Asam lambung berlebihan dapat menjadi gangguan yang tidak menyenangkan, namun, hal ini tidak mengindikasikan bahwa Anda harus sepenuhnya menghindari camilan.

Dengan memilih makanan yang tepat, Anda masih dapat menikmati camilan yang lezat tanpa khawatir tentang refluks asam. Berikut beberapa pilihan camilan sehat yang cocok untuk penderita asam lambung:

1. Buah-buahan Segar

Buah-buahan segar merupakan pilihan camilan yang sangat baik untuk penderita asam lambung. Apel, pir, dan pisang termasuk buah-buahan yang cenderung tidak memicu refluks asam.

Kandungan serat, vitamin, dan antioksidan dalam buah-buahan dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan dan secara alami menetralkan asam lambung berlebihan. Mengonsumsi buah-buahan sebagai camilan dapat menjadi alternatif sehat dan lezat.

2. Sayuran Hijau

Sayuran berdaun hijau seperti bayam, kale, atau selada hijau adalah pilihan camilan rendah asam dan tinggi serat. Serat dalam sayuran hijau membantu menjaga pencernaan yang sehat dan mencegah refluks asam.

Sayuran hijau dapat disantap segar dalam bentuk salad atau dimasak sebagai camilan ringan yang mengenyangkan dan sehat bagi lambung. Pastikan untuk menghindari sayuran terlalu pedas atau bumbu yang dapat memicu asam lambung.

3. Roti Gandum

Roti gandum dianggap lebih aman bagi penderita asam lambung dibandingkan roti putih karena kandungan seratnya membantu menetralkan asam lambung dan mengurangi risiko refluks asam. Namun, perhatikan topping yang ditambahkan ke roti, seperti saus tomat yang tinggi asam.

4. Oatmeal

oatmeal_sehat
oatmeals (sumber: canva)

Oatmeal dapat menjadi camilan yang baik untuk penderita asam lambung karena serat larutnya membantu mengurangi gejala refluks asam. Tambahkan buah-buahan rendah asam seperti pisang atau blueberry ke dalam oatmeal untuk meningkatkan rasa dan manfaatnya.

5. Kurma

Kurma memberikan rasa manis alami tanpa memicu asam lambung naik. Kandungan serat dan nutrisi seperti magnesium, vitamin B-Complex, dan potassium dalam kurma membantu menjaga pencernaan yang sehat dan mencegah sembelit pada penderita asam lambung.

6. Edamame

Edamame mengandung protein tinggi dan serat, menjadikannya pilihan yang baik untuk memuaskan lapar tanpa merangsang produksi asam lambung berlebihan. Kedelai juga mengandung isoflavon yang dapat mengurangi peradangan dan risiko penyakit tertentu.

7. Keripik Panggang

Keripik panggang dapat menjadi pilihan camilan yang renyah dan gurih. Pilih varian tanpa minyak berlebihan dan tanpa tambahan lemak jenuh untuk opsi yang lebih rendah kalori dan lemak.

8. Selai Kacang

selai_kacang
selai kacang dan roti gandum (sumber: canva)

Selai kacang adalah camilan lezat dan penuh protein. Nikmati dengan roti gandum utuh atau buah-buahan rendah asam. Pilih selai kacang alami tanpa tambahan gula atau minyak berlebihan untuk memastikan konsumsi yang sehat.

9. Popcorn

Popcorn tanpa tambahan mentega atau minyak berlebihan dapat menjadi sumber serat yang baik dan rendah kalori. Hindari varian yang berlemak atau terlalu pedas yang dapat memicu gejala asam lambung.

10. Kacang Almond

Kacang almond mengandung lemak sehat, protein, serat, dan nutrisi penting lainnya. Konsumsilah dalam jumlah moderat untuk memberikan rasa kenyang lebih lama tanpa memicu refluks asam. Pilih kacang almond tanpa garam atau gula tambahan.

11. Yoghurt

Yoghurt rendah lemak atau yoghurt probiotik mengandung bakteri baik yang dapat membantu menjaga keseimbangan mikroflora dalam saluran pencernaan. Protein dalam yoghurt memberikan rasa kenyang lebih lama, mengurangi risiko refluks asam.

12. Sari Kacang Hijau

kacang_hijau
kacang hijau (sumber: canva)

Sari kacang hijau adalah camilan sehat yang sering diabaikan. Kacang hijau mengandung serat, protein, vitamin, dan mineral yang membantu menjaga perut kenyang lebih lama. Sari kacang hijau dapat ditambahkan ke salad atau dijadikan camilan ringan.

Selain mengonsumsi camilan untuk penderita asam lambung, hindari juga makanan pedas, asam, lemak tinggi, dan porsi besar untuk mencegah kambuhnya GERD. Pastikan untuk memilih camilan sesuai selera dan kebutuhan kesehatan Anda. Semoga tips ini bermanfaat saat Anda mencoba camilan untuk menjaga kesehatan lambung!

About the Author

Rizkiawan Candra

Highly interested in content writing and passionate in digital contents. Currently learning about Search Engine Optimization.

View All Articles