Ketika asam lambung naik dan tak kunjung membaik mungkin Anda bisa mencoba obat tradisional ramuan kunyit untuk asam lambung.

Kunyit lebih dari sekedar bumbu dapur yang ternyata memiliki kandungan antioksidan bernama polifenol berkhasiat untuk mencegah peradangan pada tenggorokan, antivirus, antibakteri, dan lambung luka.

Melansir Healthline kunyit memiliki senyawa anti peradangan. Dalam hal ini kunyit memang memiliki banyak khasiat mampu meredakan nyeri haid, radang sendi, serta mampu meningkatkan fungsi hati.

Lalu bagaimana agar khasiat dan kandungan polifenol pada kunyit bisa dirasakan khasiatnya oleh tubuh?

Cara Mengolah Kunyit Untuk Mengobati Asam Lambung

Langkah-langkah mengolah kunyit untuk meredakan asam lambung:

  1. Ambil kunyit secukupnya kemudian dikeringkan dengan cara dijemur
  2. Jika sudah kering, kunyit dihaluskan dengan cara ditumbuk hingga menjadi bubuk
  3. Masukan bubuk kunyit ke dalam rebusan air sekitar 3 gelas cukup
  4. Saring rebusan kunyit tersebut agar ampasnya tidak terlalu banyak
  5. Anda bisa menambahkan madu secukupnya agar makin nikmat
  6. Minuman kunyit untuk asam lambung bisa dikonsumsi

Menurut Web MD, dosis kunyit untuk asam lambung sekitar 500 miligram atau sekitar 1/2 sendok teh bubuk kunyit dalam sehari itu sudah cukup.

Jangan berlebihan dalam mengonsumsi ramuan kunyit ini karena bisa menimbulkan mual, diare dan alergi pada kulit.

Perlu menjadi catatan bahwa kunyit tidak mudah diserap oleh tubuh, sebab kunyit diekstrak dengan cepat oleh hati dan dinding usus.

Baca juga: SIMAK! Pengalaman GERD Sembuh dengan Ramuan Kunyit

Peringatan dan Risiko Kunyit untuk Asam Lambung

Perlu diperhatikan kesehatan Anda sebelum memulai untuk konsumsi kunyit, agar lebih aman dan nyaman lebih baik Anda memastikan dan konsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Ibu hamil dan menyusui tidak disarankan mengonsumsi kunyit secara berlebihan. Kunyit merupakan zat pengencer alami, Anda tidak dianjurkan konsumsi kunyit dan obat pengencer darah atau akan menjalani operasi.

Yuk simak artikel kesehatan lainnya, agar tidak ketinggalan update dari kami. Bila Anda mengalami asam lambung dan ingin mencoba penyembuhan secara alami, Anda bisa sereal umbi garut Nutriflakes.

Apa itu Nutriflakes? Nutriflakes merupakan makanan sereal sehat yang kaya nutrisi berkhasiat untuk mengatasi asam lambung dan GERD.

Terbuat dari pati garut yang bersifat gastroprotektif sehingga mampu untuk melindungi mukosa lambung sehingga dapat mengurangi gejala lambung luka dan perih.

Dengan mengonsumsi Nutriflakes Anda sudah berupaa untuk menjaga kesehatan lambung serta menerapkan pola hidup sehat memenuhi serat harian.

About the Author

Rizkiawan Candra

Highly interested in content writing and passionate in digital contents. Currently learning about Search Engine Optimization.

View All Articles