Penyakit asam lambung adalah kondisi di mana asam lambung yang mulanya berada di lambung, naik ke kerongkongan. Kondisi ini terjadi karena melemahnya otot sfingter esofagus akibat dari makanan yang dikonsumsi ataupun aktivitas pemicu naiknya asam lambung. Oleh karena itu, Anda harus hati-hati dalam memilih camilan yang sehat dan aman karena sebagian besar penyebab asam lambung adalah salah memilih makanan.

Lalu, apa camilan yang sehat dan aman untuk penderita asam lambung?

  • Buah

Buah adalah camilan yang sehat dan aman untuk penderita asam lambung karena buah mengandung berbagai macam nutrisi yang baik bagi tubuh, termasuk untuk lambung. Buah menjadi camilan yang sehat dan aman untuk penderita asam lambung karena buah mengandung vitamin, mineral, dan serat yang bisa melancarkan serta meningkatkan kesehatan pencernaan. 

buah buah yang aman dan nyaman di perut penderita asam lambung
buah segar

Namun, sebaiknya penderita asam lambung memilih buah dengan kandungan asam yang sangat rendah agar tidak memicu kenaikan asam lambung. Buah yang tidak boleh dijadikan camilan bagi penderita asam lambung, yaitu jeruk, anggur, plum, dan nanas. Oleh karena itu, jenis buah ini harus dihindari. Sebaliknya, buah pisang, pir, apel, dan alpukat bisa menjadi camilan yang sehat serta aman untuk penderita asam lambung.

Baca: Deretan Buah yang Aman Bagi Penderita Asam Lambung

  • Sayuran 

Sayuran bisa dijadikan sebagai camilan yang sehat dan aman untuk penderita asam lambung.  Sayuran yang baik untuk asam lambung salah satunya adalah wortel. Wortel sangat tinggi serat dan kaya akan vitamin A serta beta-karoten. Kandungan nutrisi pada pada wortel ini yang berfungsi untuk membantu menetralkan asam lambung. 

sayur tinggi serat
sayuran tinggi serat

Selain wortel, bayam juga baik untuk asam lambung karena bayam kaya akan magnesium. Magnesium pada bayam berperan sebagai antasida alami sehingga bisa membantu menetralkan kelebihan cairan asam pada lambung. Kemampuan magnesium dalam menetralkan cairan asam berlebih pada lambung, bisa meminimalisir naiknya asam lambung ke kerongkongan (refluks). Oleh karena itu, sayuran bayam bisa dijadikan sebagai camilan, salah satu caranya, yaitu dengan diolah menjadi keripik bayam. 

  • Oatmeal

Oatmeal adalah camilan yang sehat dan aman untuk penderita asam lambung karena oatmeal tinggi akan serat sehingga bisa membantu meredakan asam lambung. Para ahli juga mengungkapkan bahwa diet kaya serat memiliki pengaruh yang baik untuk mengencangkan otot esofagus bagian bawah sehingga bisa meminimalisir risiko terjadinya refluks.

gambar oatmeal sehat
oatmeal

Selain itu, oatmeal dipercaya bisa menyerap kelebihan asam pada lambung. Karena tinggi serat, oatmeal bisa membuat kenyang lebih lama sehingga Anda tidak makan berlebihan yang meningkatkan risiko obesitas. Penyakit obesitas ini juga akan meningkatkan risiko asam lambung. Oleh karena itu, oatmeal bisa dijadikan camilan yang sehat dan aman untuk penderita asam lambung.

  • Yoghurt

Yoghurt termasuk ke dalam camilan yang sehat dan aman untuk penderita asam lambung. Yoghurt terbuat dari susu tanpa lemak yang memiliki fungsi untuk menenangkan sekaligus membantu melindungi lapisan lambung dari cairan asam lambung. 

gambar yogurt untuk kesehatan

Selain itu, kandungan probiotik pada yoghurt sangat baik untuk kesehatan pencernaan. Kandungan protein di dalam yoghurt juga bisa membantu mengatasi asam lambung. Kalsium pada yoghurt berperan sebagai antasida yang bisa menetralkan asam lambung dan meningkatkan fungsi otot sfingter esofagus.

  • Kacang Almond

Meskipun kacang almond jarang dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia, kacang almond termasuk camilan yang sehat dan aman untuk penderita asam lambung, lho.

gambar kacang almond
kacang almond

Kancang almond memiliki kandungan alkali dan serat yang tinggi sehingga sangat baik untuk kesehatan pencernaan terutama lambung. Selain itu, tingginya serat yang terkandung di kacang almond juga memiliki fungsi dalam meredakan gejala asam lambung.

Dengan cara selektif dalam pemilihan makanan maupun camilan Anda sudah berusaha menerapkan cara menjaga kesehatan lambung agar keluhan bisa diredakan.

About the Author

Sapfa Rista Monika

Kesehatan merupakan hal yang paling berharga. Sebagai seseorang yang memiliki minat besar di dunia literasi, saya senang berbagi informasi kesehatan melalui tulisan yang bermanfaat.

View All Articles