Asam lambung naik jika tidak segera ditangani maka akan menimbulkan penyakit yang lebih parah. Oleh karena itu, kita harus mengetahui apa saja ciri-ciri asam lambung parah agar selalu selalu siap dengan keadaan.

Gangguan asam lambung naik memang dapat muncul tiba-tiba sehingga menyebabkan ketidaknyamanan bagi yang merasakannya. Bahkan penyakit ini bisa sampai mengganggu aktivitas sehari-hari.

Penyakit asam lambung adalah penyakit yang disebabkan karena lambung yang terlalu banyak memproduksi asam. Sehingga cairan asam ini akan naik dan kembali ke saluran kerongkongan.

Sangat penting bagi kita agar segera mendapatkan penanganan yang tepat. Hal ini bertujuan agar gangguan asam lambung naik tidak meningkat menjadi penyakit yang kronis.

Berikut ini adalah beberapa gejala asam lambung yang masih dikategorikan dalam fase ringan:

  1. Perasaan panas dan tidak nyaman pada perut bagian atas (ulu hati).
  2. Merasa kenyang atau penuh walau porsi makan hanya sedikit.
  3. Rasa mual dan ingin muntah
  4. Perut terasa kembung atau begah.

Oleh karena itu, bagi Anda yang sudah merasakan gejala-gejala seperti di atas, segeralah periksa ke dokter terdekat. Bisa saja Anda tengah mengalami gangguan asam lambung naik.

Namun, jika gangguan tersebut tidak segera ditangani, maka asam lambung akan semakin parah. Lalu apa saja ciri-ciri asam lambung yang sudah parah?

Ciri-ciri dari Asam Lambung yang Parah (sumber: canva)

Beberapa Ciri-ciri dari Asam Lambung yang Parah

Refluks asam ini terjadi katup sfingter esofagus bagian bawah, yang membatasi antara kerongkongan dengan lambung, tidak menutup dengan benar saat makanan tiba di perut.

Asam lambung parah adalah suatu kondisi di mana asam lambung naik ke saluran kerongkongan secara terus-menerus. Jika asam lambung naik ke kerongkongan ini terjadi sebanyak dua kali dalam seminggu, maka penyakit ini dapat disebut dengan GERD (gastroesophageal reflux disease).

Oleh karena itu, kita harus mengetahui ciri-ciri asam lambung yang dianggap parah atau kronis. Sebab, dengan mengetahui gejala-gejala ini kita dapat mengambil tindakan yang baik dan benar.

Berikut ini adalah beberapa ciri-ciri asam lambung yang harus diperhatikan dan membutuhkan pemeriksaan segera:

  • Rasa Mulas

Perasaan mulas memang sering terjadi pada setiap orang. Namun, rasa mulas pada asam lambung naik yang parah ini biasanya disertai dengan sensasi panas dan terbakar pada perut.

Perasaan seperti terbakar ini dikarenakan carian asam yang naik ke saluran kerongkongan. Gangguan ini menyebabkan rasa tidak nyaman sehingga harus segera diobati.

  • Regurgitasi

Gejala selanjutnya adalah regurgitasi, sebuah sensasi yang terjadi ketika asam lambung naik ke saluran kerongkongan atau bisa juga sampai di mulut.

Indra perasa akan mengecap rasa asam dan pahit yang ditinggalkan oleh cairan asam dari lambung. Ciri-ciri asam lambung parah ini juga disertai dengan sendawa yang terasa lebih basah pada saluran tenggorokan.

  • Dispepsia

Banyak dari penderita asam lambung naik dan GERD mengalami sindrom yang bernama dyspepsia. Beberapa tanda dari sindrom ini adalah banyak sendawa, rasa mual setelah makan, perut mual, dan rasa sakit pada perut bagian atas.

Selain 3 gejala di atas, terdapa ciri-ciri lain yang mengindikasikan bahwa asam lambung memasuki fase parah. Berikut poin-poinnya:

  • Berat badan yang menurun dengan drastic.
  • Terjadi muntah darah dan BAB darah
  • Terdapat benjolan di perut
  • Muntah berulang

Gejala diatas bisa terjadi karena Anda abai untuk menjaga kesehatan lambung. Jika sudah mengalami berbagai keluhan seperti di atas, maka sebaiknya segera periksakan ke dokter.

Asam lambung
Gejala asam lambung naik (sumber: canva)

Kesimpulan

Gejala-gejala asam lambung naik seperti yang sudah dijelaskan di atas harus selalu diperhatikan. Tentu saja hal ini bertujuan agar kita tanggap untuk menangani berabagai masalah lambung yang sedang terjadi sehingga kita mendapatkan penanganan yang tepat.

Kita dapat mencegah penyakit asam lambung naik ini dengan cara menjaga pola makan teratur serta gaya hidup yang sehat.

Hal ini juga dapat dibarengi dengan mengonsumsi Nutriflakes, sereal umbi garut yang memiliki efek terapi untuk mengatasi asam lambung naik.

Harapannya dengan mengonsumsi Nutriflakes ini, kita sebagai penderita asam lambung naik akan terhindar dari penyakit yang lebih parah atau kronis.

Nutriflakes, solusi terbaik mengatasi asam lambung!

About the Author

Rizkiawan Candra

Highly interested in content writing and passionate in digital contents. Currently learning about Search Engine Optimization.

View All Articles