Bagi seseorang yang mengidap penyakit asam lambung, penting untuk memilih makanan dengan hati-hati. Sebagian besar penyebab kambuhnya asam lambung terjadi karena pilihan makanan yang kurang tepat. Termasuk dalam mengonsumsi berbagai jenis buah.

Bagi penderita asam lambung, lebih baik memilih buah-buahan yang tidak memiliki kadar asam terlalu tinggi, seperti semangka, alpukat, dan melon.

Temukan berbagai jenis buah yang aman dikonsumsi oleh penderita asam lambung. Pilihlah buah-buahan rendah asam seperti pisang, kelapa, semangka, alpukat, melon, pepaya, dan apel untuk meredakan gejala asam lambung dengan cara alami.

Di sisi lain, buah-buahan berjenis sitrus seperti lemon dan jeruk sebaiknya dihindari karena dapat meningkatkan produksi asam lambung.

Untuk mengatasi kondisi ini tanpa memperburuk gejalanya, berikut adalah rekomendasi buah yang aman dikonsumsi oleh penderita asam lambung:

Buah yang Aman untuk Asam Lambung

Setidaknya terdapat tujuh macam buah yang bisa dikonsumsi bagi penderita asam lambung. Ketujuh jenis buah di bawah ini dapat dikategorikan sebagai buah yang aman untuk dinikmati kepada seseorang yang sedang menderita asam lambung.

·         Pisang

gambar buah pisang buah yang aman untuk penderita asam lambung
buah pisang

Pisang memiliki kandungan asam rendah sehingga cocok bagi penderita asam lambung. Pisang memiliki kemampuan melapisi kerongkongan yang mengalami iritasi akibat naiknya asam lambung. Selain itu, pisang juga diyakini membantu menetralkan asam lambung dan meredakan gejala maag.

·         Kelapa

gambar buah kelapa buah yang aman untuk penderita asam lambung
buah kelapa

Buah kelapa memiliki air yang kaya mineral kalium dan senyawa lain yang dapat membantu memperlancar pencernaan. Ini membuat kelapa menjadi pilihan yang baik bagi penderita gejala GERD.

·         Semangka

gambar buah semangka buah yang aman untuk penderita asam lambung
buah semangka

Kandungan air yang tinggi dalam semangka membantu memenuhi kebutuhan cairan tubuh dan menetralkan asam lambung. Selain itu, semangka juga mengandung likopen yang bermanfaat untuk kesehatan sel-sel tubuh.

·         Alpukat

gambar buah alpukat buah yang aman untuk penderita asam lambung
buah alpukat

Alpukat memiliki kadar asam rendah sehingga aman bagi penderita GERD dan maag. Alpukat dapat diolah menjadi berbagai hidangan seperti jus, es buah, atau isian roti lapis.

·         Melon

gambar buah melon buah yang aman untuk penderita asam lambung
buah melon

Kandungan magnesium dalam melon menjadikannya buah yang bersifat basa, sehingga tidak akan meningkatkan produksi asam lambung. Melon juga mengandung kalium dan antioksidan yang bermanfaat bagi kesehatan jantung serta pencegahan peradangan.

·         Pepaya

gambar buah pepaya buah yang aman untuk penderita asam lambung
buah pepaya

Pepaya mengandung enzim papain yang membantu pencernaan dan penguraian protein. Ini bermanfaat dalam meredakan gejala asam lambung dan mempermudah proses pencernaan.

·         Apel

gambar buah apel buah yang aman untuk penderita asam lambung
buah apel

Apel mengandung serat serta kalsium, kalium, dan magnesium. Ini membantu meredakan gejala asam lambung dan sakit maag.

Buah-buahan ini memiliki kandungan yang membantu menetralkan asam lambung dan meredakan iritasi pada kerongkongan. Pisang, dengan kandungan asam rendahnya, dapat melapisi kerongkongan yang teriritasi akibat naiknya asam lambung.

Kelapa mengandung mineral kalium dan senyawa yang membantu pencernaan, serta menjaga suhu tubuh tetap normal. Semangka, dengan kandungan air tingginya, membantu memenuhi kebutuhan cairan tubuh dan menetralkan asam lambung.

Alpukat dan melon, yang rendah asam, dapat meredakan gejala GERD dan maag. Pepaya mengandung enzim papain yang mempermudah pencernaan protein.

Apel, kaya serat dan mineral, meredakan gejala asam lambung serta sakit maag. Dengan memilih buah-buahan yang tepat, penderita asam lambung dapat mengurangi gejala dan menjaga kesehatan pencernaan mereka secara alami.

Memilih jenis buah dengan bijak sangat penting bagi penderita asam lambung. Dengan mengonsumsi buah-buahan yang direkomendasikan di atas, diharapkan gejala asam lambung dapat diredakan dengan cara alami.

Baca juga: Tips Ampuh Cara Menjaga Kesehatan Lambung

About the Author

Rizkiawan Candra

Karena nikmat sehat itu sangat penting, maka saya akan berbagi tips kesehatan dengan mencurahkannya berupa tulisan artikel yang diharapkan menjadi manfaat untuk semua.

View All Articles