Home » Artikel Nutriflakes » Cara Konsumsi Psyllium Husk yang Unik dan Lezat

Psyllium husk adalah serat larut yang sering dimanfaatkan untuk pembuatan suplementasi karena efek samping yang ditimbulkan tidak lah besar. Lalu bagaimana sih cara konsumsi psyllium husk.

Psyllium husk atau yang sering disebut dengan Ispaghula adalah serbuk yang diambil dari biji sekam Plantago Ovata. Pada umumnya manfaat serbuk serat larut ini adalah untuk obat pencahar.

Hal tersebut dikarenakan psyllium mengandung serat yang sangat tinggi. Selain itu, psyllium juga sangat sering digunakan dalam suplemen-suplemen makanan.

Cara Mengonsumsi Psyllium Husk

Sebelum mengonsumsi psyllium ini, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan. Misalnya, apakah Anda memiliki alergi terhadap psyllium? Apakah Anda dalam keadaan hamil? Atau ketika Anda juga sedang mengonsumsi obat maupun suplemen lainnya.


Satu sendok psyllium husk (sumber: canva)

Cara konsumsi psyllium husk yang patut Anda coba dengan rasa enak adalah dicampurkan pada jus buah atau sayur. Selain itu, psyllium husk ini juga dapat dilarutkan bersama susu kedelai.

Artinya, serat larut dari psyllium ini dapat dicampur dengan minuman-minuman favorit kita. Dengan satu catatan bahwa minuman ini adalah minuman sehat, bukan minuman beralkohol atau berkafein.

Selain itu, kita juga harus memperhatikan dosis pemakaian dari seral larut psyllium husk. Dosis yang baik untuk konsumsi psyllium husk ini tergantung usia dan juga kondisi tubuh.

Secara umum, orang dewasa dapat mengonsumsi psyllium sebanyak 2,5–30 gram. Sedangkan anak-anak kurang lebih sebanyak 1,25 sampai 15 gram. Pemberian serat tersebut dilakukan dalam beberapa kali.

Namun, kita juga dapat mengonsumsi psyllium husk yang telah dalam bentuk suplemen-suplemen makanan. Atau olahan-olahan makanan yang menggunakan psyllium husk sebagai bahan utamanya, misalnya Nutriflakes.

Sereal umbi garut Nutriflakes adalah minuman serbuk yang mempunyai efek terapi dengan tujuan untuk mengatasi asam lambung naik.

Nutriflakes menggunakan 5 bahan alami yang terjamin khasiatnya dan tidak menimbulkan efek samping. Salah satu bahannya adalah psyllium husk, sehingga sereal sehat ini memang baik untuk organ-organ pencernaan.

Bahan utama lainnya yang digunakan dalam Nutriflakes, antara lain: umbi garut, kelor, gula aren, dan susu etawa.

Mengonsumsi Nutriflakes dapat dikatakan sebuah cara konsumsi psyllium husk yang unik. Sama dengan mengonsumsi psyllium dalam bentuk sereal atau minuman serbuk yang sehat.


Salah satu cara konsumsi psyllium husk (sumber: canva)

 

Manfaat Nutriflakes dengan Psyllium Husk

Berikut ini adalah 5 manfaat yang didapatkan ketika mengonsumsi sereal umbi garut Nutriflakes:

  • Memperkuat Organ Pencernaan

Salah satu indikator yang menjadikan sistem pencernaan sehat adalah bahan alami yang masuk ke dalam tubuh.

  • Mengatasi Asam Lambung Naik dan GERD

Beberapa bahan di Nutriflakes sendiri mengandung zat yang ampuh untuk meredakan asam lambung. Khususnya antioksidan nabati seperti tannin dan flavonoid yang dapat mengatasi masalah tersebut.

  • Menangani Masalah Maag Kronis

Nutriflakes menggunakan beberapa bahan yang dapat menetralkan pH lambung sehingga lambung tidak terlalu bersifat asam maupun basa. Hal tersebut menjadikan lambung terhindar dari risiko luka dan infeksi.

Maag kronis adalah gangguan pada organ lambung yang disebabkan oleh infeksi bakteri.

  • Mencegah Obesitas dan Menurunkan Kolesterol

Nutriflakes mengandung lemak baik yang cocok untuk tubuh sehingga obesitas dapat terhindari. Kandungan lemak yang ada pada Nutriflakes juga tidak tinggi jadi penderita kolesterol tidak perlu panik jika mengonsumsi Nutriflakes. Justru sereal umbi garut ini dapat menurunkan kolesterol.

  • Meredakan Nyeri Sendi dan Sesak Napas

Produk Nutriflakes juga meredakan rasa nyeri di sendi dan sesak napas. Hal tersebut dikarenakan bahan yang digunakan dalam Nutriflakes tidak mengandung purin yang tinggi.

Demikian ulasan mengenai cara konsumsi psyllium husk yang dirasa unik dan menghasilkan rasa yang lezat. Salah satunya adalah lewat mengonsumsi sereal sehat Nutriflakes.

Jangan lupa untuk menjalani pola hidup sehat dengan konsumsi Nutriflakes, dengan demikian Anda sudah peduli dengan kesehatan pencernaan serta menjaga kesehatan lambung Anda.

Nutriflakes, terjamin sehat asam lambung mereda.

Artikel terkait

About the Author

Yunita Isna Fauziyyah

Penulis yang senang berbagi informasi mengenai kesehatan, masalah pencernaan, problem solving, keadaan saat ini, dsb yang bermanfaat bagi masyarakat.

View All Articles