Menurunkan berat badan yang baik tidak hanya memperoleh berat ideal saja, melainkan juga memperoleh kesehatan. Ada banyak cara untuk menurunkan berat badan, tapi untuk menjalaninya diperlukan cara yang sesuai dan harus konsisten.

Naik turunnya berat badan juga tergantung pada jumlah kalori yang masuk dari makanan dan jumlah kalori yang dikeluarkan melalui aktivitas fisik.

Tapi makanan apa saja yang mengurangi berat badan?

Agar berat badan cepat turun, Anda bisa mengonsumsi jenis makanan berikut ini:

1. Gandum Utuh

Yang termasuk ke dalam jenis gandum utuh adalah beras merah, oat, quinoa, soba, dan jelai. Makanan tersebut mengandung protein, serat, dan karbohidrat kompleks yang tinggi. Karbohidrat kompleks sulit dipecah menjadi glukosa sehingga tidak menyebabkan kenaikan gula darah.

Selian itu, ketiga kandungan ini bisa meningkatkan rasa kenyang, sehingga tidak mendorong kita untuk makan berlebihan. Itu sebabnya dengan konsumsi gandum utuh bisa membuat Anda cepat kurus.

2. Telur

Telur terkenal dengan kandungan protein yang tinggi. Ternyata, telur juga merupakan salah satu makanan yang bisa mengurangi berat badan. Kandungan protein serta lemak sehat yang tinggi dalam telur bisa membantu Anda untuk merasa kenyang lebih lama. Itu sebabnya konsumsi telur bisa menjadi pilihan yang tepat untuk membantu mengurangi berat badan.

3. Sayuran Berwarna Hijau

Selain telur, makanan diet lainnya adalah sayuran hijau. sayuran hijau seperti bayam, kangkung, sawi, dan kubis tinggi kandungan tilakoid. Senyawa tilakoid ini akan mengurangi nafsu makan dan meningkatkan kadar hormon apabila ditambahkan ke dalam makanan.

Sayuran berwarna hijau juga mengandung serat yang tinggi. Kandungan serat pada sayuran juga bisa membuat rasa kenyang lebih lama, sehingga mendorong Anda untuk makan lebih sedikit. Makan lebih sedikit tentunya bisa membantu menurunkan berat badan karena asupan kalori di tubuh juga lebih terkontrol.

4. Ikan

Ikan adalah makanan sehat dan bisa menjadi menu untuk cepat kurus yang nikmat. Ikan mengandung protein tinggi, lemak yang sehat, dan banyak lagi nutrisi penting lainnya. Berkat kandungan yang terdapat di dalam ikan tersebut, tentunya bisa membuat Anda untuk merasa kenyang lebih lama. Rasa kenyang lebih lama akan mengontrol nafsu makan agar Anda tidak makan berlebihan. Itu sebabnya ikan bisa dikatakan sebagai makanan yang mengurangi berat badan.

5. Daging Rendah Lemak

Anda bisa konsumsi daging rendah lemak seperti dada ayam tanpa kulit atau daging merah tanpa lemak sebagai makanan yang mengurangi berat badan. Kedua jenis makanan ini mengandung zat besi dan protein yang tinggi serta rendah lemak jenuh apabila dibandingkan dengan jenis daging lainnya. Dengan konsumsi daging rendah lemak ini bisa membantu Anda untuk memenuhi kebutuhan protein harian, terutama dalam mengelola berat badan.

6. Buah-buahan

Buah-buahan seperti apel bisa menjadi menu agar Anda cepat kurus. Buah utuh tentunya bisa menjaga rasa kenyang lebih lama. Hal ini didukung oleh apel yang mengandung banyak serat. Gerakan mengunyah buah juga bisa mengirimkan sinyal ke otak bahwa Anda sudah konsumsi banyak makanan dan membantu untuk tidak mudah merasa lapar

Itu beberapa makanan yang mengurangi berat badan. Kunci utama dari penurunan berat badan adalah konsisten, disiplin, dan perencanaan yang baik. Selain itu, Anda bisa melakukan cara ini untuk mendapatkan berat badan ideal:

Pilihan Editor:

Cara Efektif Menurunkan Berat Badan, Banyak Orang Tidak Tahu

Tips Diet

  • Menentukan target berat badan,
  • Menerapkan pola makan yang teratur,
  • Konsumsi banyak buah dan sayur tinggi serat,
  • Konsumsi makanan yang tinggi karbohidrat kompleks,
  • Konsumsi makanan tinggi protein,
  • Banyak minum air putih,
  • Tidak konsumsi minuman manis,
  • Istirahat yang cukup,
  • Rutin olahraga,
  • Mengelola stres,
  • Makan lebih lambat,
  • Minum teh hijau.

Demikian ulasan mengenai makanan yang mengurangi berat badan serta cara cepat untuk kurus. Program diet akan berhasil apabila dijalani secara konsisten dengan menerapkan pola hidup sehat, tidak konsumsi makanan tinggi lemak, garam, dan gula.

Yang tidak kalah penting, yaitu berolahraga secara rutin agar kalori masuk seimbang dengan kalori yang dikeluarkan dari dalam tubuh agar tidak terjadinya penumpukan lemak.

About the Author

Sapfa Rista Monika

Kesehatan merupakan hal yang paling berharga. Sebagai seseorang yang memiliki minat besar di dunia literasi, saya senang berbagi informasi kesehatan melalui tulisan yang bermanfaat.

View All Articles