi diare dengan waktu lama, kehamilan, pasca melahirkan, kebiasaan duduk lama, dan sering mengangkat beban.

Wasir juga memiliki beberapa gejala yang harus kita perhatikan, antara lain:

  • Muncul benjolan pada area anus.
  • Perasaan gatal dan sakit di sekitar rektum atau anus.
  • Adanya penderahan dari anus keika buang air besar.
  • Keluar lendir setelah BAB.

Penyakit wasir ternyata memiliki beberapa klasifikasi, yang dibedakan menurut tingkat keparahannya. Berikut ini adalah klasifikasi wasir:

  1. Derajat 1, pembengkakkan pembuluh darah masih bersifat kecil. Selain itu, pembengkakkan ini tidak terlihat dari luar anus.
  2. Derajat 2, pembengkakkan pembuluh darah lebih besar. Pembengkakkan ini biasanya keluar ketika kita BAB lalu masuk ke dalam anus kembali.
  3. Derajat 3, terdapat beberapa benjolan kecil dari pembengkakkan pembuluh darah. Benjolan ini bisa didorong untuk masuk kembali.
  4. Derajat 4, pembengkakkan pembuluh darah sudah sangat besar dan tidak bisa masuk ke dalam anus lagi.
pesan nutriflakes sereal asam lambung
Nutriflakes Sereal Asam Lambung

Kesimpulan

Hubungan di antara asam lambung dengan wasir ini sama sekali tidak ada, walaupun kedua gangguan ini sama-sama terjadi di sistem pencernaan. Selain itu, letak sumber permasalahannya sendiri sudah sangat jauh.

Penyebab dan gejala antara asam lambung dan wasir juga tidak memiliki kesamaan. Artinya, asam lambung naik dan wasir (hemoroid) merupakan gangguan pencernaan yang berbeda mekanisme.

Namun, kedua gangguan dalam organ pencernaan ini bisa ditangani dengan mengonsumsi Nutriflakes. Sereal sehat ini menggunakan bahan-bahan alami, di mana salah satu bahannya adalah psyllium husk.

Artinya, Nutriflakes mengandung serat yang tinggi, di mana senyawa ini sangat disarankan bagi penderita wasir. Selain itu, Nutriflakes ternyata juga memiliki efek terapi untuk mengatasi gerd, menjaga kesehatan lambung serta organ pencernaan lain.

Oleh karena itu, Nutriflakes sangat cocok untuk dikonsumsi bagi kita yang mempunyai gangguan-gangguan pencernaan.

Nutriflakes, rahasia pencernaan sehat dan aman!

Artikel terkait

About the Author

Yunita Isna Fauziyyah

Penulis yang senang berbagi informasi mengenai kesehatan, masalah pencernaan, problem solving, keadaan saat ini, dsb yang bermanfaat bagi masyarakat.

View All Articles