Keringat dingin karena gangguan asam lambung naik bisa saja menunjukkan bahwa tubuh sedang dalam keadaan tidak baik-baik saja. Lalu bagaimana sih cara mengatasi keringat dingin karena asam lambung ini?

Tubuh yang berkeringat dalam suasana panas atau menjalankan aktivitas berat memang sudah hal yang biasa. Hal ini justru menunjukkan badan dalam keadaan sehat dan normal.

Namun, bagaimana jika kita berkeringat dengan keringat yang bersifat dingin dan disertai gangguan lainnya? Tentu saja kondisi ini memberikan tanda-tanda bahwa tubuh sedang memberikan sinyal tidak baik-baik saja.

Oleh karena itu, jangan sepelekan keadaan seperti ini.

Diaporesis atau keringat dingin merupakan keadaan yang muncul bukan karena cuaca panas atau olahraga. Namun, cairan tubuh yang keluar saat suhu tubuh dalam angka yang rendah bukan tinggi.

Keringat dingin ini biasanya muncul di beberapa bagian tubuh seperti telapak tangan, telapak kaki, dan ketiak. Menurut Heathline, keringat dingin adalah respon tubuh ketika ingin menghindari sebuah luka atau penyakit.


Tidak enak badan (sumber: canva)

Oleh karena itu, keringat dingin keluar bukan saat kita menjalankan aktivitas fisik yang berat, tapi lebih ketika tubuh merasa tidak nyaman. Ketika tidak enak badan atau dalam keadaan nervous, kita akan mengeluarkan keringat dingin.

Keringat Dingin karena Asam Lambung

Sebelum mencari cara untuk mengatasi keringat dingin karena asam lambung, kita harus mengetahui penyebabnya terlebih dahulu.

Ketika asam lambung naik, kita akan merasakan gejala-gejala yang membuat tubuh tidak nyaman. Misalnya, rasa panas pada perut, lambung perih, iritasi, mual, lemas, dan lain sebagainya.

Pada beberapa kasus, penderita asam lambung juga akan mengalami keringat dingin. Menurut seorang dokter yang bernama Dyah Novita, hal ini menunjukkan fisik kita sedang tidak fit. Artinya, tubuh sedang berusaha untuk mempertahankan diri dari ketidaknyamanan tersebut.

Penyebab keringat dingin juga bisa bersinggungan dengan penyebab asam lambung naik itu sendiri.

Misalnya, penyebab asam lambung adalah telat makan atau makan yang tidak teratur. Akibatnya, asam lambung akan naik dan gula darah menurun. Akhirnya, tubuh akan meresponnya dengan kepala pusing dan keringat dingin.

Artikel Lainnya: Pertolongan Pertama Asam Lambung 6 Langkah yang Bisa Dicoba

Cara Mengatasi Keringat Dingin karena Asam Lambung

Rasa tidak enak dan tidak nyaman pada tubuh merupakan penyebab utama keringat dingin. Sedangkan ketidaknyamanan ini juga hadir karena asam lambung yang naik. Keringat dingin ini pun akan menambah rasa tidak enak badan juga.


Orang berkeringan (sumber: canva)

Oleh karena itu, satu-satunya cara untuk mengatasi keringat dingin ini adalah dengan menangani asam lambung itu sendiri. Mengatasi atau mencegah asam lambung naik akan mengatasi permasalahan keringat dingin langsung pada sumbernya.

Terdapat beberapa cara mengatasi asam lambung yang dapat dilakukan, antara lain:

  • Mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat

Makan teratur dan berolahraga dengan rutin bisa menjadi kunci utama dalam mencegah asam lambung naik. Sebab, kebutuhan nutrisi dan gizi setiap hari akan terpenuhi.

  • Meminum obat asam lambung

Memimun obat memang sebuah cara yang instan dalam mengatasi asam lambung. Gejala asam lambung bisa langsung hilang, tetapi hati-hati dalam memakai obat karena bisa menyebabkan ketergantungan.

  • Operasi khusus asam lambung

Prosedur medis ini diperuntukkan bagi orang yang memiliki asam lambung kronis dan sudah parah.

  • Mengonsumsi Nutriflakes

Hidup sehat bisa diawali dengan mengonsumsi Nutriflakes, sereal umbi garut yang memiliki efek terapi untuk mengatasi asam lambung naik. Selain mengatasi asam lambung, Nutriflakes juga dapat menjaga kesehatan tubuh.

Hal ini dikarenakan Nutriflakes menggunakan bahan-bahan alami yang mengandung banyak nutrisi. Sehingga kebutuhan gizi pada tubuh dapat terpenuhi setiap harinya.

Artinya, dengan mengonsumsi Nutriflakes bisa secara tidak langsung menjadi sebuah cara dalam mengatasi keringat dingin karena asam lambung.

Nutriflakes, solusi terbaik mengatasi asam lambung.

About the Author

Yunita Isna Fauziyyah

Penulis yang senang berbagi informasi mengenai kesehatan, masalah pencernaan, problem solving, keadaan saat ini, dsb yang bermanfaat bagi masyarakat.

View All Articles